Karena pada dasarnya Marvel Cinematic Universe adalah jagat sinema yang didasarkan pada dunia nyata, sebenarnya tidak aneh jika Indonesia menjadi bagian dari semestanya. Namun menariknya nama atau daerah di Indonesia sendiri ternyata terbilang cukup sering disebutkan di tayangan MCU, baik film, serial, bahkan komik. Misalnya di serial She-Hulk (2022), di mana kantor firma hukum Jen diceritakan harus menangani kasus Dennis Bukowski yang merasa ditipu oleh mantan kekasihnya usai membelikan perhiasan hingga tiket ke Bali. Selain momen remeh tersebut, sebenarnya ada 5 momen penting MCU yang benar-benar terjadi di Indonesia. Penasaran? So check this out, Geeks!

Lelang Barang Peninggalan Hydra

Kita mulai pembahasan tentang momen penting MCU di Indonesia dengan kisah yang dihapus dari film Captain America: Civil War (2016). Pada adegan yang melibatkan aktor Ray Sahetapy ini sebenarnya Marvel ingin menceritakan asal-usul mengapa villain Helmut Zemo mempunyai Winter Soldier Book yang bisa mengendalikan Bucky Barnes. Diceritakan bahwa Zemo ternyata mendapatkanya di acara lelang barang peninggalan Hydra yang dipimpin oleh karakter Ray. Meskipun tidak disebutkan di mana lelang tersebut berlangsung, tetapi pada adegannya bisa didengar bahwa karakter Ray menggunakan bahasa Indonesia. Artinya kemungkinan besar peristiwa ini terjadi di tanah air.

Benda Jatuh di Laut Banda

Pada tahun 2018, sebelum film Captain Marvel (2019) tayang di bioskop, Marvel Studios pernah merilis sebuah komik MCU yang berjudul Captain Marvel Prelude. Di komik karya Will Corona Pilgrim ini agen SHIELD Nick Fury dan Maria Hill diceritakan harus melakukan misi misterius tepat sebelum peristiwa Avengers Infinity Wars. Menariknya dalam salah satu dialog mereka disebutkan bahwa ada sebuah benda misterius yang jatuh di Laut Banda. Nick berspekulasi bahwa momen penting MCU di Indonesia ini berhubungan dengan pesawat Quinjet yang sebelumnya dikendarai Hulk di ending Avengers: Age of Ultron (2015). Sayangnya, tidak pernah dijelaskan secara detail bagaimana kebenarannya.

Korban Thanos Snap di Indonesia

Saat film Avengers Infinity Wars (2018) rilis perdana di bioskop, para penggemar diperlihatkan pada sebuah adegan epik di mana Thanos yang telah berhasil mengumpulkan Infinity Stone menjentikan jarinya untuk menghapus setengah kehidupan di alam semesta. Peristiwa yang menyasar korbannya secara acak ini ternyata terjadi juga kepada rakya Indonesia. Di mana momen penting MCU ini baru terungkap di film Captain Marvel (2019) yang menyinggung bahwa korban Snap Thanos di Indonesia mencapai 121 juta jiwa, hampir setengah populasi Indonesia saat ini. Jika peristiwa ini benar-benar terjadi di dunia nyata, kemungkinan kita adalah salah satu korbannya ya, Geeks.

Global Repatriation Council

Selain momen Snap, ternyata Indonesia juga cukup berperan penting di MCU pasca Blip, yang sebelumnya dilakukan oleh Hulk untuk mengembalikan para korban Thanos. Hal ini diceritakan di serial The Falcon and The Winter Soldier (2021) episode 2 yang berjudul ‘The Star-Spangled Man’. Di episode yang menyinggung soal kebangkitan dunia ini, diceritakan bahwa pada tahun 2024 Indonesia telah resmi bergabung dengan Global Repatriation Council (GRC), dewan internasional yang bertugas mengurus masalah pengungsi dan korban terlantar pasca Blip.

Ledakan Masa Depan Gunung Krakatau

Karena berlangsung pada masa depan, momen MCU tentang letusan gunung berapi Krakatau di Indonesia ini mungkin tidak banyak orang yang tahu selain para anggota Time Variance Authority. Pengungkapan momen penting ini pertama kali disinggung oleh Loki dan Mobius di serial Loki Season 1 (2021) episode 2 yang berjudul ‘The Variant’. Saat duo agen TVA ini bekerja sama untuk mengungkap varian jahat Loki yang tidak lain adalah Sylvie, Mobius menyebutkan bahwa ada sebuah bencana dahsyat yang terjadi pada tahun 2049 di Indonesia. Di mana gunung Krakatau kembali meledak dan kali ini menghancurkan sebuah kota yang berada di dekatnya. Kira-kira apa kotanya ya, Geeks?

Itulah 5 momen penting MCU yang terjadi di Indonesia. Semua momen ini bisa dibilang secara tidak langsung telah membuktikan bahwa Indonesia cukup berperan di MCU. Bukan tidak mungkin ke depannya akan ada lebih banyak lagi momen Indonesia yang terungkap di serial atau film mendatang. Sepertinya akan sangat menarik juga jika suatu saat nanti ada karakter besar MCU yang berasal dari Indonesia, misalnya mutan di kisah X-Men atau bahkan anggota Avengers sebagai perwakilan Asia Tenggara. Semoga saja ya, Geeks, karena lebih baik bermimpi daripada tidak sama sekali.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.