Sosok Stussy kembali menghadirkan kejutan besar dalam chapter terbaru manga One Piece, di mana ternyata dia sudah menyamar atau bersembunyi selama 20 tahun. Namun, apa yang kemudian membuat dia mau melakukannya? Mengapa Stussy kemudian harus bersembunyi selama 20 tahun? Sejak pertama kali dimunculkan di arc Whole Cake Island, Stussy saat ini menjadi sosok yang memiliki peran besar.

Dalam arc pulau Egghead diperlihatkan bagaimana Stussy ikut dalam upaya untuk menghabisi Vegapunk. Tetapi, yang mengejutkan adalah terungkap jika Stussy merupakan sekutu lama dari Vegapunk. Inilah yang membuat dia mau membantu sang ilmuwan dengan mengalahkan Kaku dan Rob Lucci. Di sisi lain, dia juga sudah bersembunyi selama dua dekade. Apa yang membuat Stussy harus bersembunyi?

Jadi Mata-Mata Vegapunk

Satu alasan besar yang paling logis untuk menjawab pertanyaan besar tentang Stussy ini adalah kemungkinan dia menjadi mata-mata dari Vegapunk. Di chapter 1073, terdapat sebuah detail yang mendukung alasan ini. Ketika kru Topi Jerami lain dan para satelit Vegapunk lainnya melihat apa yang dilakukan oleh Stussy, Shaka sempat melontarkan pernyataan yang menarik.

Dia menyebutkan bahwa meskipun sudah bersembunyi selama 20 tahun, Stussy tetap menjadi sekutu bagi Vegapunk. Kemudian, saat Usopp bertanya apakah Stussy merupakan mata-mata, Shaka kemudian menjawab bahwa sebenarnya dia tidak sengaja melakukannya. Namun, pada akhirnya, itulah yang terjadi. Artinya, bisa kita simpulkan jika Stussy memang adalah mata-mata bagi Vegapunk meskipun mungkin tidak seperti itu pada awalnya.

Spekulasi jika Stussy adalah mata-mata Vegapunk seolah sejalan dengan teori atau spekulasi yang pernah disampaikan sebelumnya. Dalam artikel sebelumnya, sempat ada pembahasan mengenai kemungkinan rencana besar yang dibuat oleh Dragon dan Vegapunk untuk membalas dendam pihak World Government. Hal ini terjadi setelah peristiwa mengerikan di Ohara 20 tahun lalu.

Meminta bantuan Stussy untuk kemudian menjadi mata-mata di World Government bisa jadi adalah bagian dari rencana besar yang dibuat oleh Vegapunk. Inilah mungkin alasan mengapa Stussy kemudian memutuskan bergabung dengan Cipher Pol, dan berusaha untuk jadi bagian dari CP0. Dengan begitu, dia bisa mendapatkan berbagai informasi rahasia atau hal lainnya.

Ini juga mungkin cara bagaimana Vegapunk bisa mengetahui dan mendapatkan informasi “terlarang” bagi World Government, selain melalui ingatan dari buku-buku yang pernah dia baca. Karena itulah, Vegapunk kemudian menjadi ancaman bagi World Government dan dia tahu jika World Government berusaha berusaha menghabisi nyawanya, seperti saat dia menjelaskan kepada Dragon.

Rahasia Besar MADS

Kemungkinan lain mengapa Stussy harus bersembunyi adalah karena dia merupakan rahasia besar MADS. Seperti yang dijelaskan di chapter sebelumnya, Stussy bukanlah manusia pada umumnya. Dia merupakan kloning dari sosok mantan kru bajak laut Rocks, Miss Buckingham Stussy. Yang juga menarik adalah dalam informasinya dijelaskan jika Stussy adalah kloning pertama ciptaan MADS yang berhasil.

MADS sendiri kemudian mendapatkan perhatian dari World Government, yang mana membuat kelompok ilmuwan ini jadi ancaman bagi mereka. Pada akhirnya, semuanya berpisah. Namun, ada satu hal yang kemudian para ilmuwan ini rahasiakan, terutama Vegapunk, yaitu sosok identitas sebenarnya dari Stussy. Mungkin, MADS atau Vegapunk sengaja merahasiakan hal tersebut.

Vegapunk atau MADS mungkin menganggap Stussy bisa jadi ‘rencana darurat’ mereka jika suatu hari membutuhkan bantuan, seperti yang terjadi saat ini di pulau Egghead. Karena itulah, meskipun MADS sudah tidak lagi eksis tetapi Stussy tetap jadi sekutu bagi MADS, khususnya Vegapunk. Mungkin, Oda akan menghadirkan alasan lengkapnya mengapa MADS menghadirkan Stussy pada chapter selanjutnya.

Peran Stussy Selanjutnya

Stussy akhirnya mengorbankan penyamarannya selama 20 tahun untuk membantu Vegapunk agar bisa kabur dari pulau Egghead. Berdasarkan hal tersebut, kecil kemungkinan jika dia bisa kembali ke pihak World Government. Karena, Kaku dan Rob Lucci sudah tahu siapa Stussy sebenarnya. Bisa jadi Stussy akan ikut bersama Vegapunk dan satelit lainnya untuk kabur ke pulau lain.

Dengan terungkapnya fakta tentang Stussy ini, kemungkinan besar dia akan memiliki peran penting selanjutnya. Dia bisa jadi akan membantu Vegapunk untuk membangun apa yang sudah dia rencanakan, seperti membangun sumber energi yang jadi impiannya. Dengan informasi yang dia miliki, Stussy tentunya akan sangat berguna terutama bagi pihak Pasukan Revolusi.

Dengan mengetahui semua hal tentang World Government, Pasukan Revolusi bisa mempersiapkan semuanya secara lebih baik dan detail. Misalnya, kapan waktu menyerang yang tepat, di mana titik penyerangan yang efektif, dan sebagainya. Stussy bisa jadi “senjata rahasia” Vegapunk dan juga Pasukan Revolusi untuk menghancurkan dan menggulingkan World Government.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.