Berbagai judul dari series anime bertema olahraga ternyata mampu untuk memberikan pengaruh yang besar terhadap kehidupan nyata. Pengaruh tersebut muncul baik dalam wujud nyata atau pun tidak nyata, seperti memotivasi anak-anak muda atau mempopulerkan cabang olahraga tertentu. Seperti yang Geeks ketahui, olahraga adalah salah satu genre yang populer dan juga menarik dari manga dan anime.

Terlepas dari jenis olahraganya, genre olahraga selalu menghadirkan berbagai alur cerita yang seru, kompetitif, dan menghadirkan berbagai drama menarik dari para karakternya. Di dunia, dan Jepang sendiri khususnya, anime bergenre olahraga merupakan salah satu yang paling populer. Hal ini terbukti bagaimana beberapa anime mampu memengaruhi apa yang terjadi di dunia nyata. Apa saja pengaruhnya?

Haikyuu!

Haikyuu merupakan sebuah series anime yang bertema bola voli. Berfokus pada karakter bernama Shoyo Hinata, para penonton akan diajak untuk melihat perjuangannya untuk menjadi seorang pemain bola voli hebat meskipun dia memiliki ukuran tubuh yang pendek. Hinata sangat mencintai olahraga ini, dan dia begitu berdedikasi untuk menghidupkan mimpinya.

Haikyuu! sendiri ternyata sangat populer, bukan hanya di Jepang, melainkan juga di seluruh dunia. Anime ini terbukti berhasil memperkenalkan olahraga bola voli kepada generasi muda terutama mereka yang menonton seriesnya. Banyak dari mereka yang kemudian memutuskan untuk bergabung dengan tim bola voli di sekolahnya. Hal ini berkat informasi lengkap dan menarik yang berhasil meraih perhatian para penonton.

Blue Lock

Nama dari series anime Blue Lock sempat jadi bahan perbincangan banyak fans menjelang akhir 2022 kemarin. Anime ini menghadirkan kisah tentang Yoichi Isagi, yang bergabung dalam sebuah program khusus untuk mencari sosok striker paling egois dan efektif dalam permainan sepak bola, yaitu Blue Lock. Program ini dibuat oleh Japanese Football Union, dan sengaja dihadirkan dalam program mempersiapkan Jepang untuk Piala Dunia.

Yang menarik adalah kemunculan anime ini bertepatan dengan ajang Piala Dunia 2022 di Qatar. Meskipun anime sepak bola lainnya juga memberikan pengaruh bagi olahraga ini, misalnya Captain Tsubasa, tetapi di era modern sekarang Blue Lock yang lebih memberikan pengaruh lebih besar. Bahkan, jersey timnas Jepang yang digunakan selama perhelatan Piala Dunia kemarin dianggap terinspirasi dari anime Blue Lock dan bahkan mereka menghadirkan semangat dari para karakternya.

Kuroko No Basket dan Slam Dunk

Sama halnya seperti Blue Lock dan Captain Tsubasa, Kuroko no Basket dan Slam Dunk adalah dua judul anime yang memberikan pengaruh besar terhadap olahraga bola basket. Yang membedakan adalah Slam Dunk merupakan anime yang menginspirasi para anak-anak muda di era akhir 90an, sedangkan Kuroko no Basket adalah anime yang menginspirasi anak-anak muda di era 2010 ke atas.

Keduanya juga sama-sama menghadirkan perjuangan dan drama epik dari sang karakter utama. Dari Slam Dunk kita melihat perjuangan Hanamichi Sakuragi yang berusaha untuk menjadi pemain basket hebat meskipun kemampuannya tidak terlalu mendukung. Sedangkan, Kuroko no Basket memperlihatkan perjuangan Kuroko Tetsuya untuk menjadi pemimpin tim yang baik di balik tinggi tubuhnya yang tidak menjulang.

Eyeshield 21

Olahraga American Footbal awalnya bukan sebuah olahraga yang populer di Jepang. Namun, semuanya berubah ketika anime Eyeshield 21 muncul dan memperkenalkan olahraga yang identik dengan kontak fisik serta orang-orang Amerika ini. Ceritanya sendiri berfokus pada sosok Sena Kobayawa yang tidak sengaja jatuh ke olahraga ini, dan menjadi bintang di timnya sebagai pelari tercepat.

Eyeshield 21 berhasil menghadirkan kisah Sena, baik sebagai seorang pelajar SMA maupun sebagai running back. Yang menarik juga adalah ternyata kepopuleran Eyeshield 21 tidak hanya terjadi di Jepang, tetapi juga di hampir seluruh dunia. Banyak fans yang menganggap Eyeshield 21 sebagai salah satu anime dan anime olahraga yang paling berpengaruh berkat alur cerita yang menarik dan informatif.

Real

Seperti halnya Eyeshield 21, Real juga cukup unik. Real merupakan series olahraga seinen atau cerita yang khusus untuk dewasa, di mana para fans diajak untuk melihat aktifitas dari tiga protagonis utama yang memiliki kekurangan. Mereka diperlihatkan mengalami kelumpuhan sehingga harus duduk di kursi roda. Para fans pun melihat bagaimana upaya mereka dalam membentuk mental dan fisik dalam keadaan yang kekurangan.

Ketiga protagonis juga diperlihatkan sama-sama mencintai olahraga basket. Namun, mereka bermain basket dengan menggunakan kursi roda. Real menghadirkan kepada anak-anak muda alternatif lain dari jenis olahraga basket. Meskipun para penonton tidak terinspirasi untuk bermain bola basket, namun mereka bisa terinspirasi dan termotibasi untuk bisa terus berjuang meskipun sulit dan memiliki kekurangan.

Free!

Free! merupakan anime yang menghadirkan kisah Haruka Nanse, seorang perenang handal yang jadi bagian dari tim renang SMA Iwatobi. Ketika kebanyakan anime olahraga memperlihatkan protagonis bergabung dengan tim yang belum terbentuk, Free! menghadirkan cerita di mana Nanase justru harus memulai kembali klub renang tersebut dan merubahnya menjadi lebih baik.

Anime ini memberikan pelajaran kepada para penonton tentang proses dari membangun ulang sesuatu, selain juga memperkenalkan berbagai hal yang informatif mengenai kompetisi renang. Meskipun renang sudah dikenal sejak lama, namun baru melalui anime ini para anak muda Jepang diperkenalkan renang sebagai sebuah cabang olahraga dan berbagai hal-hal yang kompetitif dari olahraga renang.

Hajime No Ippo

Hajime no Ippo dianggap sebagai salah satu anime olahraga paling berpengaruh sepanjang masa. Anime bertema tinju ini menghadirkan kisah protagonis Makunouchi Ippo, seorang murid SMA pemalu dan jarang bergaul. Dia kemudian direkrut untuk bergabung dengan klub tinju. Di sinilah sosok Ippo kemudian berkembang, baik sebagai seseorang atau pun sebagai petinju.

Dia mempelajari jika dirinya memang berbakat untuk olahraga tersebut, dan mulai menumbuhkan keberanian untuk bisa menjalin komunikasi dengan yang berlatih bersamanya atau yang pernah bertarung menghadapinya. Hajime no Ippo memberikan pengaruh besar terhadap para remaja laki-laki, di mana mereka berusaha untuk bisaterus berkembang dan mencari apa arti dari hidupnya.

Yuri!!! On Ice

Di Jepang sendiri anime Yuri!!! On Ice memiliki pengaruh yang sangat besar. Anime ini bahkan jadi salah satu yang sangat populer, seperti halnya Evangelion atau Tonari no Totoro meskipun baru rilis pada 2016. Animenya sendiri menghadirkan cerita tentang sosok Yuri Katsuki, seorang atlit figure skate Jepang yang memutuskan untuk pensiun dan kembali ke kampung halamannya setelah mengalami banyak kekalahan.

Namun, di kampung halamannya dia kemudian bertemu kembali dengan orang-orang yang membuat dia kembali bersemangat dengan olahraga yang dia cintai tersebut. Anime ini ikut memperkenalkan olahraga figure skate atau berseluncur di atas es, olahraga yang kurang begitu populer seperti halnya American Football. Kepopuleran animenya juga semakin melejit berkat atlet seluncur es andalan Jepang, Yuzuru Hanyu, yang sangat berprestasi di kancah dunia.

Meskipun masih banyak anggapan miring atau negatif tentang anime, faktanya anime berhasil memotivasi atau menghadirkan sesuatu yang sangat berharga. Contohnya adalah memberikan pengaruh untuk jadi lebih baik atau memperkenalkan tentang apa yang sebelumnya kurang begitu dikenal. Dan anime di atas adalah bukti nyata dari hal tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.