Sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap tayangan MCU, baik itu serial maupun film, umumnya pasti sangat diantisipasi oleh para penggemar dari seluruh dunia. Hal inilah yang pada akhirnya membuat tidak sedikit aktor dan sineas Hollywood berlomba-lomba untuk bekerja sama dengan Marvel Studios sebagai bagian dari MCU. Namun ternyata di balik sulitnya seleksi untuk terlibat dengan proyek MCU, ternyata ada sejumlah sutradara yang malah melepaskan kesempatan emasnya. Mulai dari veteran tayangan MCU, sampai sineas baru, berikut ini para sutradara Hollywood yang justru memutuskan hengkang dari MCU!

Patty Jenkins – Thor: The Dark World

Tahukah kalian bahwa sebelum terkenal sebagai sutradara Wonder Woman di jagat sinema DCU, Patty Jenkins sebenarnya sempat hampir mengerjakan film solo kedua Thor yang berjudul The Dark World (2013). Namun, tiga bulan setelah pengumumannya sebagai sutradara MCU, Jenkins justru hengkang dari proyeknya karena dia “tidak yakin bisa membuat film bagus dengan naskah yang diinginkan oleh Marvel Studios.” Untuk menggantikannya, Marvel lantas menunjuk sutradara Alan Taylor untuk melanjutkan film sekuel Thor tersebut sampai akhirnya dirilis. Walaupun begitu pada akhirnya Taylor juga mengaku bahwa dia kurang begitu puas dengan arahan Marvel yang cukup ketat.

Edgar Wright – Ant-Man

Jauh sebelum film Ant-Man (2015) dirilis, ternyata pada tahun 2006 Marvel Studios sempat mengumumkan bahwa sutradara Edgar Wright adalah bagian dari proyek film pertama Ant-Man tersebut. Namun, dua bulan sebelum produksinya dimulai Wright tiba-tiba memutuskan hengkang, alasannya karena Marvel lebih memilih naskah baru daripada naskah yang sebelumnya telah dia buat. Hanya dalam waktu singkat, Marvel langsung menemukan pengganti Wright, yaitu sutradara Peyton Reed. Saat ini Reed sendiri sudah mengerjakan tiga film solo Ant-Man, termasuk film ketiganya Ant-Man and the Wasp Quantumania yang akan tayang pada tanggal 17 Februari nanti.

Scott Derrickson – Doctor Strange 2

Scott Derrickson adalah sutradara Hollywood yang telah berhasil menggarap film pertama Doctor Strange (2016). Di mana dia telah membuat banyak penggemar lebih mengenal dunia sihir Marvel dan juga para karakter ikonisnya. Sayangnya, meskipun Derrickson sempat ditunjuk untuk menjadi sutradara sekuelnya yang berjudul Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022), tetapi pada awal tahun 2020 dia memutuskan hengkang dari proyek MCU tersebut karena alasan klasik, yaitu perbedaan kreatif. Seperti yang kita tahu, posisinya kemudian digantikan oleh sutradara Sam Raimi, yang sebelumnya telah berhasil menyukseskan trilogi Spider-Man (2002-2007) dan waralaba horor Evil Dead.

Ava DuVernay – Black Panther

Sebelum Ryan Coogler menjadikan film Black Panther (2018) pemenang Oscar, sutradara Ava DuVernay sebenarnya sempat melakukan pembicaraan serius dengan Marvel Studios untuk menyutradarai film tersebut. Namun akhirnya dia memutuskan untuk hengkang dari kursi sutradara MCU bahkan sebelum semuanya dimulai. Meskipun tidak pernah diumumkan secara resmi, tetapi dia pernah mengatakan “lebih baik bagi saya untuk menyadarinya lebih awal, daripada merasakan perbedaan kreatif nantinya.” Untungnya hal yang sama tidak berlaku bagi Coogler, karena belum lama ini dia telah kembali menyukseskan sekuel filmnya yang berjudul Black Panther Wakanda Forever (2022).

Bassam Tariq – Blade

Walaupun saat ini Marvel Studios masih mengembangkan film Blade yang akan dibintangi oleh Mahershala Ali, tetapi pada tahun lalu sempat diumumkan bahwa filmnya telah kehilangan sutradara potensial pertamanya, yaitu Bassam Tariq. Menurut Marvel, Tariq hengkang sebagai sutradara Blade karena adanya pergeseran tanggal produksi. Sehingga dia dengan berat hati memutuskan untuk mundur, meskipun masih terlibat sebagai produser eksekutif filmnya. Dua bulang kemudian, Marvel kemudian menggandeng sutradara baru Yann Demange untuk menggarap filmnya dengan naskah yang ditulis oleh Michael Starrbury. Filmnya sendiri dijadwalkan untuk tayang pada tahun 2024 mendatang.

Jon Watts – Fantastic Four

Setelah berhasil menggarap trilogi pertama Spider-Man di MCU, sutradara Jon Watts sebenarnya sempat dijadwalkan untuk mengerjakan film reboot Fantastic Four yang rencananya akan dirilis pada tahun 2025 mendatang. Banyak penggemar yang cukup antusias dengan pengumuman tersebut, sampai akhirnya Watts sendiri menyatakan bahwa dia memilih hengkang dari proyek film MCU yang sangat diantisipasi tersebut. Menurutnya setelah tujuh tahun mengerjakan Spider-Man, dia membutuhkan waktu untuk beristirahat dari film superhero. Saat ini film Fantastic Four di MCU rencananya akan digarap oleh sturadara serial WandaVision, Mark Shakman.

Itulah para sutradara yang memutuskan untuk hengkang dari MCU karena berbagai alasan. Mulai dari alasan klasik seperti perbedaan kreatif dan perspektif, sampai karena membutuhkan waktu untuk beristirahat, suka atau tidak berbagai alasan ini memang tidak ada salahnya disampaikan oleh sutradara Hollywood. Mengingat padatnya industri perfilman Hollywood, pada akhirnya para sutradara memang harus pilih-pilih dengan film yang akan dibuatnya. Karena film sendiri tidak jauh berbeda dengan karya seni, yang mungkin akan diingat oleh banyak untuk waktu yang sangat lama.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.