Ada banyak sutradara beken yang pernah kita lihat di Hollywood. Biasanya sutradara hanya membuat satu atau dua film dalam satu tahun. Setelah sutradara selesai membuat film tersebut, akan ada jeda selama beberapa waktu bagi sang sutradara untuk beristirahat atau sekedar menikmati kesuksesan filmnya. Tetapi ternyata, ada beberapa sutradara besar yang hampir tidak pernah beristirahat dalam membuat film, yang menjadikan mereka sebagai sutradara dengan jumlah film terbanyak. Siapa saja mereka? Simak berikut ini Geeks!

Martin Scorsese

Martin Scorsese adalah sutradara yang terkenal sering menggarap film gangster. Dan salah satu film terbesar yang pernah dia buat adalah Godfellas. Sudah banyak film yang sudah Martin Scorsese sutradarai. Terhitung, ada 26 judul film yang pernah dia garap. Scorsese juga sering melakukan pekerjaan ganda. Selain menyutradarai, dia juga sering menggarap naskah filmnya secara bersamaan. Nah menariknya, Martin Scorsese sering bekerja sama dengan aktor beken Hollywood seperti Robert DeNiro dan Leonardo DiCaprio. Dan hingga sekarang, belum ada tanda-tanda dari Scorsese untuk pensiun dari industri film, meski usianya sudah tidak muda lagi.

Ridley Scott

Ridley Scott sudah terjun dalam industri film sejak 40 tahun lalu. Sudah banyak film yang dia sutradarai. Jika ditotal, ada 28 film yang pernah digarapnya. Film buatan Ridley Scott pun tergolong film yang sangat besar. Contohnya yang terbaru adalah House of Gucci dan The Last Duel, yang menghadirkan deretan aktor papan atas Hollywood. Tetapi memang, mayoritas film yang Scott buat adalah film fiksi ilmiah dan sejarah. Scott juga sudah bulak-balik masuk nominasi Oscar, meskipun dia belum pernah mendapatkan satupun penghargaan bergengsi tersebut.

Steven Spielberg

Steven Spielberg menjadi sutradara paling sukses secara komersial. Kita bisa melihat deretan filmnya yang sangat sukses seperti Jurassic Park yang telah menghasilkan pendapatan lebih dari $10,6 miliar. Hasil kerja keras Spielberg memang pada akhirnya membawakan hasil, di mana dia memiliki kekayaan bersih sebesar $3,7 miliar. Dengan kekayaan sebesar itu, dia menjadi salah satu dari 2 sutradara Hollywood yang bersatus miliarder. Spielberg juga mendirikan sebuah studio film yaitu Dreamworks. Sepanjang kiprahnya, Spielberg sudah menyutradarai lebih dari 35 film.

Robert Altman

Mungkin nama Robert Altman terdengar cukup asing di telinga kalian, tetapi Altman sudah malang melintang dalam industri banyak judul film dan series. Awalnya, Altman memulai debutnya sebagai sutradara series TV, tetapi kemudian dia beralih ke film. Menariknya, Altman adalah sosok sutradara yang sering menolak permintaan studio besar dalam pembuatan film. Yap, dia selalu menolak intervensi yang dilakukan studio saat membuat sebuah film. Karena itulah dia sering membuat film indie. Itulah yang membedakan Altman dengan rekan-rekan seprofesinya. Terhitung, Robert Altman sudah menyutradarai lebih dari 35 judul film.

Clint Eastwood

Clint Eastwood adalah aktor berbakat yang sudah membintangi banyak film besar Hollywood. Tetapi selain menjadi aktor, Clint juga terkenal sebagai sutradara dari banyak film besar. Diantara total 36 film yang Clint sutradarai, mungkin film American Sniper dan Million Dollar Baby menjadi yang paling berkenang karena film tersebut menyabet penghargaan Oscar. Menariknya lagi, Clint pernah menyutradarai sekaligus membintangi filmnya sekaligus, yang membuatnya menjadi salah satu orang paling produktif di Hollywood. Dan lagi, dia adalah walikota dari Carmel, sebuah kota di California.

Steven Soderbergh

Steven Soderbergh masih memegang rekor sebagai sutradara termuda yang memenangkan penghargaan film bergengsi yaitu Palme d’Or di Festival Film Cannes. Selain itu, Soderbergh juga berhasil mendapatkan Oscar berkat film Traffic yang dirilis tahun 2000. Di usianya yang sudah menginjak 60 tahun lebih, Soderbergh sebenarnya pernah mempertimbangkan untuk pensiun sebagai sutradara. Tetapi untungnya dia berubah pikiran setelah sempat rehat selama beberapa waktu. Soderbergh sudah banyak menyutradarai film-film Hollywood, baik film beranggaran rendah maupun blockbuster. Terhitung, Soderbergh sudah menyutradarai 38 total film.

Sidney Lumet

Biasanya, seorang sutradara lebih suka membuat satu film setiap tahunnya. Tapi hal tersebut berbeda dengan Sidney Lumet. Lumet telah membuat film setiap tahun sejak dia masuk ke dunia film pada tahun 1957. Pada masanya, Sidney Lumet adalah sutradara yang sangat beken. Dia sudah menyutradarai berbagai judul film besar seperti Network dan Dog Day Afternoon. Total ada 43 film yang pernah disutradarainya. Tetapi selain mengarahkan, Lumet juga menjadi pemeran, penulis, dan sekaligus produser di sebagian besar filmnya. Dan sebagian besar dari filmnya berhasil mendapat review yang cukup positif.

Woody Allen

Sepanjang sejarah, ada banyak sekali sutradara yang juga turut membintangi filmnya. Sidney Lumet dan Clint Eastwood menjadi contoh bagaimana seorang sutradara juga bisa membintangi filmnya. Tetapi mungkin Woody Allen menjadi sutradara yang paling sering membintangi sekaligus menyutradarai filmnya. Awalnya Woody Allen hanya seorang komedian. Namun seiring berjalannya waktu, dia merasa bahwa dia harus melakukan lebih dari sekedar duduk di kursi sutradara. Selain membintangi dan menyutradarai, Allen juga adalah seorang penulis buku. Sejauh ini, sudah ada 50 judul film yang sudah dia buat.

Alfred Hitchcock

Alfred Hitchcock sering dianggap sebagai pembuat film terbaik sepanjang masa. Bayangkan saja, Hitchcock membuat film setiap tahunnya, dan tidak ada film-filmnya yang gagal. Nah menariknya lagi, film-film Hitchcock sebagian besar adalah film bergenre thriller psikologis. Karena itulah dia sering dijuluki dengan Master of Suspense. Diantara film Hitchcock yang paling terkenal adalah film Psycho yang dirilis pada tahun 1960. Meski Hitchcock sudah masuk ke dalam 5 nominasi Oscar. Tetapi dia belum pernah sekalipun mendapatkan penghargaan tersebut, meski film yang dia sutradarai sudah mencapai 53 film.

Roger Corman

Roger Corman mungkin dikenal sebagai rajanya sinema. Bagaimana tidak? Dia sudah menyutradarai lebih dari 55 film besar di Hollywood. Menariknya, Corman mampu membuat banyak film indie dengan anggaran yang terbatas. Dia jugalah sutradara yang sukses menaikkan popularitas beberapa aktor terkenal seperti Jack Nicholson, Peter Fonda, Dennis Hopper dan Sylvester Stallone. Nah karena sering menggarap film indie, Corman bisa lebih leluasa dalam membuat film, tanpa terpaku aturan studio. Dan sama seperti Scorsese, dia mampu membuat banyak proyek dengan mengadaptasi cerita dari penulis pupuler.

Itulah dia Geeks beberapa sutradara Hollywood dengan film terbanyak yang pernah mereka buat. Mungkin sebagian dari sutradara tersebut sudah tidak asing ditelinga kalian, seperti Ridley Scott, dan Martin Scorsese. Di antara mereka, mana yang menjadi favorit kalian Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/