Kemampuan berpedang dari sosok Roronoa Zoro kemungkinan sudah hampir setara dengan ahli pedang terkuat di dunia Dracule Mihawk. Hal ini berdasarkan apa yang diperlihatkan dalam manga One Piece chapter 1073. Di chapter tersebut Zoro nampak berhasil membuat Seraphim S-Hawk terkejut dengan level kekuatannya, meskipun tidak ada pertempuran besar yang terjadi dalam pertarungan itu.

Roronoa Zoro merupakan wakil kapten di kelompok bajak laut Topi Jerami, dan juga merupakan salah satu karakter penting dalam cerita One Piece. Dari trio monster kelompok Topi Jerami, Zoro adalah sosok yang memang memiliki kedahsyatan kekuatan yang tidak kalah dari sosok Luffy. Bahkan, level kekuatan dari Zoro ini pun diakui oleh banyak orang.

Peningkatan Level Kekuatan Zoro

Sejak pertama kali diperkenalkan dalam cerita sampai saat ini, perkembangan level kekuatan dari Roronoa Zoro benar-benar sangat luar biasa. Bisa dibilang, peningkatan level kekuatannya hampir sama dengan Luffy di mana sangat cepat. Sejak sebelum pertemuan Luffy pun kemampuan Zoro sudah luar biasa, yang mana membuat Luffy akhirnya tertarik untuk merekrutnya.

Namun, peningkatan level kekuatan Zoro baru benar-benar terasa pasca timeskip selama dua tahun. Setelah dua tahun tersebut Zoro mengalami peningkatan kekuatan yang sangat drastis, di mana dia mulai menggunakan Haki dan bahkan dia mengembangkan berbagai kemampuan epik. Misalnya, pasca berlatih bersama Mihawk, Zoro baru mulai menggunakan kemampuan Haki terutama Armament Haki.

Contoh nyatanya adalah ketika dia membelah sebuah kapal dengan jenis galeon yang besar dengan hanya satu kali tebasan. Kemudian, di arc Dressrosa kita melihat Armament Haki Zoro kembali digunakan untuk menghadapi sosok Pica dalam wujud raksasa batunya. Puncaknya adalah ketika Zoro berada di wilayah Wano. Dia pernah membelah sebuah gedung dengan hanya menggunakan pisau Seppuku yang dialiri oleh Armament Haki.

Kemudian, dalam pertarungan melawan Kaido dan Big Mom Zoro berhasil menahan serangan kombinasi mereka. Dalam hal kemampuan berpedang, sebelum pertempuran di Onigashima, kita bisa melihat bagaimana Zoro melatih kemampuan berpedangnya. Dia pun sempat berlatih bersama dengan Momonosuke. Yang menarik adalah para fans kemudian dikejutkan dengan salah satu teknik terbaru Zoro yaitu Foxfire Style.

Dengan menggunakan teknik ini, Zoro mampu membelah api dengan mudah. Bukti pengakuan dari peningkatan kekuatan Zoro juga diperlihatkan dengan nilai buruannya yang sudah mencapai lebih dari 1 miliar Belly. Bahkan, Shaka, salah satu satelit dari Vegapunk, meminta Lilith untuk tidak macam-macam dengan Zoro yang bisa saja menghancurkannya hanya dalam satu serangan. Artinya, reputasi dan level kekuatannya kini sudah sangat luar biasa.

Zoro Sudah Setara Mihawk

Dengan semua peningkatan yang sangat luar biasa dari Zoro tersebut, banyak yang mungkin penasaran apakah level kekuatannya sudah setara dengan Dracule Mihawk. Seperti yang Geeks ketahui, Mihawk merupakan sosok ahli pedang terkuat di dunia. Sudah sejak lama Zoro memiliki cita-cita untuk mendapat titel yang sekarang masih dipegang oleh Mihawk tersebut.

Dan seperti yang disebutkan di atas, Mihawk pernah melatih Zoro untuk meningkatkan kekuatannya. Melihat perkembangan kekuatan Zoro sampai chapter 1073 kemarin, bisa kita tarik kesimpulan jika kekuatan Zoro mungkin sudah mulai mendekati Mihawk. Apa buktinya? Dalam chapter 1073 diperlihatkan bagaimana para Seraphim berusaha untuk menyerang dan menghancurkan laboratorium di mana Vegapunk dan kru Topi Jerami berada.

Ketika Sanji sendiri berusaha menghentikan serangan dari S-Shark, sedangkan Zoro menghentikan serangan dari S-Hawk, yang merupakan kloning dari Dracule Mihawk. Yang menarik adalah S-Hawk nampak terkejut dengan kekuatan dari Zoro yang dahsyat dan mampu menahan serangannya. Hal ini bisa jadi petunjuk sudah seberapa jauh perkembangan kekuatan Zoro.

Di sisi lain, mengingat S-Hawk adalah kloning dari Mihawk, yang artinya Seraphim ini bisa jadi “gambaran” dari Mihawk yang asli, kemungkinan ketika Mihawk yang asli bertarung menghadapi Zoro maka dia juga akan terkejut dengan perkembangan kekuatannya. Apakah artinya Zoro sudah setara dengan Dracule Mihawk dari sisi kekuatan? Jawabannya adalah untuk saat ini Zoro rasanya masih belum setara dengan Mihawk.

Salah satu alasan terbesar mengapa kemudian Zoro masih belum setara adalah kita masih belum tahu seberapa dahsyat kekuatan Mihawk. Oda sendiri masih belum memperlihatkan kekuatan penuh dari mantan Shichibukai tersebut. Kedahsyatan yang diperlihatkan sejauh ini mungkin hanya 10% dari seluruh kekuatannya. Inilah yang kemudian jadi alasan mengapa Zoro, untuk sekarang, masih belum bisa setara dengan Zoro dalam hal kekuatan.

Meskipun begitu, melihat perkembangan dari Roronoa Zoro sampai sejauh ini rasanya bisa kita simpulkan jika kekuatannya secara perlahan sudah mulai mendekati level kekuatan yang setara dengan Mihawk. Dengan kemungkinan masih ada beberapa arc yang akan dihadirkan oleh Oda Sensei, dan juga berbagai pertarungan lainnya, artinya level kekuatan Zoro masih bisa terus meningkat berkat latihan dan juga pengalaman bertarung. Hanya tinggal masalah waktu sebelum kekuatan Zoro ada di titik yang sama, atau bahkan melebihi, dari sang mentor, Dracule Mihawk.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.