Sebagai pelari tercepat di universe DC, kita tentunya penasaran seberapa dahsyat kecepatan sebenarnya lari dari The Flash. Seperti yang kita ketahui, The Flash merupakan karakter tercepat di universe DC. Berkat kecepatannya tersebut, The Flash banyak menyelamatkan nyawa manusia dan juga nyawa dari planet bumi. Di sisi lain, kecepatannya juga bahkan memengaruhi banyak cerita di DC Comics.

Misalnya, dalam cerita Flashpoint diperlihatkan bagaimana akibat apa yang dilakukan oleh Barry Allen universe di DC Comics berubah total. Atau dalam film Justice League versi Zack Snyder, di mana The Flash berhasil mencegah Mother Box untuk menyatu dengan kembali ke masa lalu. Dengan semua kedahsyatan dari kecepatan The Flash, berapa kecepatan lari dari sang speedster?

Kecepatan The Flash Versi Live-Action

Dalam versi live-action, The Flash memiliki kecepatan yang cukup beragam mulai dari season 1 sampai season 8.

Advertisements
  • Di season 1, The Flash berhasil kembali ke masa lalu dengan berlari hingga kecepatan Mach 2. Dengan kecepatan tersebut, Barry mampu menciptakan sebuah singularitas.
  • Di season 2, dalam pertemuan pertamanya dengan Supergirl, The Flash berhasil meningkatkan kecepatannya sampai 4 kali lipat di mana dia berlari hingga 16.300 km/jam.
  • Pada season 3, The Flash diperlihatkan harus bertarung menghadapi Savitar, yang menyebut dirinya sebagai dewa kecepatan. Barry diperlihatkan lari hingga mencapai Mach 3 atau 3.704 km/jam.
  • Di season 4, agar tidak tertangkap oleh kamera pengawas di penjara, The Flash berlari sampai Mach 155,096.
  • Pada season 5 tidak ada hitungan kecepatan pasti. Namun, kabarnya Barry mampu berlari sampai Mach 10,925 atau 134,901,90 km/jam.
  • Seperti halnya di season 5, puncak kecepatan dari The Flash di season 6 kurang lebih mencapai Mach 10,925.
  • Pada season 8, The Flash harus melakukan perjalanan waktu. Agar bisa terwujud, Barry harus berlari hingga kecepatan 24,696 km/jam agar bisa bergabung dengan Damien Darhk.

Kecepatan The Flash Berdasarkan Matematika

Lalu, seberapa cepat kecepatan lari dari The Flash jika dihitung berdasarkan matematika? Sebenarnya, kecepatan lari dari The Flash, khususnya di cerita komik, tergantung dari tingkat imajinasi dan cerita dari sang penulis. Namun, umumnya, The Flash mampu berlari melebihi kecepatan suara atau melebihi Mach 1. Contohnya adalah dalam komik Justice League of America #89, The Flash pernah menyelamatkan banyak nyawa manusia dalam hitungan detik.

Dalam komiknya diperlihatkan jika sebuah bom nuklir diledakan di Korea. The Flash kemudian berhasil menyelamatkan 532,000 orang, di mana dia berhasil melakukan hal tersebut hanya dalam waktu 0.00001 microseconds. Bahkan, The Flash harus berlari sepanjang 70 mil atau 112 km demi menghindari para korban dari radius ledakan.

Berdasarkan hal tersebut bisa kita simpulkan jika The Flash berlari sebanyak 354,667 kali dengan total sepanjang 24,826,690 mil hanya dalam waktu 0.00001 microseconds. Untuk bisa melakukan hal tersebut The Flash perlu berlari kurang lebih dalam kecepatan 2,482,669,000,000,000,000 (2.5 Kuintiliun) atau 13 miliar kali kecepatan cahaya.

Rekor kecepatan lari dari The Flash secara matematika sendiri diketahui bisa mencapai 23 Tresdesilion kali dari kecepatan cahaya. Yang menarik juga adalah dari sekian banyak karakter yang pernah memegang titel The Flash – seperti Barry Allen, Jay Garrick, dan Wally West – Wally West dianggap sebagai sosok The Flash yang paling cepat dari yang lain.

Advertisements

Perbandingan The Flash Dengan Dunia Nyata

Lalu, bagaimana dengan perbandingan kecepatan The Flash dengan berbagai hal di dunia nyata dan fiksi?

  • The Flash vs Usain Bolt: Dalam perbandingan ini, The Flash jauh lebih cepat dari Usain Bolt. Diketahui jika Bolt mampu berlari hingga mencapai 44.72 km/jam pada Olimpiade Tokyo.
  • The Flash vs Jet Tercepat Di Dunia: Kecepatan dari The Flash mampu melampaui 17,500 mil per jam, yang mana angka tersebut jauh lebih cepat dari kapal jet tercepat yang pernah diciptakan oleh manusia yaitu Lockheed SR-71. Kapal jet tempur tersebut mampu terbang dengan kecepatan 2,100 mil per jam atau 3,500 km per jam.
  •  The Flash vs Superman: Dalam beberapa cerita, memang sering kali diperlihatkan Superman beradu lari dengan The Flash. Secara teori, The Flash mampu dengan mudah mengalahkan Superman dengan margin yang cukup besar. Fakta bahwa The Flash bahkan jauh lebih cepat dari cahaya, bisa jadi petunjuk jika Superman akan sulit mengalahkannya.
  • The Flash vs Godspeed: August Heart alias Godspeed adalah salah satu villain dari The Flash di universe DC. Level kecepatannya bisa meningkat berkali-kali lipat ketika memasuki Speed Force. Dia diketahui mampu berlari 10 kali lebih cepat dari kecepatan cahaya. Artinya, secara kecepatan, Godspeed bisa saja mengalahkan The Flash.

Jadi, kesimpulan dari penjelasan di atas adalah The Flash memang pantas memiliki julukan Fastest Man Alive atau makhluk hidup paling cepat yang pernah ada. Hal ini karena kecepatan lari yang dia miliki memang benar-benar sangat luar biasa dan sulit untuk ditandingi.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/