Academy Awards alias Oscar adalah sebuah penghargaan paling bergengsi di industri film. Jika sebuah film berhasil mendapatkan Oscar, maka dapat dipastikan bahwa film tersebut sangat berkualitas. Menariknya nih Geeks, MCU juga memiliki deretan film yang berhasil masuk dalam nominasi Oscar. Terhitung sudah ada lebih dari 10 judul film MCU yang berhasil bertengger namanya di perayaan Academy Awards. Apa saja film tersebut? Simak berikut ini Geeks!

Guardians of the Galaxy

Film Guardians of the Galaxy memang menawarkan sesuatu yang sangat berbeda. Bagaimana tidak? Film tersebut mengenalkan petualangan kosmik dari tim Guardians of The Galaxy, yang masing-masing dari mereka memiliki keunikan dan kekuatannya tersendiri. James Gunn mampu mengenalkan tim superhero yang sebenarnya sangat jarang diketahui orang-orang. Nah film Guardians of the Galaxy sendiri sukses masuk dalam nominasi Oscar dalam kategori Best Makeup dan Best Visual Effects. Tetapi pada akhirnya film ini harus disingkirkan oleh The Grand Budapest Hotel dan Interstellar.

Captain America: The Winter Soldier

Russo Brothers sudah menunjukkan kepiawaian mereka di MCU. Keduanya sudah membuat berbagai film seperti Captain America: The Winter Soldier, Captain America: Civil War, Avengers: Infinity War, dan Avengers: Endgame. Tetapi di antara semua film tersebut, rasanya Captain America: The Winter Soldier menjadi sangat layak disaksikan karena memperlihatkan dunia spy yang kompleks dan tak terduga. Captain America: The Winter Soldier juga berhasil membuktikan diri sebagai film dengan visual efek terbaik. Yap, filmnya mampu masuk nominasi Oscar dalam kategori Best Visual Effects, Tetapi film tersebut gagal bersaing dengan Interstellar.

Iron Man

Iron Man memang dikenal sebagai film pembuka MCU. Filmnya menampilkan debut Tony Stark, seorang karakter nyentrik yang sangat terkenal dari komik Marvel. Karena film ini sukses besar, maka sangat wajar jika Marvel Studios membuat lebih banyak film lain yang menjadi bagian dari MCU. Iron Man mungkin sangat sukses di box office, tetapi filmnya masih kalah saing dengan film lainnya di Academy Awards. Yap, film Iron Man berhasil masuk nominasi Oscar dalam kategori Best Sound Editing dan Best Visual Effects. Namun kemudian dua nominasi tersebut berhasil dimenangkan oleh The Dark Knight dan The Curious Case of Benjamin Button.

Iron Man 2

Iron Man 2 adalah sekuel dari film Iron Man yang kembali digarap oleh Jon Favreau. Robert Downey pun kembali ditunjuk sebagai pemeran Tony Stark, di mana dia harus berhadapan dengan Ivan Vanko yang menjadi villain utamanya. Mungkin Iron Man 2 tidak sebaik film pertamanya yang rilis di tahun 2008. Tetapi dibalik itu, film ini berhasil masuk nominasi Oscar dalam kategori Best Visual Effects. Sayangnya Iron Man 2 tidak bisa mengimbangi film Inception garapan Christopher Nolan, yang menghadirkan visual yang jauh lebih memukau lagi. Meski gagal mendapatkan Oscar, Iron Man 2 sukses mendapat penghargaan bergengsi lainnya seperti ASCAP, hingga Hollywood Film Awards.

Doctor Strange

Scott Derrickson adalah sutradara berbakat Hollywood yang sukses membuat berbagai film horor. Di tahun 2016, Derrickson mendapat kesempatan keluar dari zona nyamannya untuk menggarap film bertema superhero. Ketika dia mendapat kesempatan membuat film Doctor Strange, tidak ada yang bisa memprediksi apa yang coba ditawarkan Derrickson terhadap film tersebut. Nyatanya, apa yang ditawarkan Derrickson untuk film Doctor Strange berbuah manis. Film tersebut akhirnya masuk dalam nominasi Oscar dalam kategori Best Visual Effects. Tapi visual memukau yang dihadirkan di film Doctor Strange tidak cukup untuk mengalakan The Jungle Book.

Guardians of the Galaxy Vol. 2

Guardians of the Galaxy 2 menjadi film kedua James Gunn di MCU. Dengan tangan dingin James Gunn, dia berhasil membuat film tersebut sangat enjoy dinikmati. Selain menampilkan cerita yang apik, filmnya juga menawarkan visual yang memukau. Tak heran jika Guardians of the Galaxy Vol. 2 berhasil masuk nominasi Oscar untuk kategori Best Visual Effects. Namun filmnya harus berhadapan dengan judul-judul besar lainnya seperti Kong: Skull Island, War for the Planet of the Apes, Star Wars: The Last Jedi, dan Blade Runner 2049. Namun akhirnya Guardians of the Galaxy Vol. 2 harus kalah saing dengan Blade Runner 2049.

Avengers: Infinity War

Avengers: Infinity War adalah film yang luar biasa mengejutkan penonton, karena menyatukan banyak karakter yang tidak pernah mereka duga sebelumnya, seperti Iron Man, Captain America, Doctor Strange, dan masih banyak lagi. Meskipun mendapat pujian sebagai salah satu film MCU terbaik yang pernah dibuat, tetapi Avengers: Infinity War hanya berhasil masuk dalam nominasi Oscar untuk kategori Best Visual Effects. Namun akhirnya Avengers: Infinity War harus mengalah kepada film biopik Neil Armstrong yang dibintangi oleh Ryan Gosling berjudul First Man.

Black Panther

Untuk film yang satu ini, nasibnya agak berbeda dengan film lainnya di MCU. Selain masuk dalam nominasi Oscar, film ini juga berhasil menyabet Oscar. Tak tanggung-tanggung, ada 3 penghargaan Oscar yang diraih untuk film ini, seperti Best Original Score, Best Costume Design, dan Best Production Design. Sementara itu ada 4 nominasi Oscar lainnya yang diterima film ini antara lain Best Motion Picture, Best Original Song, Best Picture, Best Sound Editing, dan Best Sound Mixing. Dengan semua pencapaian masif tersebut, Black Panther menjadi satu-satunya film MCU yang mendapatkan penghargaan Oscar.

Avengers: Endgame

Tentunya Geeks sudah tahu dengan judul satu ini. Yap, inilah film penutup dari Infinity Saga yang menceritakan akhir perjalanan Thanos. Dia berhasil dikalahkan oleh gabungan kekuatan Avengers. Berdurasi 3 jam, film ini menampilkan berbagai momen-momen epik yang tak pernah terlupakan. Selain itu, Avengers: Endgame juga berhasil menyabet gelar sebagai salah satu film terlaris sepanjang masa. Sebenarnya kesuksesan Avengers: Endgame bukan hanya dari sisi penjualan dan cerita saja, tetapi juga filmnya mampu menampilkan visual yang apik. Hal tersebut terbukti dari bagaimana film ini bisa masuk dalam nominasi Oscar kategori Best Visual Effects. Sayangnya film ini kalah saing dengan film 1917 garapan Sam Mendes.

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings adalah film MCU ke-25 yang rilis pada September 2021. Dalam film tersebut, kita disuguhkan dengan aksi sang karakter utama yang berasal dari Asia bernama Shang-Chi, dalam mengalahkan seorang villain yang tak lain adalah ayahnya sendiri. Film ini memang dianggap melebihi harapan semua orang, dan juga memberikan visual yang memukai, serta cerita yang lebih kuat daripada film MCU yang biasa kita lihat. Dan menariknya lagi, film ini berhasil masuk nominasi Oscar di tahun 2022 dalam kategori Best Visual Effects. Namun sayangnya, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings berhasil dikalahkan oleh kemegahan film Dune karya Denis Villeneuve.

Spider-Man: No Way Home

Mungkin di antara beberapa film di atas, Spider-Man: No Way Home menjadi salah satu film MCU yang paling sering dihujat netizen karena dianggap tidak pantas masuk dalam nominasi Oscar dalam kategori Best Visual Effects. Film ini harus berhadapan dengan beberapa film besar seperti Dune, No Time to Die, Free Guy, dan film MCU lain yaitu Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Dan pada akhirnya, film Dune berhasil menggeser Spider-Man: No Way Home sebagai film dengan Visual Effects terbaik di tahun 2022. Tetapi harus diakui bahwa Spider-Man: No Way Home sangat sukses di box office dan menjadi film ketiga terlaris di MCU.

Itulah dia Geeks berbagai film MCU yang berhasil masuk dalam nominasi Oscar. Meskipun sudah banyak yang berhasil masuk nominasi tersebut, tetapi baru film Black Panther saja yang berhasil memboyong piala Oscar. Lantas di antara beberapa film di atas, mana yang menurut Geeks paling layak mendapat Oscar?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/