Semua penggemar tayangan streaming pasti tahu bahwa saat ini Netflix masih menduduki posisi puncak sebagai salah satu penyedia layanan streaming terbesar di seluruh dunia. Di mana Netflix sendiri terus-menerus memperbarui strategi pemasarannya agar makin banyak penggemar yang mau menjadi pelanggan tetap mereka. Salah satu upayanya adalah dengan membiayai sekaligus memproduksi sejumlah film yang anggarannya tidak main-main. Mulai dari film dengan budget 100 juta sampai dengan 200 juta dolar, berikut ini 10 film original Netflix yang menyandang status film termahal di layanan streamingnya!

Spiderhead ($100 Juta)

Film termahal Netflix yang akan kita bahas pertama adalah Spiderhead. Tayang perdana pada bulan Juni 2022 lalu, Spiderhead adalah film bergenre sci-fi thriller psikologis dari sutradara Joseph Kosinski yang mengadaptasi cerita pendek berjudul Escape from Spiderhead karya George Saunders. Plotnya sendiri berfokus pada narapidana di sebuah penjara mewah yang harus mengikuti eksperimen obat-obatan pengubah pikiran. Salah satu lasan mengapa film ini menghabiskan biaya 100 juta dolar Amerika, mungkin karena melibatkan jajaran bintang seperti Chris Hemsworth, Miles Teller, dan Jurnee Smollett.

Day Shift ($100 Juta) 

Masih berada pada level yang sama, yaitu budget sekitar 100 juta dolar, film termahal Netflix selanjutnya adalah Day Shift. Film bertema vampir yang tayang juga tayang pada tahun 2022 ini bercerita tentang sekelompok manusia yang menjadikan para vampir sebagai sumber pendapatan mereka. Dengan membunuh vampir pada siang hari, mereka bisa menang dengan lebih mudah untuk kemudian mengambil taringnya untuk dijual. Menariknya film yang dibintangi oleh Jamie Foxx, Dave Franco, dan Snoop Dogg ini mempunyai sejumlah sinematografi yang mirip video game populer Grand Theft Auto.

Advertisements

Triple Frontier ($115 Juta)

Dari film fiksi sekarang kita beralih ke film aksi berjudul Triple Frontier yang produksinya telah menghabiskan anggaran sekitar 115 juta dolar Amerika. Rilis perdana pada tahun 2019, film tentang misi pencurian yang dilakukan oleh mantan Special Forces ini dibintangi oleh aktor papan atas sekelas Ben Affleck, Pedro Pascal, Garrett Hedlund, dan Adria Arjona. Karena genre aksi memang membutuhkan adegan yang tampak realistis, cukup masuk akal jika film ini sampai menghabiskan biaya yang sangat fantastis, meskipun pada akhirnya hanya dimaksudkan untuk tayang di saluran streaming Netflix.

The Adam Project ($116 Juta)

The Adam Project adalah film sci-fi time travel yang dirilis oleh Netflix pada tahun 2022 lalu. Filmnya yang dimeriahkan oleh aktor veteran MCU seperti Ryan Reynolds, Zoe Saldana, dan Mark Rufallo ini menyajikan banyak visual efek yang ciamik. Begitu juga konsep time travel yang rumit, tetapi anehnya tidak terlalu sulit untuk diikuti. Untuk mewujudkan semua hal menyenangkan di filmnya, Netflix sampai menggelontorkan dana sampai 116 juta dolar. Meskipun mendapatkan respons yang beragam, tetapi The Adam Project termasuk salah satu film termahal Netflix yang paling banyak ditonton.

Outlaw King ($120 Juta)

Advertisements

Mundur ke tahun 2018, ternyata Netflix juga pernah mengeluarkan budget yang lebih besar dari empat film di atas untuk memproduksi film Outlaw King yang mungkin tidak banyak orang yang tahu. Ya, film bergenre drama sejarah ini memang tidak terlalu populer di kalangan penggemar. Film yang mengangkat kisah nyata tentang Perang Kemerdekaan Skotlandia pada abad ke-14 ini banyak memperlihatkan set dan kostum yang berhasil menggambarkan zamannya dengan cukup baik. Itu jugalah yang menjadi alasan mengapa film Outlaw King sampai menghabiskan budget sekitar 120 juta dolar Amerika.

6 Underground ($150 Juta)

Film Ryan Reynolds lainnya yang menjadi film termahal di saluran streaming Netflix adalah 6 Underground yang rilis pada tahun 2019. Digarap oleh sutradara Transformers Michael Bay, film tentang sebuah misi gila yang harus dilakukan oleh enam orang dengan keahlian masing-masing ini banyak menampilkan ledakan yang bombastis dan aksi kejar-kejaran mobil sport yang harganya sangat fantastis. Itulah mengapa biaya produksi film ini bisa mencapai 150 juta dolar Amerika. Sayangnya, meskipun rencana sekuelnya sempat diumumkan, tetapi Netflix akhirnya membatalkan 6 Underground 2 karena studio kecewa dengan filmnya yang dianggap kurang kreatif.

Slumberland ($150 Juta)

Slumberland adalah salah satu film terbaru sekaligus termahal Netflix yang baru saja tayang pada bulan November 2022 lalu. Film dari sutradara Francis Lawrence ini aktris cilik Marlow Barkley dan Jason Momoa sebagai bintang utamanya. Ceritanya sendiri mengadaptasi komik strip Little Nemo in Slumberland karya Winsor McCay yang bercerita tentang serang anak yang mencari mendiang ayahnya ke dunia mimpi. Dengan adegan yang hampir sepenuhnya menggunakan CGI, kecuali penampilan jajaran pemerannya, film Slumberland telah menghabiskan biaya produksi sebesar 150 juta dolar.

The Irishman ($159 Juta)

The Irishman mungkin bukan film dengan tema populer yang dapat menarik banyak penonton dari semua kalangan. Walaupun begitu film garapan sutradara Martin Scorsese yang rilis pada tahun 2019 ini telah berhasil menjadi nominasi untuk berbagai penghargaan Oscar, termasuk Best Picture. Karena aspek itulah Netflix sampai rela menghabiskan uangnya hingga mencapai 159 juta dolar untuk memproduksi film gangster yang dibintangi oleh Robert De Niro, Al Pacino, dan Joe Pesci. Informasi lainnya bahkan ada yang mengklaim bahwa film yang durasinya lebih dari tiga jam ini telah menghabiskan total budget sebesar 250 juta dolar.

Red Notice ($200 Juta)

Red Notice menjadi film aksi ketiga Ryan Reynolds di daftar ini yang terbukti menyandang predikat sebagai film termahal di Netflix. Selain Reynolds, film aksi komedi yang rilis pada tahun 2021 ini juga dimeriahkan oleh bintang papan atas Hollywood lainnya seperti Dwayne ‘The Rock’ Johnson dan Gal Gadot sebagai bintang utamanya. Di filmnya, seorang agen FBI (Johnson) diceritakan harus membentuk tim bersama perampok seni ulung (Reynolds) untuk meringkus perampok lainnya yang lebih terkenal (Gadot). Dengan anggaran produksi yang telah menghabiskan 200 juta dolar, film Red Notice berhasil mengamankan dua sekuelnya yang saat ini tengah dikembangkan bersama para aktornya.

The Gray Man ($200 Juta)

Film lainnya yang saat ini menduduki posisi film termahal Netflix bersama Red Notice adalah The Gray Man yang disutradarai oleh Russo Bersaudara. Rilis perdana pada tahun 2022, filmnya sendiri berfokus pada agen CIA bernama Courtland Gentry alias Six (Ryan Goosling) yang harus melakukan pelarian karena diburu oleh mantan agen CIA sekaligus tentara bayaran Lloyd Hansen (Chris Evans). Keberhasilan film senilai 200 juta dolar ini akhirnya dipastikan akan menelurkan sebuah sekuel dan spin-off yang saat ini masih dikembangkan. Di mana Gosling dipastikan akan mengulang perannya sebagai Six pada masa yang akan datang.

Itulah 10 film Netflix yang menyandang predikat sebagai film termahal di layangan streamingnya. Karena baru memasuki tahun baru 2023, untuk sekarang masih belum diketahui apakah posisi dari sepuluh film ini akan bergeser atau tidak. Yang jelas dengan beberapa sekuel film yang juga masih diproduksi oleh Netflix, seperti Red Notice dan The Gray Man, bukan tidak mungkin film barunya nanti yang justru akan mengamankan posisi film termahal pada masa mendatang. Kita lihat saja nanti. Dari semua film ini mana yang sudah pernah kalian tonton, Geeks, apakah budgetnya sesuai dengan ekspektasi?