Dalam sejarah Marvel, Kang the Conqueror merupakan salah satu penjelajah waktu yang terkenal mempunyai banyak varian di multiverse. Mulai dari versi muda Iron Lad, sampai versi tua Immortus, semua varian Kang ini mempunyai motivasi dan kisahnya sendiri, yang masing-masing bisa dibilang cukup unik dan juga menarik. Namun, tahukah kalian bahwa ternyata ada satu sosok Conqueror yang bukan varian Kang, tetapi mempunyai banyak kemiripan dengannya. Dia adalah Terminatrix, varian Ravonna Renslayer yang pada akhirnya menjadi Kang the Conqueror versi wanita karena motivasinya sendiri.

Varian Ravonna yang Bertahan Hidup

Penggemar setia Marvel pasti mengenal siapa Ravonna Renslayer. Karakter yang pertama kali melakukan debutnya di komik Avengers #23 (1965) tersebut adalah sosok putri dari kerajaan masa depan yang telah berhasil menaklukkan hati Kang. Meskipun di kisah pertamanya dia diceritakan mati saat berusaha menyelamatkan Kang, ternyata di realitas lainnya ada beberapa varian Ravonna yang diceritakan berhasil bertahan hidup karena Kang memilih untuk mengorbankan diri untuknya. Salah satunya adalah varian Ravonna yang disimpan di dalam pod stasis oleh Grandmaster.

Varian Ravonna inilah yang pada akhirnya menjadi Kang versi wanita karena merasa dendam setelah ditinggalkan. Alih-alih langsung membalaskan dendamnya, Ravonna justru memulai semua misi pembalasannya dengan mengumpulkan berbagai teknologi dan senjata canggih agar bisa lebih unggul dari Kang. Seperti menyusup ke dalam kelompok varian Kang yang disebut Council of Cross-Time Kangs, kemudian mencoba mendapatkan Bubble at the Heart of Time untuk memblokir realitas dari time travel, sampai mencari senjata kosmik terkuat yang disebut Ultimate Nullifier.

Meskipun tidak semua upayanya berhasil, tetapi pada akhirnya Ravonna tetap diceritakan menyerang Kang di komik Avengers Annual #21 (1992). Pada titik inilah Ravonna mulai terkenal sebagai Terminatrix, Kang versi wanita yang berani menyerang langsung Kang the Conqueor di markasnya sendiri, Chronopolis. Dalam prosesnya, siapa sangka ternyata Kang rela mengalah agar Terminatrix bisa menjadi penguasa Chronopolis selanjutnya. Untuk menghindari kecurigaan Council of Cross-Time Kangs, Terminatrix sengaja menyimpan tubuh Kang dan mengganti namanya sendiri menjadi Kang the Conqueror.

Tidak Kalah Hebat dari Kang the Conqueror

Secara kemampuan dan kekuatan pada dasarnya Terminatrix tidak berbeda dengan Kang. Di mana dia terkenal sangat hebat dalam pertarungan tangan kosong serta dibekali dengan berbagai teknologi canggih yang tidak dimiliki oleh Bumi pada masa sekarang. Untuk kostumnya sendiri, meskipun tidak disebutkan namanya, tetapi Terminatrix selalu terlihat mengenakan sebuah armor canggih yang memungkinkannya untuk menyamar menjadi orang lain. Misalnya ketika dia menjadi Kang-Nebula untuk memanipulasi tim superhero Marvel sekelas Avengers dan Fantastic Four.

Yang lebih hebatnya lagi, Kang versi wanita ini juga mempunyai sejumlah kemampuan lain yang tidak pernah dimiliki oleh Kang. Seperti muncul dalam mimpi orang lain, di mana dia pernah melakukannya kepada mantan pemimpin Avengers bernama Druid saat mencoba menghancurkan tim Superhero Terbaik Bumi tersebut. Selebihnya, Terminatrix sama seperti Kang, apalagi setelah dia berhasil menjadi penguasa Chronopolis di Limbo. Perbedaannya hanya terletak pada ambisinya, di mana Terminatrix tidak pernah ingin menjadi penakluk timeline kecuali berhubungan dengan dendamnya.

Mati di Tangan Varian Kang Lain

Kehidupan Ravonna sebagai Terminatrix sekaligus Kang the Conqueror versi wanita terbilang cukup rumit sekaligus miris. Karena setelah bertahun-tahun berjuang untuk membalaskan dendamnya kepada Kang, semuanya justru tidak terbayarkan seperti apa yang dia bayangkan sebelumnya. Karena Kang justru mengalah untuknya dan membuat semua usahanya terasa sia-sia. Yang lebih mirisnya lagi, Terminatrix justru harus tewas oleh varian Kang yang telah pensiun, yaitu Immortus. Semuanya terjadi saat Immortus menyerang Chronopolis bersama pasukannya di komik Avengers Forever (1998).

Immortus yang berniat menghentikan semua perbuatan varian mudanya, lantas mencoba mengambil alih Forever Crystal yang dipakai oleh Kang untuk menjaga kestabilan Chronopolis di Limbo. Singkat cerita, setelah mendapatkan artefak tersebut Immortus langsung menghancurkan Chronopolis dan membuang Kang ke dimensi Void. Di kisah inilah Terminatrix diceritakan ikut tewas bersama hancurnya Chronopolis tanpa melakukan hal yang begitu berarti karena semuanya hanya tentang perseteruan Kang dan versi tuanya Immortus. Sejak saat itulah Terminatrix tidak pernah terlihat lagi di Marvel Universe.

Itulah pembahasan tentang sosok Terminatrix, Conqueror versi wanita yang ternyata bukan varian Kang. Meskipun kisah varian Ravonna ini telah berakhir, setidaknya dia telah berhasil membuktikan kehebatannya ketika menaklukkan Chronopolis sekaligus hati Kang the Conqueror. Terlepas dari caranya yang mungkin terbilang mudah, karena Kang telah lebih dahulu jatuh cinta kepadanya, tetapi jika bukan Terminatrix mungkin semua itu tidak akan pernah terjadi di Marvel Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.