Dalam universe DC Comics sosok Brainiac dikenal sebagai villain yang paling cerdas, meskipun sebenarnya ada lagi sosok yang jauh lebih cerdas yaitu Grax. DC Comics memiliki sederet nama-nama villain yang menarik dan juga epik yang diperlihatkan di berbagai alur cerita. Mulai dari Joker, Lex Luthor, Reverse Flash, Deathstroke, Cheetah, dan masih banyak lainnya.

Dari sekian banyak nama villain yang ada, sosok Brainiac muncul sebagai villain yang dikenal sebagai villain paling cerdas. Diketahui jika Brainiac memiliki level kecerdasan 12, yang mana dalam sistem level kecerdasan di DC Comics merupakan yang tertinggi. Tetapi, mungkin tidak banyak yang tahu jika ada satu villain klasik yang dianggap paling cerdas di DC Comics karena level kecerdasannya menyentuh angka 20. Sosok tersebut adalah Grax.

Mengenal Sistem Kecerdasan di DC Comics

Seperti halnya dalam dunia nyata, di universe DC Comics juga mengenal yang namanya tingkatan kecerdasan. Ada banyak karakter DC yang memiliki standar kecerdasan manusia biasa, namun ada juga karakter yang level kecerdasannya bahkan jauh melebihi standar manusia. Karena alasan inilah banyak para penulis cerita yang kemudian menentukan di level kecerdasan mana sebuah karakter.

Dengan adanya tingkatan ini, para pembaca akan lebih mudah untuk mengklasifikasikan karakter tersebut berdasarkan kecerdasannya. Namun, yang jadi masalah utama dari hal ini adalah semuanya sangat subyektif. Selain itu, karena metodologi untuk menentukan secerdas apa sebuah karakter dalam cerita tidak diketahui secara pasti para penulis perlu secara tegas untuk menjelaskannya kepada para pembaca.

Kurang lebih ada 12 level kecerdasan yang ada dalam universe DC Comics:

  • Level 1 (dibawah rata-rata
  • Level 2 (rata-rata)
  • Level 3 (di atas rata-rata
  • Level 4 (diberkati)
  • Level 5 (cerdas)
  • Level 6 (jenius)
  • Level 7 (sangat jenius)
  • Level 8
  • Level 9
  • Level 10
  • Level 11
  • Level 12 (cerdas absolut)

Sayangnya, karena ambiguitas dan permasalahan lain, para penulis sudah mulai meninggalkan level kecerdasan ini untuk menentukan level kecerdasan dari sebuah karakter. Namun, ada juga beberapa cerita dan situasi yang mereferensikan pada sistem tersebut. Meskipun Metron, sosok cerdas pemilik Mobius Chair, pernah mengatakan jika hanya ada 12 tingkatan level untuk kecerdasan, tetapi nyatanya ada juga level selanjutnya untuk hal ini. Dan salah satu karakter yang level kecerdasannya melampaui Brainiac dan bangsa Koluan adalah Grax.

Grax Sosok Villain Paling Cerdas

Lalu, siapa sebenarnya Grax? Dalam sistem level kecerdasan tersebut, Grax memiliki nilai 20. Angka ini jauh lebih tinggi dari sosok Brainiac yang hanya di angka 12. Grax sendiri adalah seorang super-villain yang pernah jadi salah satu musuh Superman. Superman diceritakan berhasil menghancurkan pasukan robot yang dibangun oleh Grax dan juga menghancurkan kapal luiar angkasanya.

Grax bukan berasal dari universe utama, melainkan dari salah satu universe paralel yaitu Earth-One. Selain pernah berseteru dengan Superman, Grax juga pernah berseteru dengan Brainiac. Dia pernah menyerang Brainiac di kapal luar angkasanya, yang mana ternyata Grax terbukti terlalu tangguh bagi Brainiac. Namun, bukannya menghancurkan Brainiac, Grax justru mengejeknya karena level kecerdasan sang villain tersebut hanya berada di level 12.

Ternyata, penyerangannya ke kapal Brainiac bertujuan untuk mencuri Force-Shield miliknya. Hal ini Grax lakukan karena sudah lelah kalah dalam pertarungan melawan Superman. Yang menarik adalah Grax kemudian menyerang bumi dan mempersiapkan sebuah bom yang bisa menghancurkan planet yaitu K-Meson Bomb. Selain itu, Grax juga menghalau bumi dengan Force-Field yang dicuri dari Brainiac.

Setelah Superman kehabisan akal untuk menghentikan bom tersebut, Brainiac justru membantu Superman untuk menghentikan Grax. Dia memberi tahu bagaimana cara menjinakan bom tersebut dan melepaskan Force-Field miliknya. Sayangnya, nasib dari Grax sendiri sekarang sudah mulai jarang lagi muncul. Setelah muncul pertama di Action Comics #342 pada 1966, nasib Grax harus berakhir di komik Action Comics #418 yang rilis pada 1972.

Grax dan seluruh sejarah kemunculannya akhirnya harus terhapus dan hilang pasca peristiwa epik multiverse Crisis on Infinity Earths pada 1985 sampai 1986. Meskipun ada versi lain dari karakternya yang mungkin dihadirkan oleh DC Comics, namun informasi di atas tentang Grax tidak berlaku terhadap berbagai versi lain tersebut.

Berbagai Kemampuan Grax

Sebagai seorang super-villain yang luar biasa cerdas, Grax memiliki beberapa hal yang jadi andalannya. Selain kecerdasan yang luar biasa, di mana dia bisa mencapai level 20, Grax juga memiliki sederet peralatan yang dia miliki. Misalnya, Space Tractor Beam, Power Charger, dan Force-Field yang dia curi dari Brainiac untuk kemudian dimodifikasi kembali.

Selain itu, dengan kecerdasannya juga Grax memiliki kemampuan manipulasi. Seperti yang dia pernah lakukan terhadap Superman, di mana Grax berhasil membuat Superman berpikir jika dia akan mengalami konsekuensi yang sangat besar jika menggunakan kekuatannya. Dan yang terakhir adalah Grax memiliki kemampuan dan kecerdasan dalam hal Robot Engineering.

Buktinya, dia mampu membangun pasukan robot miliknya sendiri yang kemudian harus dihancurkan oleh Superman. Berdasarkan penjelasan di atas, wajar jika Grax jadi villain paling cerdas di universe DC. Apakah Grax akan kembali muncul dalam cerita? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.