Dengan jagat sinematik yang besar MCU berhasil menghadirkan beberapa plot twist terbesar yang mematahkan ekspektasi para fans. Seperti yang Geeks ketahui, para fans sering kali menghadirkan ekspektasi terhadap sesuatu yang terjadi dalam sebuah cerita. Dan ini juga terjadi di Marvel Cinematic Universe. Banyak dari ekspektasi para fans yang ternyata tidak terbukti atau tidak sesuai.

Mereka biasanya akan menghadirkan ekspektasi tersebut berdasarkan sumber materialnya yaitu komik. Atau bisa juga mereka hanya sekedar berteori dengan menghadirkan berbagai hal-hal yang bisa jadi petunjuk sebelumnya. Namun, pihak Marvel Studios nyatanya berhasil menghadirkan plot twist yang tidak terduga yang membuat MCU jadi salah satu jagat sinematik yang sukses. Berikut adalah beberapa plot twist terbesar di MCU.

Peter Parker Pacari Anak Vulture

Film Spider-Man: Homecoming berhasil menghadirkan alur cerita debut yang luar biasa di MCU bagi Spider-Man. Dalam film tersebut, Peter Parker berusaha untuk membuktikan jika dirinya memang pantas menjadi bagian dari tim terbaik di bumi yaitu Avengers. Salah satu cara pembuktian tersebut adalah mengalahkan Adrian Toomes alias Vulture. Namun, kejutan tidak terduga muncul.

Dalam kehidupan normalnya sebagai Peter Parker, ternyata Peter memiliki seorang kekasih bernama Liz Allen. Yang tidak Peter ketahui adalah ternyata ayah dari Liz tersebut merupakan musuh yang pernah dia hadapi, Adrian Toomes. Plot twist ini menghadirkan cerita yang menarik di mana di post-credit scene diperlihatkan jika Adrian berusaha untuk melindungi Peter dari incaran villain lain.

Mandarin Palsu

The Mandarin merupakan salah satu villain yang sangat populer di komiknya. Marvel Studios pun kemudian berusaha untuk menghadirkan karakternya di MCU. Setelah diberikan petunjuk mengenai kemunculan karakternya, akhirnya di film Iron Man 3 para fans bisa melihat langsung debut The Mandarin dalam versi live-action. Namun, ternyata itu bukanlah sosok Mandarin asli.

Dalam filmnya kemudian terungkap jika karakter The Mandarin yang diperankan oleh Ben Kingsley merupakan karakter “palsu.” Dia adalah aktor yang dibayar untuk berpura-pura menjadi The Mandarin. Sebenarnya, plot twist ini sempat menghadirkan kontroversi besar di kalangan fans. Namun, terlepas dari hal tersebut intinya semua orang tidak menyangka jika itu bukanlah Mandarin yang asli.

Kemunculan Skrull di Bumi

Dalam cerita komiknya, Skrull merupakan salah satu bangsa alien yang jahat. Mereka datang untuk menginvasi bumi dan kemudian terlibat dalam berbagai cerita. Skrulls sendiri kemudian melakukan debutnya di MCU dalam film Captain Marvel. Banyak fans yang kemudian berekspektasi jika alur cerita pertarungan antara Kree dan Skrull akan muncul dalam filmnya.

Tetapi, ekspektasi tersebut terbukti salah. Marvel Studios ternyata menghadirkan versi twist dari Skrull, di mana mereka justru yang baik dan berpihak kepada bumi. Sebaliknya, justru Kree yang jadi ancaman bagi bumi. Dan yang juga jadi plot twist adalah ternyata sudah ada Skrull yang menyusup ke beberapa petinggi instansi di Amerika. Misalnya, Talos yang berhasil menyamar jadi petinggi S.H.I.E.L.D. yaitu R. Keller. Bahkan, di film Far From Home dia menyamar menjadi Nick Fury di mana Nick yang asli berada di luar angkasa.

Rencana Mysterio

Ketika sosok Quentin Beck alias Mysterio diperkenalkan di film Spider-Man: Far From Home, dia mengaku berasal dari universe lainnya. Kemunculannya sendiri adalah untuk membantu bumi mengalahkan Elementals. Semua orang, termasuk Peter Parker, bahkan meyakini jika Mysterio berasal dari dimensi lain. Tetapi, faktanya tidaklah demikian. Quentin ternyata bukan berasal dari dimensi lain, dia berasal dari bumi.

Quentin merupakan mantan pegawai dari Stark Industries. Seperti halnya di komik, Quentin memanfaatkan kemampuannya dalam hal ilusi untuk melakukan balas dendam atas apa yang pernah dilakukan oleh Tony Stark. Dia ingin menciptakan kesan jika Stark Industries adalah pihak yang bertanggung jawab atas berbagai kehancuran di dunia. Dan rencana tersebut sepertinya berhasil seperti diperlihatkan di film No Way Home.

Kemunculan He Who Remains

Series Loki menghadirkan banyak hal dan konsep kepada para fans yang tidak terbayangkan sebelumnya. Dengan menjadi salah satu series yang banyak dinantikan oleh para fans, Loki berhasil melahirkan banyak sekali teori-teori setiap pekannya. Salah satu tema dari teori yang banyak bermunculan adalah di kalangan fans adalah siapa yang berkuasa atau pemimpin dari TVA.

Dalam ceritanya sendiri Ravonna memperkenalkan jika ada beberapa sosok yang disebut-sebut berkuasa dan menjadi pihak yang memimpin TVA. Namun, di akhir episode kejutan besar muncul. Setelah berhasil pergi ke ujung timeline, Loki dan juga Sylvie kemudian menemukan jika sosok yang menguasai TVA dan mengatur timeline selama ini adalah He Who Remains. Dia merupakan salah satu variant dari Kang the Conqueror, karakter yang rencananya akan muncul di film Ant-Man 3.

She-Hulk Muncul di Kehidupan Nyata

Melihat apa yang terjadi rasanya masuk akal jika kemudian ini jadi salah satu plot twist terbesar yang pernah terjadi di Marvel Cinematic Universe. Pasalnya, karakter yang seharusnya hanya muncul di cerita justru mampu muncul di “kehidupan nyata.” Hal ini terjadi kepada Jennifer Walters alias She-Hulk dalam series solonya yang tayang pada tahun kemarin.

Dalam series tersebut diperlihatkan bagaimana Jennifer berhasil melakukan breaking the 4th wall alias masuk ke dunia nyata dan bertemu dengan penciptanya, K.E.V.I.N. Untuk pertama kali dalam sejarah Marvel, formula cerita yang mereka buat dianggap kurang efektif. Dan sang karakter yang memerankan cerita tersebut memutuskan untuk menulis alur ceritanya sendiri, sesuatu yang tidak pernah terjadi

Thanos Menang

Apa yang terjadi di alur cerita Marvel Cinematic Universe saat ini merupakan kelanjutan dari apa yang terjadi sebelumnya di Infinity Saga. Saga tersebut menjadi alur cerita yang menentukan dan sudah dibangun sejak Phase 1. Infinity Saga memperlihatkan sosok Thanos sebagai villain utamanya, di mana dia menebarkan ancaman untuk menghilangkan separuh kehidupan di alam raya itu.

Puncak pertarungan melawan Thanos akhirnya terjadi di film Avengers: Infinity War, di mana seluruh pahlawan dan berbagai pihak berusaha untuk menghentikan upaya Thanos mendapatkan Infinity Stones terakhir. Sayangnya, meskipun mereka sudah berusaha keras mengalahkan sang Titan Gila tersebut di salah satu momen Thanos berhasil melakukan snap alias menjentikan jarinya yang membuat separuh kehidupan akhirnya menghilang dan jadi debu.

Selama satu dekade Marvel Cinematic Universe berusaha menghadirkan alur cerita yang menarik dan menghibur. Juga, mereka mencoba untuk menghadirkan berbagai konsep atau hal-hal baru kepada para fans. Meskipun begitu, Marvel Studios berhasil menghadirkan kejutan yang membuat para fans terus berusaha mengikuti apa yang sudah dipersiapkan untuk cerita selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.