Optimus Primal adalah karakter Transformers yang akhir-akhir ini namanya kembali populer di kalangan penggemar karena akan segera muncul di film live action Transformers Rise of the BeastsPemimpin dari kelompok protagonis Maximal ini dikenal sebagai robot yang mempunyai bentuk alternatif hewan gorila raksasa. Namun, tahukah kalian bahwa dalam sejarah Transformers, Primal sebenarnya mempunyai lebih satu perubahan. Mulai dari bentuk mobil saat masih di planet Cybertron, sampai bentuk ultimate yang ukurannya sangat masif, berikut ini 5 perubahan sangar yang pernah dimiliki oleh Optimus Primal.

Original Cybertronian

Seperti yang kita tahu, Optimus Primal adalah keturunan Autobot yang menjadi protagonis utama di serial animasi Beast Wars: Transformers (1996). Namun jauh sebelum dia debut, ternyata Primal juga sama seperti para Transformers lain, di mana dia pernah tinggal di planet Cyberton dan bisa berubah menjadi kendaraan. Meskipun tidak diperlihatkan secara langsung, tetapi jauh sebelum peristiwa Beast Wars Optimus Primal pernah diceritakan mempunyai bentuk alternatif sebagai truk monster Cybertron. Artinya sejak awal dia memang sudah mempunyai bentuk yang masif dan juga sangar.

Beast Form

Jutaan tahun setelah meninggalkan planet Cybertron, Optimus Primal dan para Transformer lain yang baru saja tiba Bumi tiba-tiba diceritakan berubah menjadi robot semi organik setelah terpapar radiasi energon yang misterius. Tanpa mempertanyakan penyebabnya, untuk pertama kalinya Optimus Primal mempunyai bentuk alternatif hewan gorila di awal peristiwa Beast Wars. Bentuk perubahannya ini sangat mencerminkan sifat Primal yang buas sekaligus bijaksana sebagai pemimpin Maximal. Sedangkan ketika dalam mode robot, Primal sering terlihat menggunakan gada dan canon sebagai senjata andalannya.

Advertisements

Transmetal Form

Pada salah satu arc Beast Wars, Optimus Primal dan para Maximal pernah diceritakan harus menghadapi serangan bangsa alien Vok yang sangat kuat. Dalam prosesnya, tubuh Primal sampai hancur karena terkena serangan planet-buster milik Vok. Pada titik inilah dia dihidupkan kembali dalam bentuk Transmetal, di mana sebagian besar tubuhnya terbuat dari campuran logam Cybertron yang lebih kuat dari sebelumnya. Bentuk Transmetal ini dilengkapi dengan sejumlah senjata dan kemampuan yang lebih canggih dari sebelumnya. Salah satunya memungkinkan dia terbang menggunakan papan selancar bertenaga roket.

Optimal Optimus

Menjelang ending Beast Wars, tepatnya saat pemimpin Predacon yaitu Megatron mendapatkan bentuk Transmetal 2 sebagai naga raksasa, Optimus Primal juga diceritakan mendapatkan versi pembaruan yang disebut Optimal Optimus. Semuanya bisa terjadi saat Primal memutuskan untuk memakan Spark (jiwa) peninggalan Optimus Prime. Hasilnya dia berubah menjadi robot raksasa yang mempunyai dua bentuk alternatif, yaitu tank lapis baja dan pesawat tempur. Dengan bentuk Transmetal 2-nya ini Optimal Optimus mampu merobek tubuh naga Megatron dan menghancurkan Spark-nya.

Technoraganic Form

Bertahun-tahun kemudian setelah serial Beast Wars berakhir, Optimus Primal dan para Maximal diceritakan kembali muncul di kisah baru yang berjudul Beast Machines Transformers (1999). Dalam kisah tentang Sparkwar ini Optimus Primal dan Maximal lain telah mendapatkan bentuk baru yang merupakan perpaduan komponen teknologi dan biologis. Meskipun tidak dibekali dengan senjata, tetapi Primal mampu mengeluarkan perisai energi untuk bertahan dan ledakan energi untuk menyerang. Bentuk perubahan Primal versi technorganik ini adalah hewan gorila dan juga pesawat tempur.

Itulah 5 bentuk perubahan Optimus Primal dalam sejarah Transformers. Kelima perubahannya ini secara tidak langsung telah menggambarkan setiap pembaruan yang didapatkannya. Di mana hal tersebut membuat Primal tidak pernah berhenti berkembangan menjadi salah satu Maximal terkuat, bahkan mungkin di kalangan semua Transformers. Sepertinya akan sangat menarik juga jika hal yang sama diterapkan di versi live actionnya nanti. Semoga saja ya, Geeks. Film Transformers Rise of the Beasts sendiri rencananya akan ditayangkan pada tanggal 9 Juni 2023 mendatang.