Sebelum para pemeran berbagai superhero di MCU diperkenalkan dalam berbagai film atau TV series, terdapat aktor lain yang hampir memerankan karakter tersebut. Namun, dengan pertimbangan dan alasan tertentu pihak Marvel Studios akhirnya memutuskan aktor dan aktris yang kita kenal saat ini. Marvel Cinematic Universe dikenal sebagai jagat sinematik yang sering memperkenalkan bintang hebat.

Mereka dianggap mampu untuk menghidupkan para karakter komik untuk dihadirkan secara “nyata” di layar lebar. Karena hal inilah, Marvel Studios akan sangat berhati-hati untuk menentukan aktor atau aktris yang akan memerankan karakter yang mereka persiapkan. Meskipun pada akhirnya Marvel Studios memiliki pilihannya, namun ada beberapa aktor dan aktris kelas dunia yang hampir mendapatkan peran superhero yang kita kenal saat ini. Siapa saja mereka?

Glenn Howerton Sebagai Star-Lord

Peter Quill alias Star-Lord dikenal karena sosoknya yang konyol dan menyenangkan. Wajar jika kemudian banyak fans begitu mengidolakan karakter ini. Peter Quill sendiri merupakan karakter Marvel yang tergabung dalam kelompok luar angkasa Guardians of the Galaxy. Saat ini, aktor yang memerankan Peter Quill adalah Chris Pratt yang mana banyak fans beranggapan jika Chris berhasil menghidupkan karakternya.

Namun, sebenarnya, sebelum karakter itu jatuh ke tangan Chris Pratt sosok sutradara James Gunn memiliki pilihan lain yaitu Glenn Howerton. Glenn sendiri dikenal sebagai pemeran Dennis Reynolds dalam sebuah acara sitkom berjudul It’s Always Sunny in Philadelphia. Terlepas dari hal tersebut, para fans sendiri banyak yang setuju jika Chris Pratt memang cocok untuk memerankan Star-Lord dibandingkan Glenn.

Yvonne Strahovski Sebagai Carol Danvers

Nama Captain Marvel baru saja diperkenalkan di MCU beberapa tahun lalu, baik di film Captain Marvel atau pun di dua film Avengers terakhir yaitu Infinity War dan Endgame. Sayangnya, kemunculan karakter Captain Marvel ini banyak menuai kontroversi di kalangan fans. Hal ini dikarenkan aktor yang memerankan karakternya, yaitu Brie Larson, yang sering masuk berita karena beberapa hal.

Brie Larson berusaha untuk “menghidupkan” karakter Carol Danvers di dunia nyata, yang nyatanya tidak sepenuhnya berhasil. Sebelum Brie jadi pilihan Marvel Studios untuk karakternya, para fans memiliki aktor favorit mereka sendiri yaitu Yvonne Strahovski. Dia merupakan aktor pemeran Serena Joy Waterford dalam TV series The Handmaid’s Tale. Apakah Marvel Studios pada akhirnya akan mengganti Brie karena kontroversinya?

Joaquin Phoenix Sebagai Stephen Strange

Joaquin Phoenix dikenal sebagai aktor yang multitalenta dan luar biasa. Banyak film-filmnya yang cukup sukses di pasaran. Namun, nama Joaquin sendiri pada akhirnya melejit berkat penampilannya sebagai Arthur Fleck dalam film Joker garapan sutradara Todd Phillips. Film tersebut meledak di pasaran dan banyak mendapatkan sambutan positif dari berbagai pihak.

Phoenix sendiri sebenarnya merupakan salah satu pilihan Marvel Studios untuk memerankan karakter Stephen Strange. Tetapi, seperti yang kita tahu, jika pada akhirnya aktor asal Inggris, Benedict Cumberbatch, yang kemudian mendapatkan perannya. Dari penampilannya sejauh ini, rasanya keputusan Marvel untuk memilih Benedict sebagai Doctor Strange adalah keputusan yang tepat. Serta, bisa jadi keputusan Phoenix menolak peran Stephen Strange adalah untuk mengerjakan proyek lainnya.

Lindsay Lohan Sebagai Scarlet Witch

Terlepas dari trauma masa lalu yang sangat berat serta bagaimana hidupnya menderita akibat kehilangan adiknya dan juga kekasihnya, Wanda Maximoff akhirnya berubah menjadi sosok yang luar biasa di MCU. Bahkan, Wanda menjadi salah karakter favorit para fans setelah berbagai penampilannya yang apik seperti dalam TV series WandaVision.

Elizabeth Olsen merupakan aktor yang sudah memerankan karakter Scarlet Witch selama hampir satu dekade. Tetapi, Marvel Studios sempat mempertimbangkan aktor Lindsay Lohan untuk memerankan karakternya. Pada saat itu, Lindsay sendiri sedang berusaha untuk melanjutkan kembali karirnya di dunia akting dengan mengikuti audisi sebagai Scarlet Witch.

Daniel Craig Sebagai Thor

Seperti halnya Elizabeth Olsen atau beberapa nama di atas, Chris Hemsworth menjadi aktor yang sukses dalam menghidupkan karakter yang dia perankan yaitut Thor Odinson. Hampir satu dekade Chris berhasil mempertahankan perannya di MCU. Banyak fans yang jatuh cinta dengan penampilan Chris sebagai dewa Asgard tersebut, karena dianggap pantas untuk memerankan karakter itu.

Tetapi, pihak rumah produksi sempat memiliki pilihan lain untuk karakternya yaitu Daniel Craig. Nama Daniel Craig lebih dikenal sebagai pemeran James Bond dan juga aktor yang memerankan seorang detektif pribadi bernama Benoit Blanc di film Knives Out. Tentunya akan sangat menarik dan mengejutkan jika kemudian Daniel berhasil mendapatkan peran tersebut.

Zooey Deschanel Sebagai Hope Van Dyne

Meskipun hampir seluruh film-film produksi Marvel Studios menghadirkan unsur komedi yang ringan dan menghibur, kualitas komedi dan cerita film-film Ant-Man dianggap berbeda. Dua filmnya dianggap memberikan warna tersendiri bagi seluruh MCU. Selain Scott Lang, mereka juga memperkenalkan sosok pahlawan lain di film itu yaitu the Wasp yang merupakan identitas pahlawan dari Hope Van Dyne.

Evangeline Lilly adalah aktor yang memerankan karakternya, di mana sejauh ini banyak para fans yang senang dengan keputusan ini. Tetapi, aktor Zooey Deschanel sebelumnya pernah hampir memerankan karakter tersebut. Perbedaan citra atau image dari kedua karakter ini mungkin jadi salah satu pertimbangan Marvel Studios untuk lebih memilih Evangeline Lilly, di mana karakter Zooey lebih sering memerankan karakter ceria dan menyenangkan.

Anthony Mackie Sebagai Black Panther

Anthony Mackie adalah salah satu aktor yang sukses memerankan karakternya yaitu Sam Wilson alias The Falcon. Dia merupakan rekan dari Steve Rogers, di mana Sam selalu siap untuk membantu Steve. Pasca apa yang terjadi di film Endgame, Steve memilih Sam untuk menjadi penerusnya sebagai Captain America yang mana masih terus coba dia jalankan sampai sekarang.

Namun, yang menarik adalah Anthony Mackie sempat masuk dalam daftar aktor yang memerankan T’Challa alias Black Panther. Marvel kemudian lebih memilik Chadwick Boseman untuk memerankan karakter T’Challa, dan terbukti keputusan mereka tepat. Anthony sendiri berhasil untuk menghidupkan Sam Wilson dan Captain America yang akan dibuktikan dalam film selanjutnya.

Amanda Seyfried Sebagai Gamora

Dari sekian banyak pahlawan yang sudah rela mengorbankan nyawanya demi keberlangsungan manusia di MCU, salah satu yang mengalami kematian mengenaskan adalah Gamora. Kematiannya dianggap tragis karena Gamora merupakan korban dari ambisi sang ayah, Thanos, demi mendapatkan Soul Stone. Apalagi, Gamora sendiri pada akhirnya mau untuk “berubah” jadi lebih baik demi menghadapi sang ayah.

Meskipun karakter Gamora di MCU berhasil diperankan dan dihadirkan oleh Zoe Saldana, aktor bertalenta lainnya, Amanda Seyfried, pernah jadi saingan dari Zoe untuk mendapatkanperan tersebut. Sayangnya, Seyfried kemudian memutuskan untuk menolak perannya sebagai Gamora karena dia tidak mau menghabiskan waktu sangat lama untuk hanya sekedar mengecat kulitnya menjadi hijau.

Natalie Portman Sebagai Black Widow

Seperti halnya Anthony Mackie yang hampir berperan sebagai Black Panther, ini juga terjadi kepada Natalie Portman yang hampir memerankan karakter Natasha Romanoff alias Black Widow. Black Widow merupakan karakter pahlawan pertama yang diperkenalkan di MCU, sehingga sangat penting bagi Marvel Studios untuk bisa memutuskan secara tepat siapa aktor yang akan memerankan karakternya.

Pada akhirnya, karakter tersebut berhasil dihidupkan ke layar lebar berkat kemampuan akting yang apik dari Scarlett Johansson. Dia bahkan berhasil mempertahankan karakternya selama hampir satu dekade, sebelum diperlihatkan tewas di film Infinity War. Marvel sempat mempertimbangkan Natalie Portman untuk memerankan karakter ini. Tetapi, sepertinya mereka memiliki pilihan lain untuk Natalie yaitu Jane Foster yang terbukti sangat tepat.

Hugh Jackman

Dari semua daftar aktor yang pernah hampir mendapatkan karakter MCU di atas, mungkin yang paling mengejutkan adalah sosok Hugh Jackman yang hampir memerankan karakter Tony Stark pada 2008 lalu. Sebagai karakter pahlawan Marvel yang akan diperkenalkan untuk pertama kali, Marvel Studios pastinya akan sangat ketat untuk memilih siapa yang bisa menghidupkan sosok Tony Stark dalam versi live-action.

Pilihan sendiri jatuh ke tangan Robert Downey Jr. yang mana saat itu Robert sedang kembali untuk menata hidupnya pasca terkena kasus hukum. Sebagai pembuktiannya, RDJ sukses untuk menghidupkan sosok Tony Stark di MCU bahkan jadi karakter yang paling banyak difavoritkan selain Spider-Man dan Captain America. Keputusan Hugh Jackman untuk menolak tawaran peran Tony Stark dikarenakan dia tidak mau citranya terbagi dua, setelah Hugh lebih populer sebagai aktor pemeran Wolverine.

Butuh usaha dan kerja keras yang sangat luar biasa bagi para aktor untuk berhasil menghidupkan karakter yang mereka perankan. Dan hasilnya, mereka pun sukses untuk melekatkan citra mereka terhadap karakter tersebut. Namun, yang menariknya adalah ada juga aktor lain yang hampir memerankan karakter tersebut. Hal ini seolah memberikan gambaran mungkin akan sangat berbeda jika kemudian aktor tersebut yang mendapatkan perannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.