Aktor film laga kawakan Tom Cruise akan menjadi aktor Hollywood pertama yang melakukan proses pengambilan gambar di luar angkasa untuk film SpaceX. Film ini menjadi salah satu proyek film yang paling ambisius yang pernah dilakukan oleh Tom Cruise di sepanjang karirnya sebagai aktor. Melihat berbagai fakta yang ada tentang filmnya, rasanya memang wajar jika proyeknya jadi salah satu yang paling ambisius.

Rencana tentang film SpaceX sendiri pertama kali diumumkan pada 2020 kemarin. Tom Cruise diketahui menggandeng sutradara yang terkenal dengan film Bourne Identity dan juga film Tom Cruise lainnya, Edge of Tomorrow. Sejauh ini, masih belum ada informasi mengenai naskah, cast, dan berbagai hal lain. Meskipun begitu, ada beberapa fakta menarik mengenai proyek film SpaceX.

Film Kedua yang Shooting di Luar Angkasa

Fakta pertama mengenai film SpaceX adalah ini merupakan film kedua yang shooting atau melakukan pengambilan gambar di luar angkasa. Yang menarik adalah sebenarnya film SpaceX bisa saja jadi film pertama yang shooting di luar angkasa, jika semua jadwal yang sudah Cruise persiapkan sejak 2020 kemarin berjalan dengan baik. Namun, akibat pandemi global yang melanda membuat proyeknya akhirnya tertunda.

Dan ambisi Cruise untuk jadi yang pertama akhirnya kandas setelah pada 2021 kemarin, Russia ternyata lebih dahulu melakukan pengambilan gambar di luar angkasa. Dan aktris atau aktor pertama yang shooting di luar angkasa adalah Julia Peresild. Julia merupakan bintang di film berjudul Orbit yang disutradarai oleh Klim Shipenko. Kru filmnya menghabiskan waktu 12 hari di luar angkasa untuk proses pengambilan gambar tersebut.

Didukung Oleh NASA

Film SpaceX besutan Tom Cruise ini ternyata mendapatkan dukungan oleh NASA. Badan Antariksa Amerika Serikat ini menganggap jika proyek film SpaceX bisa menarik minat banyak kalangan muda atau berbagai pihak lainnya untuk lebih tertarik lagi dalam hal luar angkasa atau antariksa. Mereka juga ingin melalui film tersebut banyak orang yang tertarik untuk mempelajari luar angaksa dan menjadi ilmuwan luar angkasa.

Salah satu bentuk dukungan NASA adalah mereka direncanakan ikut mengantar kru ke orbit saat akan pergi ke luar angkasa. Pembicaraan antara Tom Cruise dan NASA sendiri sudah terjadi pada 2020. Namun, kedua pihak belum mau memberikan informasi detail mengenai kerja sama tersebut. Baru pada 2022 akhirnya pihak NASA mengumumkan akan mulai mendukung proyek film tersebut.

Akan Bangun Studio Film Pertama di Luar Angkasa

Selain direncanakan akan ikut untuk mengantar kru filmnya ke orbit, NASA juga dikabarkan akan menghadirkan bantuan lain terkait film ini. Bantuan tersebut adalah mereka akan ikut membangun studio film pertama di luar angkasa. Demi menyukseskan proyek film SpaceX, Tom Cruise dan timnya bahkan berencana untuk membangun studio film pertama di luar angkasa.

Proyek ini juga diukung oleh pihak Elon Musk melalui Space Entertainment Enterprises dan juga sebuah perusahaan yang berbasis di Inggris. Menurut informasinya, studio film pertama di luar angkasa tersebut akan memiliki nama SEE-1. Studio film ini rencananya akan mulai diluncurkan ke luar angkasa pada 2024 mendatang. Selain studio film, nantinya SEE-1 juga akan memiliki berbagai fungsi lainnya.

Sipil Pertama Yang Melakukan Space Walk

Melakukan Space Walk atau berjalan di luar angkasa merupakan sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Hanya para astronot terlatih dan terpilih yang bertugas di stasiun luar angkasa yang boleh dan bisa melakukannya. Namun, menurut kabar yang beredar melalui film SpaceX aktor Tom Cruise akan jadi masyarakat sipil pertama yang diizinkan dan bisa melakukan Space Walk.

Tom Cruise sendiri diketahui sudah melakukan konsultasi dan pembicaraan dengan pihak NASA, yang diwakili oleh Jim Brindentine. Jim sendiri mengakui jika belum pernah ada aktor yang mau melakukan aksi mengerikan dan berbahaya seperti Tom Cruise demi menghadirkan adegan yang sangat realistis. Jika kemudian hal tersebut berhasil, maka ini akan menghasilkan sebuah rekor yang fantastis.

Jadi Film Dengan Ongkos Produksi Termahal

Dengan semua rencana gila dan ambisius dari Tom Cruise terkait dengan film SpaceX wajar jika kemudian dibutuhkan ongkos produksi yang sangat besar. Bisa dikatakan, SpaceX merupakan salah satu proyek film yang memiliki ongkos produksi termahal di dunia. Berdasarkan informasi yang ada pada 2020 kemarin, pihak Universal Studios harus mempersiapkan dana sebesar 200 juta dollar Amerika demi filmnya.

Namun, yang perlu dicatat adalah angka tersebut muncul di tahun 2020. Artinya, bisa jadi ada perubahan nilai dari ongkos produksi yang muncul jika kemudian proses produksinya akan dilakukan pada 2024 atau pada tahun-tahun mendatang. Bukan hal mustahil jika nilainya akan menyentuh angka 300 atau bahkan mungkin 400 juta dollar Amerika. Pertanyaanya besarnya adalah apakah Universal mau mengucurkan dana sebesar itu untuk proyeknya.

Tom Cruise memang sudah tidak asing untuk melakukan berbagai aksi berbahayanya sendiri dalam berbagai film yang dia bintangi. Cruise sendiri memang tidak keberatan untuk melakukan semua itu. Dan yang paling epik adalah dia akan mencoba untuk melakukan pengambilan gambar di luar angkasa melalui proyek film SpaceX. Apakah hal ini akan berhasil? Kita nantikan saja kelanjutan kabarnya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.