Dalam universe Marvel Comics terdapat beberapa senjata dahsyat yang masuk dalam kategori Omega Class Weapon atau Senjata Kelas Omega. Apa maksudnya? Artinya, senjata tersebut memiliki kekuatan yang dahsyat serta daya hancur yang luar biasa. Dengan begitu, senjata tersebut bisa jadi ancaman besar baik bagi bumi atau pun bagi seluruh semesta Marvel.

Marvel Comics sudah banyak menghadirkan berbagai benda atau senjata yang mengerikan dengan daya hancur besar. Namun, dari sekian banyak senjata atau benda tersebut ada sebagian yang memiliki kelasnya tersendiri. Salah satunya adalah Omega Class Weapon. Ada beberapa senjata yang muncul di marvel Comics yang masuk dalam kategori tersebut. Apa saja?

Cosmic Cube

Omega Class Weapon yang pertama adalah Cosmic Cube. Geeks mungkin sudah tidak asing dengan benda kosmik yang satu ini. Cosmic Cube sendiri merupakan sebuah benda yang mampu mengendalikan benda dan energi. Senjata ataua benda ini bisa menjawab keinginan dari penggunanya. Dengan menggunakan Cosmic Cube, penggunanya mampu melakukan hampir semua hal misalnya memanipulasi realita.

Atau dia bisa membuat dunia atau realita sesuai dengan apa yang dia inginkan. Yang menarik adalah ada banyak jenis Cosmic Cube ini. Cosmic Cube sendiri masuk dalam klasifikasi Omega Class Weapon oleh Avengers Initiative. Dan melihat apa yang bisa dilakukan oleh benda ini, rasanya memang wajar jika banyak karaketr mengincarnya dan masuk dalam kategori tersebut.

Nega-Band

Nega-Band merupakan salah satu senjata klasik yang muncul di Marvel Comics, sekaligus menjadi salah satu Omega Class Weapon lainnya di daftar ini. Sesuai namanya, Nega-Band adalah sebuah gelang kosmik yang memungkinkan penggunanya untuk mewujudkan kekuatan mental yang dimiliki seseorang menjadi sebuah energi dahsyat. Semakin besar kekuatan mental penggunanya, maka akan semakin besar dan luar biasa juga kekuatan yang dihasilkan.

Gelang ini pertama kali diciptakan oleh bangsa Kree dan digunakan oleh sosok Mar-Vell, sang pahlawan dari bangsa tersebut. Yang menarik adalah dalam versi modern, gelang ini bisa juga dirubah menjadi berbagai hal seperti cincin pernikahan dari Wiccan dan Hulkling. Dalam versi klasik, Nega-Band mampu membuat Rick Jones dan Mar-Vell bertukar tempat di Negative Zone. Dan beberapa karakter pernah juga membuat Nega-Band versi mereka.

Mjolnir

Seperti halnya Cosmic Cube, Geeks juga tentunya sudah tidak asing lagi dengan Mjolnir. Palu ajaib milik Thor ini sudah banyak muncul di berbagai cerita Marvel, baik versi komik atau pun di jagat sinematiknya. Seperti yang sudah kita ketahui, Mjolnir memberikan kekuatan dewa kepada siapa pun yang dianggap pantas untuk memilikinya. Contohnya adalah Thor Odinson dan juga Mighty Thor.

Dengan kekuatannya yang dahsyat, rasanya masuk akal jika kemudian para Avengers Initiative kemudian mengklasifikasikan Mjolnir sebagai salah satu Omega Class Weapon. Karena senjata ini dibuat langsung oleh salah satu sosok terkuat yaitu Odin. Dan dalam cerita di Marvel Comics sendiri sudah banyak musuh yang berhasil Thor kalahkan dengan memanfaatkan Mjolnir.

Hellnir

Jika Mjolnir dibuat oleh Odin untuk Thor, maka Hellnir adalah palu ajaib yang dibuat oleh iblis. Selain itu, jika Mjolnir memiliki kekuatan dewa dan kekuatan sihir lainnya yang bersemayam di dalam palu tersebut maka beda dengan Hellnir. Di dalam palu iblis tersebut justru tersimpan kekuatan jahat dan mengerikan. Hellnir sendiri dibuat oleh sosok karakter bernama Bedlamp’s Child.

Hellnir dibuat dari sebuah material bernama Promotheum, yang menyatu dengan tengkorak milik Darkoth. Secara fungsi dan penampilan, Mjolnir dan Hellnir sama saja. Namun, ketika Mjolnir akan mengeluarkan petir saat digunakan, maka Hellnir akan mengeluarkan api yang sangat besar saat digunakan. Bukti kedahsyatan Hellnir adalah dalam komik Thor Vol. 6 #27, palu ini bisa melukai dan bahkan berhasil membuat Thor tidak berdaya.

Tactigon

Tactigon merupakan salah satu senjata yang mengerikan yang ada di universe Marvel. Mengapa? Karena, selain bisa memberikan daya hancur yang dahsyat senjata ini mampu untuk mengambil alih kesadaran dari penggunanya. Hal ini seperti yang diperlihatkan dalam komik Avengers: The Initiative, di mana sudah ada beberapa korban akibat kekuatan Tactigon yang mengerikan.

Seperti halnya Ultron yang mengambil alih Hank Pym, Tactigon juga mampu untuk menghabisi nyawa dari penggunanya setelah berhasil diambil alih tubuhnya. Inilah yang kemudian membuat para Avengers Initiative memasukan Tactigon sebagai salah satu senjata dengan Omega Class Weapon. Senjata ini sama berbahayanya dan mengerikan seperti daftar di atas.

Terrence Ward

Berbeda dengan nama-nama di atas, Terrence Ward alias Trauma bukanlah senjata melainkan makhluk hidup. Namun, ada kemampuan dan kekuatan yang dia miliki yang kemudian membuat dia dianggap sebagai “senjata” mengerikan dan masuk dalam Omega Class Weapon. Trauma memiliki kemampuan untuk bertransformasi menjadi apa pun. Tetapi, ada hal unik dari kemampuan ini.

Transformasinya sendiri tergantung dari apa yang ditakutkan oleh orang-orang terdekatnya. Contohnya, ketika temannya begitu ketakutan dan trauma terhadap mantan kekasihan, Terry akan berubah wujud menjadi sosok tersebut. Kemampuannya ini sempat membuat hidupnya hancur, karena dia dijauhi oleh banyak orang. Bahkan, dia membuat ibunya harus masuk fasilitas pemulihan mental setelah melihat anaknya sebagai ketakutan terbesarnya. Yang juga luar biasa adalah dia memiliki kemampuan lain seperti bangkit dari kematian.

Xandra Neramani

Selain Terry, Omega Class Weapon yang ternyata adalah makhluk hidup atau manusia adalah Xandra Neramani. Xandra sebenarnya merupakan karakter hasil rekayasa genetik. Hal ini terjadi setelah Professor Xdan Majestic Lilandra tewas, dan DNA mereka kemudian dipadukan untuk kemudian menciptakan seorang anak. Nama Xandra sendiri diambil setelah dia “menetas” dari telurnya dan dia pun mengambil nama dari kedua “orang tuanya.”

Lalu, mengapa Xandra dianggap sebagai Omega Class Weapon? Hal ini karena kemampuan telepati yang dia miliki. Mewarisi kekuatan telepati dari Professor X, Xandra mampu menciptakan realita di dalam pikiran seseorang yang sebenarnya tidak pernah terjadi. Dia juga bisa mengeluarkan sosok astralnya dari tubuhnya. Xandra pun memiliki teknik ‘Mind Blast’ di mana isi pikiran seseorang akan dipenuhi oleh berbagai informasi oleh Xandra yang membuat targetnya lumpuh.

Omega Class Weapon merupakan salah satu tier atau peringkat yang sangat dahsyat yang ada di universe Marvel. Dengan kekuatan yang dimiliki, rasanya wajar jika kemudian para Avengers menganggap senjata-senjata tersebut sebagai ancaman yang sangat besar. Apalagi, jika kemudian senjata tersebut jatuh di tangan orang yang salah.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.