Apa perbedaan dari serial Super Sentai dan Power Rangers? Banyak dari kita yang tentunya sudah tahu tentang tim pahlawan Power Rangers dan mungkin pernah mendengar tentang Super Sentai. Tetapi, bisa jadi masih ada yang bingung dengan perbedaan dari dua serial legendaris tersebut. Padahal, kedua serialnya sama-sama mengusung tema serupa.

Satu hal penting yang perlu dicatat dan diketahui adalah Super Sentai merupakan salah satu genre dari tokusatsu atau genre pahlawan. Super Sentai menjadi salah satu serial yang cukup populer di Jepang, yang mana bahkan judul terbarunya sendiri masih muncul sampai sekarang. Amerika kemudian coba mengadaptasi konsep tersebut yang kemudian diaplikasikan di tim pahlawan Power Rangers. Meskipun serupa, namun faktanya ada beberapa hal yang jadi pembeda dari kedua tim pahlawan ini. Apa saja?

Perkembangan Karakter

Berbeda dengan Power Rangers, Super Sentai lebih cenderung senang untuk menghadirkan cerita untuk jangka waktu yang panjang. Karena hal tersebut, Super Sentai memiliki perkembangan karakter yang cenderung lebih dinamis. Mereka berkembang dan berevolusi dari satu episode ke episode lainnya. Dan yang menarik adalah perubahan tersebut tidak sembarangan.

Artinya, masing-masing karakter memang akan berubah yang mana perubahannya akan terasa oleh para penonton. Untuk Power Rangers, terkecuali karakter populer seperti Tommy Olliver yang memang memiliki alur cerita dan perkembangan karakter yang sangat luar biasa, selain itu para karakter di serialnya lebih cenderung mengalami perkembangan karakter yang instan. Mereka bisa langsung berkembang menjadi lebih baik di episode selanjutnya.

Punya Senjata dan Kostum Eksklusif

Power Rangers bukan hanya sekedar adaptasi dari serial Super Sentai seperti yang banyak orang kira selama ini. Tidak jarang juga tim tersebut menghadirkan apa yang kemudian jadi ciri khas mereka. Selain itu, ada juga hal yang kemudian menjadi sesuatu yang eksklusif bagi Power Rangers yang tidak ada di serial Super Sentai. Contohnya adalah senjata dan juga kostum dari Red Ranger Battlizer.

Kostum dan senjata tersebut tidak ada di serial Super Sentai, dan benar-benar khusus dihadirkan untuk tim Power Rangers tersebut. Hal ini sengaja dilakukan untuk memperkenalkan sebuah dimensi baru terhadap serialnya dan juga memperkenalkan tim pahlawan ini kepada audiens yang lebih luas. Tentunya, tujuan lainnya adalah untuk memperkenalkan mainan baru bagi para anak-anak – dan fans dewasa lain.

Perbedaan Genre

Mungkin, salah satu perbedaan yang paling mencolok dari keduanya adalah genre ceritanya. Power Rangers lebih cenderung memiliki genre coming of age, di mana unsur persahabatan, pertemanan, kekuatan persahabatan menjadi tema utama di hampir setiap episodenya. Meskipun begitu, dalam beberapa judul serialnya yang lebih modern ada juga alur cerita yang gelap seperti di serial Power Rangers Lightspeed Rescue atau Jungle Fury.

Di sisi lain, Super Sentai menghadirkan alur cerita yang memang cukup dewasa sedari awal. Tetapi, karena pengemasan yang baik dan juga storytelling yang apik terkadang para fans lupa jika ini merupakan acara anak-anak. Meskipun ceritanya dewasa, bukan berarti ada banyak adegan gore atau hal mengerikan lainnya. Namun, lebih kepada plot twist yang dihadirkan atau tone cerita yang jauh lebih gelap yang dihadirkan melalui cerita para karakternya.

Punya Villain Tersendiri

Kedua tim pahlawan tersebut jelas memiliki villain mereka masing-masing. Terkadang, Power Rangers coba menghadirkan sesuatu yang berbeda dari versi Super Sentai. Misalnya, karakter Rita Repulsa dari Mighty Morphin Power Rangers yang berbeda dari Witch Bandora yang merupakan villain dari Super Sentai. Rita Repulsa dikenal memiliki cerita masa lalu yang kelam dan mengerikan.

Belum lagi, dia memiliki hasrat untuk menghabisi banyak anak-anak. Inilah yang kemudian jadi salah satu poin yang membedakan kedua tim pahlawan tersebut, di mana Power Rangers memiliki “versi” villain mereka sendiri. Selain Rita Repulsa, beberapa nama villain lain yang diciptakan khusus untuk Power Rangers adalah Astronema, Ransik, Sledge, Lord Zedd, dan masih banyak lainnya.

Mempunyai Mentor dan Sekutu Sendiri

Terakhir, yang membedakan Power Rangers dan Super Sentai adalah mentor dan sekutu mereka. Selain villain dan senjata serta kostum, terkadang Power Rangers memiliki mentor dan sekutu yang khusus berbeda dari Super Sentai. Contoh nyatanya adalah Zordon. Dia adalah salah satu karakter yang paling ikonik di serial Mighty Morphim Power Rangers, bahkan mungkin di franchise Power Rangers.

Namun, Zordon merupakan versi adaptasi dari Mysterious Sage Barza dalam serial Zryuranger dengan beberapa perbedaan. Meskipun begitu, Zordon memang sengaja didesain karakternya khusus untuk tim Power Rangers. Selain Zordon, Alpha 5 juga jadi salah satu karakter yang memang khusus diciptakan untuk tim tersebut. Meskipun begitu, ada juga beberapa karakter dari serial Power Rangers yang benar-benar diadaptasi dari Super Sentai tanpa perubahan, misalnya Anubis Cruger yang ada di dua serialnya.

Kedua tim pahlawan ini sama-sama menghadirkan cerita yang menarik dan juga berbagai elemen epik lainnya. Meskipun target audiens dari kedua serial ini adalah anak-anak, tidak sedikit juga orang dewasa yang justru jatuh cinta terhadap serialnya. Dan kedua serial ini pun memiliki ciri khasnya masing-masing yang membuat keduanya berbeda satu sama lain.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.