Baik di film, serial animasi, maupun komik, Transformers dikenal sebagai robot canggih yang bisa berubah menjadi bentuk lain, entah itu mobil, motor, kendaraan berat, bahkan pesawat. Selain versi kendaraan, ada juga jenis Transformers yang mempunyai bentuk alternatif hewan, misalnya para Predacon dan Maximal di kisah Beast Wars. Menariknya, dari semua Transformers yang eksis di semestanya, ternyata ada 6 karakter badass yang justru memilih ‘naga’ sebagai bentuk alternatifnya. Penasaran ‘kan bagaimana jadinya jika Transformers menjadi naga? Simak daftar para robot keren di bawah ini, Geeks!

Scourge (Cybertron)

Di multiverse Transformers sebenarnya ada banyak sekali versi Scourge yang umumnya digambarkan sebagai antagonis. Hal yang sama juga awalnya berlaku pada Scourge di serial animasi Transformers: Cybertron (2005), yang dikenal sebagai anggota Decepticon paling buas. Di mana hal tersebut sudah cukup tergambar dari bentuk alternatifnya yang sangar, yaitu robot naga hydra berkepala tiga. Menariknya, setelah melihat kehebatan dan kebijaksanaan Optimus Prime, akhirnya Scourge yang menaruh hormat kepada Optimus justru memutuskan untuk bergabung dengan Autobot dan melawan Decepticon.

Megatron (Beast Wars)

Advertisements

Selain menjadi musuh bagi Optimus Prime dan para Autobot di Transformers Generation 1, ternyata di serial Beast Wars (1996) Megatron juga hadir sebagai musuh abadi bagi para Maximal. Pemimpin dari Predacon ini awalnya dikenal sebagai robot buas yang mempunyai bentuk alternatif Tyrannosaurus Rex berwarna ungu. Namun setelah melalui banyak pertempuran, tubuh Megatron yang mulai bermutasi pada akhirnya mengubah dia menjadi Transformers Beast tipe Transmetal II, yang bisa berubah naga raksasa berwarna merah. Ketika dalam bentuk naganya ini, Beast Wars Megatron mampu menyemburkan api atau es yang sangat mematikan.

Predaking (Prime)

Predaking adalah Transformers selanjutnya yang terkenal mempunyai bentuk perubahan naga di serial Transformers Prime (2010). Kemunculan Predaking di semesta Prime ini digambarkan sebagai ancaman bagi kedua kubu robot yang tengah berperang, yaitu Autobot dan Decepticon. Meskipun awalnya diciptakan oleh Decepticon, tetapi pada akhirnya dia justru memutuskan untuk mendirikan kelompok robot sendiri yang disebut Predacon. Pada titik inilah Transformers lain mulai melihatnya sebagai pemimpin mengerikan yang bisa berubah bentuk menjadi robot naga bersayap.

Deathsaurus

Deathsaurus adalah robot penghancur dari Transformers Generation 1 yang merupakan bagian dari kelompok Megatron, yaitu Decepticon. Karena perilakunya yang brutal, pada akhirnya dia terkenal sebagai robot penghancur, bahkan dijuluki sebagai Emperor of Destruction. Alasan lainnya mengapa Deathsaurus disebut Transformers penghancur adalah karena dia juga mampu berubah menjadi naga luar angkasa yang terkenal sangat buas. Sebagai salah satu Decepticon terkuat, Deathsaurus juga sering digambarkan sebagai teror bagi banyak planet di alam semesta, tanpa terkecuali Bumi yang sering jadi incaran Decepticon.

Gigatron (RID)

Advertisements

Gigatron adalah pemimpin Decepticon yang namanya mulai populer di serial Transformers: Robots in Disguise (2015). Meskipun nama ini bertahan untuk waktu yang cukup lama, pada akhirnya terungkap bahwa Gigatron sendiri sebenarnya adalah nama lain dari Megatron, yang sebelumnya sudah pernah juga menggunakan nama Galvatron. Terlepas dari identitasnya yang berubah-ubah, faktanya Gigatron selalu hadir sebagai Transformers badass yang mempunyai enam bentuk perubahan, termasuk naga berkepala dua, kelelawar, mobil balap, pesawat ruang angkasa, dan cakar raksasa.

Dragonstorm

Transformers terakhir yang mempunyai bentuk perubahan naga adalah Dragonstorm yang melakukan debutnya di film live action Transformers: The Last Knight (2017). Sebelum menjadi naga raksasa berkepala tiga, Dragonstrom aslinya adalah para robot Knights of Iacon yang bertugas menghalau kebangkitan kelompok antagonis di filmnya, yaitu Quintesson. Di pertempuran final, para Knights of Iacon ini diceritakan membantu Optimus Prime dan Autobot lain dalam bentuk Dragonstorm. Selain bisa menyemburkan api, Dragonstorm juga dapat menghancurkan musuh dengan mudah menggunakan rahang dan giginya yang sangat kuat.

Itulah 6 robot epik yang mempunyai bentuk perubahan naga di semesta Transformers. Meskipun tidak muncul secara bersamaan, tetapi para robot ini umumnya selalu terlihat menonjol di tayangannya masing-masing. Alasannya tentu saja karena mereka mempunyai bentuk perubahan naga yang lebih keren daripada robot lain yang memilih bentuk umum seperti mobil atau pesawat. Selain itu karakter mereka juga selalu digambarkan sebagai salah satu Transformers terkuat di tayangannya. Hal tersebut secara tidak langsung telah menegaskan bahwa naga adalah salah satu perubahan legendaris di Transformers.