Sesuai dengan namanya, Superman adalah manusia super dari komik fiksi Amerika yang saat ini mungkin karakternya sudah menjadi standar template superhero di seluruh dunia. Khususnya yang berhubungan dengan kemampuan Superman, seperti terbang, kekuatan fisik super, kekebalan, heat vision, dan sebagainya. Hal ini terkadang membuat banyak penggemar merasa sedikit jenuh dengan format superhero, itulah mengapa DC Comics sering menghadirkan kisah baru yang memperkenalkan ragam varian Superman. Tanpa terkecuali 5 varian Superman terlemah seperti yang akan kita bahas kali ini.

Civil War Superman

Varian Superman pertama yang layak untuk menyadang predikat terlemah, pernah DC perkenalkan melalui komik Elseworld yang berjudul Superman: A Nation Divided. Di kisah Civil War Amerika ini Superman yang bernama asli Atticus Kent diceritakan menjadi bagian dari pasukan Union yang harus bertarung dengan pasukan Confederacy. Hanya dalam waktu singkat dia berhasil menarik perhatian Jenderal Ulysses S. Grant yang terkejut dengan kekuatannya. Meskipun dia berperan besar dalam kemenangan Union, tetapi varian Superman ini tetap diperlihatkan dapat terluka parah ketika terkena tembakan meriam. Di mana hal tersebut mungkin akan jadi bahan tertawaan bagi varian Superman lainnya.

Super-Soldier

Superman selanjutnya yang justru menjadi versi downgrade dari Superman utama adalah Super-Soldier. Di mana varian Superman terlemah ini pertama diperkenalkan saat DC dan Marvel berkolaborasi melalui kisah Amalgam Universe. Muncul sebagai perpaduan antara Superman dan Captain America, karakter bernama asli Clark Kent ini awalnya hanyalah manusia biasa. Kehidupannya mulai berubah setelah dia mengikuti eksperimen serum super soldier yang tercipta dari DNA alien. Meskipun kuat, tetapi Super-Soldier ini masih membutuhkan perisai untuk melindungi dirinya dari serangan musuh.

Centaur Superman

Dari nama dan penampilannya saja, Centaur Superman sudah menggambarkan posisinya sebagai varian terlemah di DC Univese. Debut di komik Elseworld berjudul Whom Gods Destroyed, Superman yang eksis di dunia alternatif ini diceritakan tidak sengaja bertemu dengan penyihir jahat dari Nazi yang bernama Circe. Pada titik inilah dia disihir menjadi manusia setengah kuda yang suka mabuk-mabukan. Yang lebih parahnya lagi, selain semua kekuatannya menghilang, Superman Centaur ini juga lupa dengan jati dirinya. Untungnya Lois Lane berhasil menyelamatkannya dan membalik semua kutukan Circe.

Superman Flashpoint

Flashpoint adalah salah satu peristiwa komik DC paling populer di kalangan penggemar. Alasannya karena kisah tentang Flash yang mencoba mengubah masa lalu ini telah menghadirkan banyak varian karakter yang tidak biasa, salah satunya Superman terlemah yang tubuhnya kurus kering. Alih-alih tubuh sebagai pria berotot, dia justru dibawa dan dikurung oleh pemerintah saat pertama kali tiba di Bumi sebagai bayi. Hasilnya, tubuh Superman tidak bisa menyerap sinar Matahari yang seharusnya menjadi sumber kekuatannya. Walaupun pada akhirnya dia berhasil keluar, tetapi tubuhnya yang kecil sudah cukup untuk menggambarkan bahwa dia tidak lebih kuat dari Superman utama.

Eddie Dial

Terakhir, Superman yang mungkin menjadi varian terlemah sepanjang masa adalah sosok pria biasa bernama Eddie Dial yang muncul di komik one shot Realworld: Superman. Sesuai dengan judul komiknya, kisah Realworld justru memperkenalkan varian yang sama sekali tidak mempunyai kekuatan super. Mirisnya, untuk membuat dirinya terlihat lebih kuat, Eddie sampa harus menato lambang supermandi dadanya. Di mana hal tersebut tidak mengubah apa-apa, karena pada akhirnya dia tetap mati setelah diceritakan melakukan pengorbanan heroik. Sosok Superman Eddie ini justru menggambarkan apa jadinya jika seseorang terobsesi untuk menjadi manusia super.

Itulah 5 varian Superman terlemah yang pernah DC ceritakan di berbagai kisah alternatif. Berdasarkan kisah mereka, cukup jelas bahwa semua varian ini sama sekali bukan tandingan bagi Superman utama, yang sudah terbukti kebal terhadap serangan musuh, sulit untuk mati, dan tentunya mempunyai otot yang lebih besar. Di sisi lain kisah mereka juga secara tidak langsung telah berhasil menggambarkan apa jadinya jika Superman tidak memiliki kekuatan yang seharusnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.