Sosok Akainu merupakan salah satu angkatan laut yang paling ditakuti di cerita One Piece berkat kekuatan yang sangat luar biasa. Akainu sendiri saat ini merupakan Fleet Admiral atau kepala angkatan laut di markas pusat. Dia berhasil menduduki jabatannya setelah berhasil mengalahkan rekannya sesama admiral, Aokiji, dalam pertarungan selama 10 hari di Punk Hazard.

Promosi yang diberikan kepada Akainu bukan hanya memengaruhi tubuh angkatan laut, namun terbukti memengaruhi juga seluruh ceritanya. Akainu merupakan salah satu villain terbaik di serial One Piece, mengingat prinsip yang dia anut yaitu absolute justice. Namun, mungkin masih ada Geeks yang penasaran mengenai seperti apa level kekuatan dari Akainu.

Miliki Logia Terkuat

Satu kesamaan utama yang dimiliki oleh seluruh admiral dan fleet admiral adalah kekuatan buah iblis yang sangat dahsyat. Masing-masing dari mereka memiliki buah iblis yang kekuatannya benar-benar mengerikan. Dan hal ini juga berlaku terhadap Akainu. Diketahui Akainu merupakan pengguna buah iblis Magu Magu, yang merupakan buah iblis berjenis Logia.

Advertisements

Buah iblis tersebut membuat Akainu mampu untuk menciptakan dan juga mengendalikan magma sesuka hatinya. Yang luar biasa adalah bagaimana Magu Magu no Mi mampu untuk mengalahkan Mera Mera no Mi, seperti ketika Akainu berhasil menghabisi nyawa Ace. Oda Sensei juga pernah menyebutkan dalam salah satu kolom SBS, jika Magu Magu adalah buah iblis dengan elemen paling kuat.

Disamping itu, meskipun belum ada konfirmasi resminya, tetapi para fans sendiri yakin jika Akainu sudah berhasil menguasai kekuatan buah iblisnya. Dan karena ini juga dia kemungkinan sudah berhasil untuk membangkitkan kekuatannya alias awakening. Sejauh ini, Akainu sering kali diperlihatkan sangat bergantung kepada buah iblisnya, yang semakin membuktikan jika dia memang sudah sangat menguasai buah iblis tersebut.

Angkatan Laut Terkuat

Dengan kekuatan buah iblis Magu Magu, Akainu sekarang adalah angkatan laut terkuat di seluruh cerita One Piece. Namun, selain juga dari sisi kekuatan, bagaimana Akainu bisa jadi sosok angkatan laut terkuat dan menduduki jabatan tertinggi juga butuh perjuangan dan bukan sesuatu yang dia dapatkan dengan mudah. Dia pertama kali muncul di arc Marineford.

Akainu secara hati-hati menggunakan kekuatan buah iblisnya untuk menyebabkan kekacauan diantara para bajak laut. Ketika dia harus terlibat dalam pertarungan, Akainu benar-benar tidak akan menahan diri. Dia pernah bertarung dan berusaha mengejar banyak nama-nama bajak laut besar. Dan pencapaian terbesar dari Akainu adalah ketika dia berhasil menghabisi nyawa Portgas D. Ace.

Namun, seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, menghabisi Ace ternyata masih belum cukup bagi Akainu. Dia tetap mengejar Luffy, yang untungnya berhasil diselamatkan oleh Jinbei dan dibantu oleh Marco. Vista dan Marco sempat berusaha untuk melukai Akainu, namun Haki mereka terbukti terlalu lemah. Whitebeard akhirnya ikut dalam pertempuran setelah mengetahui kematian Ace.

Advertisements

Whitebeard sendiri sempat berhasil membuat Akainu terluka parah, namun nyatanya itu tidak membuatnya menyerah. Akainu bahkan masih terus berusaha untuk menghabisi Whitebeard. Dan akhirnya, dia pun berhasil menghancurkan sebagian wajah mantan Yonko tersebut. Yang gilanya lagi adalah dia juga ikut menyerang sesama angkatan laut. Hingga Akainu sendiri sempat berhasil melukai Luffy.

Selain keterlibatannya dalam arc Marineford, Akainu sangat jarang muncul di cerita One Piece. Pertarungannya menghadapi Aokiji di Punk Hazard, yang berlangsung selama berhari-hari, bahkan tidak dimunculkan alias terjadi secara off-screen. Meskipun begitu, selain bukti kekuatan fisik, reputasi Akainu juga sudah terbukti. Blackbeard dan kelompoknya memutuskan untuk kabur dari Akainu saat menyerahkan Jewelry Bonney.

Sayangnya, setelah menjadi fleet admiral sosok Akainu justru sangat tertekan dengan posisinya. Dia tidak bisa berbuat banyak dan tidak bisa menunjukan kekuatannya seperti dahulu. Hal ini karena sebagai fleet admiral dia tidak bisa bergerak sembarangan. Butuh persetujuan dari Gorosei atau World Government sebelum memulai sesuatu.

Jadi Salah Satu Lawan Terakhir

Lalu apakah Akainu akan terlibat pertempuran besar lagi? Ya, Akainu bisa jadi akan terlibat dalam pertempuran besar lainnya. Pertempuran besar yang akan kembali melibatkan Akainu mungkin tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Namun, dia bisa terlibat dalam pertempuran epik di akhir ceritanya. Akainu diprediksi akan jadi salah satu lawan terakhir di serial One Piece.

Banyak fans memperkirakan jika Blackbeard dan Im akan jadi lawan terakhir yang akan dihadapi oleh Luffy dan kelompok Topi Jerami beserta aliansinya. Namun, selain kedua nama tersebut, Akainu juga kemungkinan jadi salah satu musuh terakhir yang mereka hadapi. Akainu akan bergabung dengan World Government untuk menghancurkan aliansi Luffy yang mana Luffy pun tidak akan tinggal diam.

Yang menarik adalah terdapat perdebatan mengenai siapa sosok yang akan dihadapi oleh Akainu, antara Luffy dan Sabo. Luffy dianggap sebagai sosok yang pas untuk hal tersebut karena demi membalas kematian Ace. Namun, di sisi lain, Sabo juga dianggap pantas untuk membalas dendam Ace mengingat dia adalah pemilik buah iblis Mera Mera yang mewakili semangat dan tekad dari Ace. Kita nantikan saja penampilan epik dari Akainu di chapter selanjutnya ya Geeks!

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/