Wonder Woman merupakan salah satu karakter di DC Comics yang dikenal memiliki kekuatan dahsyat. Sejak kemunculan pertamanya pada 80 tahun yang lalu, DC Comics sudah banyak menghadirkan banyak sekali cerita tentang sosok Diana Prince. Namun mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika Diana memiliki beberapa kekuatan luar biasa dalam dirinya

Inilah salah satu alasan mengapa kemudian Diana memiliki banyak sekali kemampuan dahsyat, yang membuatnya jadi salah satu karakter terkuat di universe DC. Meskipun begitu, ternyata dari sekian banyak kekuatan yang dimiliki Wonder Woman ada beberapa yang dianggap aneh dan tidak biasa. Ini yang mungkin jadi alasan para komikus kemudian mulai meninggalkan kekuatan tersebut secara perlahan. Lalu, apa saja kekuatan aneh milik Wonder Woman?

Astral Projection

Percaya atau tidak di awal kemunculannya, sosok Wonder Woman memiliki kemampuan metafisika seperti mampu untuk memindahkan alam bawah sadarnya ke realita lain atau ke tempat lain. Diana akan menggunakan kekuatan untuk untuk pergi ke tempat-tempat tertentu, misalnya Olympus, atau bahkan neraka. Meskipun kemampuannya sudah mulai jarang digunakan lagi, namun pasca Crisis kekuatan ini sempat beberapa kali muncul.

Sebenarnya, pada awalnya, kekuatan seperti Astral Projection ini sengaja diberikan kepada Diana untuk membedakan kemampuannya dengan sosok Superman. Karena, seperti yang kita tahu, baik Superman atau pun Wonder Woman sama-sama memiliki kekuatan atau kemampuan seperti terbang, tahan terhadap serangan apa pun, atau memiliki kekuatan super. Meskipun cukup efektif untuk menghadapi kejahatan, sayangnya ada juga efek negatif yang harus dia hadapi seperti tubuhnya yang masih bisa terluka tergantung di alam mana dia berada.

Forceful Change

Salah satu kekuatan aneh yang pernah Wonder Woman perlihatkan di cerita DC Comics adalah bagaimana dia memaksa seseorang – dalam hal ini adalah para villain – untuk berubah menjadi sosok yang baik. Yang lebih anehnya adalah saat hal ini terjadi, Diana akan mengikat targetnya, mirip seperti Lasso of Truth namun berbeda tujuan.

Ide ini muncul dari seorang psikolog bernama William Moulton Marston. Marston meyakini jika kebanyakan kejahatan yang terjadi dilakukan oleh pria. Karena itulah, dia percaya jika wanita kemudian berhasil berkuasa maka dunia akan lebih baik. Inilah alasan kemudian Wonder Woman memiliki kekuatan aneh tersebut.

Manipulasi Kegelapan

Bagaimana jika Diana memiliki kemampuan untuk bisa mengendalikan kegelapan? Inilah yang ternyata kepada Wonder Woman di tahun 2013 ketika dia berhasil mengalahkan Ares sang Dewa Perang. Untuk menghentikan karakter lain menyerap kekuatan dahsyat dari Aresdan jadi sosok Dewa Perang yang baru, Diana memutuskan untuk menghabisi Ares. Dan dia pun menjadi sosok Dewa Perang yang baru tersebut.

Namun, tanpa Diana sadari justru hal tersebut membuatnya memiliki kekuatan aneh seperti memanipulasi kegelapan. Diana diperlihatkan memiliki kemampuan yang digunakan oleh Ares sebelumnya, seperti membangkitkan pasukan kegelapan dan juga tentunya pengendalian dan manipulasi kegelapan. Rasanya memang aneh jika kemudian Wonder Woman memiliki kemampuan yang berdasarkan kegelapan.

Kekuatan Sihir

Selain memanipulasi kegelapan, kekuatan Wonder Woman yang aneh lainnya adalah kekuatan sihir. Banyak dari Geeks mungkin mengerenyutkan dahi melihat hal ini dan penasaran terkait dengan poinnya. Wonder Woman memang pernah beberapa kali diperlihatkan bertarung bersama para karakter yang memang kekuatannya berfokus pada kekuatan sihir, seperti John Constantine dan Zatanna.

Meskipun Diana berasal dari wilayah yang dipenuhi oleh kekuatan sihir, yaitu pulau Amazon, tetapi baru ketika dia bekerja sama dengan para Dark Justice League Diana mengetahui jika ada banyak sekali energi sihir dalam tubuhnya. Saat Dark Justice League berhadapan dengan Upside-Down Man, Diana menggunakan sebuah kekuatan yang tidak dia ketahui sebelumnya. Dan kekuatan tersebut benar-benar dahsyat. Meskipun begitu, sangat jarang DC Comics memperlihatkan Diana dengan kekuatan sihir, yang mana ini jadi salah satu kekuatan aneh dari Wonder Woman.

Berbicara Dengan Hewan

Sejak pertama kemunculannya di DC Comics pada 80 tahun yang lalu, sebenarnya Diana pernah beberapa kali memperlihatkan kemampuannya untuk berbicara dengan hewan. Mulai dari beruang kutub bahkan dinosaurus.

Bahkan, yang lebih epik dan aneh lagi, selayaknya putri di cerita Disney, Diana juga memiliki kemampuan untuk bisa mengendalikan para hewan tersebut. Meskipun di satu sisi kemampuan Wonder Woman ini bisa dibilang aneh, namun di sisi lain ini juga bisa jadi salah satu kekuatan yang mengerikan.

Itu dia berbagai kekuatan yang dianggap aneh dari Wonder Woman. Sebagai karakter pahlawan wanita terkuat, jelas Diana memiliki banyak kemampuan dan kekuatan dahsyat untuk menghadapi berbagai villain atau ancaman lain. Namun, tampaknya DC Comics lebih baik meninggalkan berbagai kekuatan tersebut dan lebih banyak menampilkan Wonder Woman dengan kekuatan yang saat ini kita kenal.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/