Seperti yang kita tahu, film Guardians of the Galaxy Vol. 3 akhirnya akan memperkenalkan Adam Warlock di Marvel Cinematic Universe. Karakter yang namanya pertama kali disinggung di ending GOTG 2 ini sudah dipastikan akan diperankan oleh aktor Will Poulter. Meskipun penampilan komik dan MCU-nya kurang lebih sama, tetapi ada satu hal yang membuat penggemar penasaran, yaitu permata yang ada di dahi Adam Warlock versi MCU. Mengingat di komiknya permata tersebut adalah Soul Stone, sedangkan semua Infinity Stones di MCU telah hancur, lantas apa yang sekarang ada di dahi Adam Warlock?

Hubungan Adam Warlock dan Soul Stone

Sebelum membahas teori tentang pengganti permata di dahinya, mari kita mundur sedikit untuk mengingat seperti apa sejarah antara Adam Warlock dan Soul Stone di Marvel Comics. Pertama kali muncul di komik Fantastic Four #66–67 (1967), awalnya Adam diperkenalkan sebagai karakter bernama Him. Para ilmuwan yang menciptakannya merasa bahwa Him adalah makhluk paling sempurna di alam semesta, sebelum akhirnya dia berbalik melawan dan membunuh para ilmuwan tersebut. Setelah kejadian tersebut, pada salah satu petualangan awalnya dia justru bertemu dengan High Evolutionary.

Pada titik inilah Evolutionary mengganti nama Him menjadi Adam Warlock, sekaligus menyematkan Soul Stone di dahinya. Sajak saat itulah Adam diutus oleh Evolutionary untuk melindungi planet ciptaannya yang disebut Counter-Earth, di mana dia harus berhadapan dengan villain bernama Man-Beast. Statusnya sebagai superhero Counter-Earth ini bertahan selama kurang lebih dua dekade, sebelum akhirnya Marvel membawa Adam keluar dari planet tersebut, menuju kisah yang lebih besar yaitu Infinity Gauntlet (1991).

Di kisah yang memperkenalkan sang Mad Titan ini, permata jiwa alias Soul Stone di dahi Adam Warlock mulai diceritakan sebagai salah satu Infinity Stone yang dibutuhkan Thanos untuk menghapus setengah kehidupan di alam semesta. Sepanjang peristiwa bersejarah tersebut, Adam sering digambarkan sebagai salah satu superhero yang bisa menandingi kekuatan Thanos. Singkat cerita setelah Infinity Gauntlet berakhir, Adam bersama karakter kosmik lainnya bahkan diceritakan menjadi pelindung Infinity Stone. Berdasarkan sejarah panjangnya ini cukup jelas bahwa Adam dan Soul Stone sangat tidak terpisahkan.

Kehebatan Soul Stone di Dahi Adam

Sebenarnya meskipun tidak dibekali dengan Soul Stone, sejak awal Adam Warlock adalah karakter kosmik yang kekuatannya luar biasa. Namun faktanya dengan permata pemberian Evolutionary tersebut, Adam Warlock justru menjadi jauh lebih hebat jika dibandingkan tidak menggunakannya. Dengan Soul Stone, kekuatan kosmik Adam meningkat sampai berkali-kali lipat, apalagi kemampuan jiwanya. Soul Stone memungkinkan Adam untuk memanipulasi materi dan juga memanipulasi energi, sehingga dia bisa menembakan proyektil energi, menciptakan perisai energi, menyerap energi, dan sebagainya.

Selain itu, Soul Stone juga telah membuat Adam Warlock mampu mengerti semua bahasa melalui jiwa-jiwa orang yang berbicara kepadanya, menyerap jiwa orang lain ke dalam permata di dahinya, mengeluarkan jiwanya dan memindahkannya kepada orang lain, serta membaca jiwa seseorang untuk mengetahui ingatan dan kehidupannya. Dengan Soul Stone, Adam juga mampu menembakan Karmic Blast yang terbukti mampu mementalkan para karakter kuat Marvel, sekelas Mephisto, High Evolutionary, dan Quasar. Satu-satunya karakter yang pernah diceritakan mampu menahannya hanyalah sang God of Thunder Thor.

Evolutionary Ciptakan Pengganti Soul Stone

Setelah mengetahui semua sejarah dan kekuatan Soul Stone di dahi Adam Warlock, sekarang yang jadi permasalahan adalah bagaimana cara Marvel menghadirkan hal tersebut di film Guardians of the Galaxy Vol. 3 mendatang. Mengingat semua Infinity Stone di semesta utama MCU telah dihancurkan oleh Thanos di film Infinity Wars, kemungkinan besar permata Adam Warlock di GOTG 3 bukanlah Soul Stone, melainkan permata pengganti ciptaan High Evolutionary. Karena seperti yang kiita tahu, karakter Evolutionary yang diperankan oleh Chukwudi Iwuji adalah villain utama di GOTG 3 nanti.

Pada suatu titik di filmnya nanti mungkin Adam Warlock akan bertemu dengan Evolutionary secara tidak sengaja. Alih-alih memberinya Soul Stone seperti di komik, mungkin sebagai villain yang terobsesi pada evolusi, Evolutionary akan menciptakan sebuah permata yang mendorong lebih jauh tahap evolusi Adam. Hal tersebut akan membuatnya jauh lebih kuat dari yang pernah dibayangkan sebelumnya. Di sisi lain Evolutionary juga sengaja melakukan hal tersebut agar dia bisa mengendalikan Adam sebagai anteknya. Di mana hal ini tentunya akan jadi ancaman yang serius bagi para anggota Guardians of the Galaxy.

Itulah pembahasan tentang sejarah Adam Warlock dan Soul Stone, serta teori tentang bagaimana permata penggantinya dihadirkan di MCU. Jika teorinya benar, meskipun tidak sekuat saat dia menggunakan Soul Stone, permata baru di dahinya ini mungkin dapat membuat Adam Warlock bisa mengimbangi kekuatan seluruh anggota Guardians sekaligus. Kita lihat saja nanti seperti apa kebenarannya, yang jelas Adam Warlock memang akan hadir dengan sebuah permata di dahinya. Film Guardians of the Galaxy Vol. 3 sendiri dijadwalkan untuk tayang pada tanggal 5 Mei 2023 nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.