Beberapa hari yang lalu Marvel Studios baru saja merilis trailer kedua Ant-Man and the Wasp: QuantumaniaPada sejumlah cuplikannya kita bisa melihat secara sekilas lokasi yang nantinya akan menjadi medan pertempuran bagi Ant-Man (Paul Rudd) dan Kang the Conqueror (Jonathan Majors). Beberapa di antaranya ternyata telah menarik perhatian penggemar bermata elang yang pada akhirnya menyimpulkan bahwa film Ant-Man 3 ini akan mempunyai koneksi dengan banyak hal di MCU, tanpa terkecuali Scarlet Witch.

Berdasarkan apa yang terlihat di trailer baru kemarin, cukup jelas bahwa Kang the Conqueror akan jadi antagonis utama di film Ant-Man 3. Selain itu, dia juga tampaknya tidak akan sendirian dalam melawan keluarga Ant-Man, karena salah satu cuplikannya secara tidak langsung telah mengonfirmasi kemunculan villain lain, yaitu MODOK. Terlepas dari ancaman besar tersebut, pada salah satu cuplikannya kita bisa melihat sebuah lokasi dengan cincin logam besar yang berputar. Jika diperhatikan secara saksama, ternyata ada pola misterius yang terukir pada logam tersebut.

Dilansir dari The Direct, pola ukiran melingkar tersebut ternyata mempunyai kemiripan dengan pola yang ada pada kapal Domo di film Eternals (2021). Selain itu pola yang sama juga bisa kita temukan di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022), tepatnya pada ukiran yang berada di Pegunungan Wundagore, lokasi yang memang ditakdirkan untuk Scarlet Witch. Berbagai petunjuk ini seakan-akan ingin memperlihatkan koneksi antara film Ant-Man 3 dengan kisah MCU lain yang melibatkan Scarlet Witch dan para Eternals.

Advertisements

Yang lebih menariknya lagi, pola ukiran melingkar dan bentuk cincin logam ini sebenarnya mempunyai kemiripan juga dengan sejumlah elemen lain di MCU. Pola melingkar yang pertama bisa kita lihat menjelang ending serial Loki (2021), tepatnya saat varian Kang yang bernama He Who Remains menjelaskan tentang para varian Kang dan multiverse. Hal yang sama juga terlihat jelas di sepuluh cincin Shang-Chi yang disebut Ten Rings. Dan yang terbaru, pola melingkar dan ukiran minsterius tersebut juga bisa kita lihat di gelang Ms. Marvel.

Berdasarkan semua pentunjuk ini sepertinya Marvel Studios pelan-pelan mulai mengisyaratkan bahwa semua yang telah terjadi di Fase 4 MCU ada hubungannya dengan Kang the Conqueror. Khususnya kisah Scarlet Witch, Eternals, Shang-Chi, dan Ms. Marvel, yang bukan tidak mungkin akan disinggung di film Ant-Man 3 nanti. Apa sebenarnya arti dari pola melingkar dan cincin logam yang menjadi tren di MCU ini? Hanya waktu yang bisa menjawabnya. Jika beruntung, semuanya akan segera terungkap di film Ant-Man and the Wasp yang akan tayang pada tanggal 17 Februari besok. Kita nantikan saja ya, Geeks.