Ada cukup banyak aktor dan aktris Hollywood yang sukses untuk memerankan lebih dari satu karakter atau double peran dalam sebuah film. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri dan menjadi salah satu pencapaian besar yang dimiliki oleh sang bintang. Karena, jelas sangat tidak mudah untuk memerankan lebih dari satu karakter apalagi dalam satu film yang sama.

Berperan menjadi sebuah karakter memang sudah menjadi tugas utama bagi seorang aktor atau aktris dalam sebuah film. Mereka adalah bintang dalam film tersebut yang menghidupkan sebuah karakter yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Namun, terkadang para bintang tersebut diharuskan untuk memerankan lebih dari satu karakter. Tentunya hal tersebut menjadi sesuatu yang menarik yang dilakukan oleh sang bintang. Berikut adalah aktor yang pernah mendapatkan double peran di satu film.

Tom Hardy

Bintang film Venom ini sukses memerankan dua karakter kakak beradik, Kray Bersaudara, dalam sebuah film bergenre thriller kriminal, Legend, yang rilis pada 2015 lalu. Filmnya sendiri diadaptasi dari kisah nyata Kray Bersaudara yang pernah menyebarkan teror di London pada akhir era 1950an dan di sepanjang 1960an. Mereka adalah kembar identik, yang sering menggunakan pakaian serta memiliki sifat yang serupa.

Reggie Kray adalah sosok yang lebih dominan dari sosok Ronnie, yang memiliki perilaku yang cukup unik dari kembarannya. Bagaimana transformasi Hardy di filmnya ini benar-benar sangat luar biasa. Para penonton akan sulit untuk membedakan Kray dan Ronnie. Yang epik bahkan terdapat adegan di mana kedua saudara ini saling bertarung satu sama lain.

Lindsay Lohan

Nama Lindsay Lohan mungkin sudah mulai jarang terdengar lagi saat ini. Namun, sebelumnya, Lindsay adalah salah satu aktor yang sangat luar biasa di mana dia pernah melakukan double peran sekaligus. Lindsay memerankan sosok kembar bernama Annie dan Hallie dalam film The Parent Trap yang rilis pada 1998 lalu. Film ini sebenarnya merupakan remake dari judul yang sama yang sempat dirilis pada 1961.

Filmnya berkisah tentang Hayley Mills dan Annie Mills, sepasang kembar identik yang harus terpisah akibat kedua orang tua mereka bercerai. Namun, saat mereka tidak sengaja bertemu di sebuah perkemahan musim panas, kedua saudara ini sepakat untuk menyatukan mereka kembali. Film ini terbukti sukses di pasaran dan berhasil melambungkan nama dari Lindsay Lohan.

Michael J. Fox

Buat Geeks penggemar franchise Back to the Future, tentunya sudah tidak asing dengan sosok Michael J. Fox. Dia adalah aktor utama yang memerankan Marty McFly dalam petualangannya bersama ilmuwan Doc Brown yang diperankan oleh Christoper Lloyd. Namun, mungkin tidak banyak Geeks yang sadar jika Fox jadi salah satu aktor yang memerankan double peran di franchise ini.

Selain berperan sebagai Marty McFly, dia juga memerankan anak perempuan dan laki-lakinya versi masa depan. Dan hal ini pun kembali diperlihatkan di film ketiganya ketika Fox muncul sebagai keluarga koboi yang jadi nenek moyang keluarga McFly, bernama Seamus McFly. Dengan penampilannya yang apik, Fox sukses untuk memerankan semua karakter tersebut.

Mike Myers

Komedian asal Kanada, Mike Myers, adalah salah satu nama populer di kalangan pecinta film. Hal ini berkat penampilannya di berbagai serial atau acara TV seperti Saturday Night Live. Namun, penampilan Myers yang paling ikonik adalah ketika dia terlibat di franchise Austin Powers. Di film ketiga, Austin Powers in Goldmember, Myers memerankan beberapa karakter sekaligus.

Dia memerankan karakter mata-mata, musuh utamanya yaitu Dr. Evil, karakter bernama Fat Bastard, dan Goldmember. Yang sangat luar biasa adalah keempat karakter tersebut benar-benar berbeda satu sama lain. Mike Myers benar-benar sukses menghidupkan para karakter tersebut yang membuat para penonton tentunya tidak akan menyadari jika itu diperankan oleh aktor yang sama.

Eddie Murphy

Selain Mike Myers, aktor yang juga pernah dan ahli dalam double peran di sebuah film adalah Eddie Murphy. Di tahun 1988, Eddie Murphy pernah memerankan empat karakter berbeda dari berbagai bangsa sekaligus dalam film Coming to America. Kemudian, yang paling populer tentunya adalah perannya di film Nutty Professor pada 1998 di mana di film ini Eddie benar-benar sangat “gila.”

Pasalnya, selain berperan sebagai Professor Klum, dia juga berperan sebagai Buddy Love, dan seluruh keluarga Klum. Total ada sekitar tujuh peran yang Eddie mainkan sekaligus di film tersebut. Adegan yang paling fenomenal atau epik adalah ketika mereka semua makan malam bersama di meja makan. Eddie sempat mendapatkan double peran untuk film lain seperti Bowfinger dan Norbit.

Martin Lawrence

Nama Martin Lawrence mungkin lebih dikenal sebagai aktor yang memerankan karakter Marcus di film Bad Boys, bersama Will Smith. Namun, selain juga sukses di film tersebut, Martin pernah juga sukses di film lain seperti Big Momma’s House. Dalam film ini, dia harus melakukan double peran yang sebenarnya merupakan bagian dari penyamaran yang dia lakukan.

Lawrence sendiri berperan sebagai seorang agen FBI bernama Malcolm Turner yang menyamar sebagai seorang nenek bernama Big Momma. Tujuannya adalah demi menangkap kriminal yang jadi targetnya. Selain di film tersebut, Lawrence juga berperan double di film Martin. Selain memerankan dirinya sendiri, Lawrence berperan sebagai Mama Payne, Sheneneh, Jerome, Otis, Bob, Roscoe dan masih banyak lainnya.

Shawn dan Marlon Wayans

Selain Martin Lawrence, dua komedian kakak-beradik, Shawn dan Marlon Wayans, juga pernah melakukan double peran dengan alur cerita yang sama. Dalam film White Chicks, Wayans bersaudara berperan sebagai agen FBI yang kemudian harus menyamar demi melindungi targetnya yang merupakan seorang sosialita. Yang epik adalah Marlon dan Shawn harus memerankan karakter wanita berkulit putih. Mereka juga diperlihatkan bergaul dan bersosialisasi dengan teman dari target yang mereka lindungi.

Ben Mendehlson

Ben Mendehlson adalah salah satu aktor yang cukup populer. Terbukti, ada puluhan acara tv dan film yang pernah dia bintangi di mana salah satunya adalah Captain Marvel. Film besutan Marvel Studios ini menceritakan tentang asal-usul dari Carol Danvers alias Captain Marvel. Film ini juga memperkenalkan sosok karakter lain bernama Talos, yang merupakan pemimpin dari alien Kree yang ada di bumi.

Kree sendiri dikenal sebagai bangsa yang memiliki kemampuan shapeshifting atau berubah wujud menjadi orang lain. Talos sendiri menyamar menjadi salah satu petinggi di S.H.I.E.L.D. yaitu Keller. Kedua karakter ini sama-sama diperankan oleh Ben Mendehlson. Meskipun sebagian fans menganggap jika ini masih satu karakter, namun ini adalah dua sosok yang berbeda.

Doug Jones

Nama Doug Jones mungkin kurang begitu terkenal luas mengingat di kalangan pecinta film. Padahal, dia sudah membintangi banyak judul film yang cukup epik seperti film Hellboy dan Hellboy II: The Golden Army. Namun, di film sekuelnya Doug harus memerankan tiga karakter sekaligus. Selain memerankan Abe Sapien, rekan dari Hellboy, dia juga memerankan Angel of Death serta Chamberlain.

Selain penampilan Ron Pearlman yang memainkan karakter Hellboy, double peran dari Doug Jones juga banyak diapresiasi oleh para penonton. Mungkin, pada awalnya, tidak banyak yang tahu jika yang memerankan ketiga karakter tersebut adalah satu aktor yang sama. Artinya, Doug berhasil menghidupkan ketiga perannya.

Jonathan Hyde

Jumanji adalah salah satu film fenomenal yang muncul di era 1990an. Kepopuleran filmnya bahkan bertahan sampai era modern sekarang. Bahkan, bukti kepopuleran Jumanji adalah bagaimana Columbia Pictures membuat versi reboot dari filmnya yaitu Jumanji: Welcome to The Jungle dan The Next Level. Namun, Jumanji versi klasik tetap dianggap sebagai versi yang terbaik.

Yang menarik adalah di film Jumanji versi tahun 1995 terdapat dua karakter yang diperankan oleh satu aktor yang sama, yaitu Jonathan Hyde. Jonathan memerankan karakter Sam Parrish, ayah dari Alan Parrish. Selain itu, dia juga memerankan pemburu paling ditakuti yaitu Van Pelt. Van Pelt merupakan salah satu ancaman yang harus dihadapi oleh Alan dan yang lain.

Jeremy Bulloch

Nama Jeremy Bulloch mungkin sangat familiar di kalangan pecinta Star Wars. Pasalnya, Jeremy adalah aktor pemeran pemburu paling populer di seluruh galaksi yaitu Boba Fett. Juga dia merupakan aktor pemeran dari Leutenant Sheckil. Sheckil merupakan pasukan Galactic Empire yang terlibat dalam pertempuran Galactic Civil War dalam film Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back. Penampilan Jeremy di salah satu film tersukses di franchise Star Wars ini banyak dipuji para penggemar. Dan kematiannya pada 2020 lalu sangat mengguncang para fans Star Wars. BERSAMBUNG KE HALAMAN 2.

Ryan Reynold

Ryan Reynold merupakan salah satu aktor yang sedang populer saat ini, berkat penampilannya sebagai Wade Wilson di film Deadpool. Ryan sukses menghadirkan karakternya dalam versi live-action. Yang menarik adalah di film sekuelnya, Deadpool 2, para fans dikejutan oleh double peran yang dilakukan oleh Ryan di filmnya. Selain berperan sebagai Wade dan Deadpool, Ryan juga memerankan sosok villain.

Dia berperan sebagai Juggernaut, yang dalam filmnya coba untuk membantu Rusty menghancurkan Xavier School. Fakta ini terungkap beberapa waktu setelah filmnya resmi dirilis. Dan tidak pelak hal tersebut membuat para fans terkejut. Ryan bukan hanya sekedar mengisi suaranya saja, namun juga benar-benar memerankan karakternya.

Warrick Davis

Geeks tentu kenal dengan beberapa karakter Goblin dalam franchise Harry Potter. Misalnya penjaga bank Gringott yang muncul di film pertama Harry Potter dan juga Griphook. Atau mungkin professor Flitwick yang merupakan salah satu guru di sekolah sihir Hogwarts. Ternyata ketiga karakter tersebut diperankan oleh satu aktor yang sama yaitu Warrick Davis.

Nama Warrick Davis mungkin kurang begitu dikenal oleh para pecinta film di era modern sekarang. Pasalnya, Warrick terkenal karena perannya di film Willow dan berperan sebagai Willow Ufgood dan tayang pada 1988. Namun, versi remakenya sendiri sudah tayang dalam versi TV series sejak 2022 kemarin yang kembali diperankan oleh Warrick Davis.

Tom Hanks

Salah satu aktor senior di jagat perfilman ini tentunya sudah tidak perlu lagi diragukan kualitas aktingnya. Banyak judul-judul film yang sukses besar setelah dibintangi oleh Tom Hanks. Misalnya Toy Story, Forrest Gump, Castaway, dan sebagainya. Namun, ada beberapa film yang memperlihatkan kualitas Hanks ketika harus memerankan double peran. Misalnya di film Cloud Atlas. Dalam film tersebut, Tom Hanks bahkan berperan sebagai beberapa karakter berbeda. Dia berperan sebagai Dermot Hoggins, Isaac Sachs, Henry Goose, Zachary, dan dua karakter lain.

Robin Williams

Sebelum Robin Williams memutuskan untuk mengakhiri hidupnya, dia adalah sosok aktor yang dikenal sangat luar biasa. Misalnya bagaimana dia berperan sebagai jin di film animasi Aladdin atau sebagai Allan Parrish versi dewasa di film Jumanji versi 1995. Mungkin banyak yang tidak tahu jika Robin pernah melakukan double peran dalam sebuah film bernama Mrs. Doubtfire.

Dia berperan sebagai Danniel Hillard dan juga Mrs. Doubtfire. Filmnya sendiri berkisah tentang cerita Danniel Hillard yang harus menjaga anaknya setelah dia bercerai dengan sang istri. Sang mantan istri kemudian memutuskan untuk menyewa jasa Mrs. Doubtfire untuk membantu meringankan tugas dari mantan suaminya. Mrs. Doubtfire sendiri adalah seorang nenek yang juga seorang pengasuh anak-anak yang terkenal galak.

Amanda Bynes

Seperti halnya Lindsay Lohan, nama Amanda Bynes sempat melejit dalam berbagai film sebelum kemudian karirnya sempat berantakan. Amanda merupakan salah satu aktor dalam film She’s The Man bersama Adam Sandler. Dia berperan sebagai Viola Johnson, seorang murid sekolah menengah yang marah karena tim sepak bola wanitanya harus ditutup. Viola sendiri dianggap kurang kompeten untuk bisa bersaing dengan tim sepak bola pria. Inilah alasan kemudian Viola berdandan dan berperilaku seperti saudara kembarnya untuk bisa diterima di tim sepak bola pria dan juga membuktikan jika anggapan itu salah.

Nicholas Cage

Nic berperan sebagai dua karakter dalam film berjudul Adaptation yang dirilis pada 2002 silam. Yang pertama dia berperan sebagai Charlie Kaufman seorang penulis yang frustasi dan juga stress akibat yang harus mengalami berbagai fase emosi dalam filmnya. Kemudian, yang kedua Nic juga berperan sebagai saudara kembar Charlie yaitu Donald. Berbeda dengan Charlie, Donald merupakan sosok yang penuh dengan ambisi. Film ini sendiri merupakan drama komedi yang diadaptasi dari buku The Orchid Thief karya Susan Orlean.

Lupita Nyong’O

Konsep film horor Us yang tayang pada 2019, bergantung kepada berbagai peran yang dimainkan oleh para aktor didalamnya. Terdapat bayangan atau kembaran dari setiap masing-masing karakter dalam ceritanya. Lupita sendiri memerankan dua peran sekaligus, yaitu Red dan Adelaide. Ketika sebagian besar aktor dan “kembarannya” tidak memiliki dialog masing-masing, justru kedua karakter yang diperankan oleh Lupita memiliki dialog tersendiri. Kesamaan karakter yang juga tingkah lakunya membuat karakter yang diperankan Lupita ini sulit untuk dilupakan.

Christian Bale

The Prestige menghadirkan para penonton obsesi dari karakter dalam cerita filmnya dengan ilusi dan juga upaya mereka untuk meraihnya. Christian Bale dan Hugh Jackman sama-sama jadi bintang utama di filmnya. Namun, Bale memiliki double peran yang harus dia jalankan dan cukup membuat banyak penonton bingung. Bale sendiri berperan sebagai saudara kembar, Alfred dan Frederick Borden.

Kita diajak melihat bagaimana Angier, yang diperankan oleh Hugh Jackman, yang begitu terobsesi dengan salah satu trik sulap yang sangat sulit untuk dia dapatkan dari partnernya, Alfred. Padahal, sebenarnya, trik sulap yang selama ini dia perlihatkan merupakan hasil “kombinasi” dari dua karakter yaitu Alfred dan Frederick. Tidak ada yang tahu tentang hal tersebut.

Cate Blanchett

Maifesto jadi film yang berhasil memperlihatkan sisi lain Cate Blanchett, di mana dia harus memerankan 13 karakter sekaligus. Dan masing-masing karakter tersebut memiliki maifesto atau tujuan. Filmnya sendiri dimasukan dalam kategori experimental drama, dan menghadirkan banyak gaya visual. Beberapa karakter yang diperankan oleh Cate Blanchett dalam film ini adalah seorang pembawa acara, guru sekolah, tunawisma, pekerja pabrik, dan bahkan seorang pemain boneka.

Alec Guiness

Film klasik Kind Hearts and Coronets menjadi bukti alur cerita simpel dalam sebuah film bisa dieksekusi secara menarik. Ceritanya sendiri berfokus pada karakter Louis dan upayanya untuk membalas dendam kematian dari sang ibu. Ibunya tewas akibat dicekik oleh keluarganya sendiri dan bahkan kematiannya pun dianggap sebagai aib bagi keluarganya.

Louis sendiri berusaha untuk menghabisi nyawa setiap anggota keluarga yang pernah menyakitinya atau hanya memanfaatkan kekayaan keluarganya. Delapan anggota keluarga dengan berbagai jenis kelamin dan usia ini semuanya diperankan oleh aktor Alec Guiness.

James McAvoy

Daru semua daftar aktor yang peran melakukan double peran, nama James McAvoy rasanya pantas untuk dinobatkan sebagai ahlinya. Bukan tanpa alasan memang, hal ini karena McAvoy berhasil memerankan 23 karakter sekaligus di dua film berbeda yaitu Split dan Glass. Dalam ceritanya, karakter McAvoy di film tersebut didiagnosa mengalami gangguan kepribadian.

Dia tidak hanya memiliki dua kepribadian berbeda melainkan 23 kepribadian. Beberapa kepribadian yang muncul dalam filmnya adalah Hedwig, Barry, Dennis, Patricia, Jade, Orwell, dan Kevin. Yang luar biasanya adalah dalam filmnya kita melihat bagaimana kepribadian tersebut bisa dengan mudah dan otomatis berpindah dari yang satu ke yang lainnya.

Melakukan double peran dalam sebuah film tentunya menjadi sesuatu yang luar biasa bagi seorang aktor. Butuh upaya ekstra untuk bisa memerankan lebih dari satu karakter dalam satu film yang sama. Meskipun sulit, para aktor di atas terbukti mampu untuk melakukannya yang mana tentunya hal tersebut jadi sebuah pencapaian yang luar biasa.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.