Film tentang multiverse memang tengah naik daun belakangan ini. Tema multiverse mungkin selalu dikaitkan dengan genre superhero. Bagaimana tidak? Film-film Marvel dan DC saat ini berlomba-lomba untuk membuat cerita tentang multiverse. Tetapi sebenarnya ada banyak film diluar sana yang juga menceritakan tentang multiverse, meskipun biasanya ceritanya berujung berbelit dan sulit dimengerti. Lantas apa saja film tentang multiverse selain dari Marvel dan DC? Simak berikut ini Geeks!

Everything Everywhere All At Once

Inilah film paling baru yang ada dalam daftar ini. Everything Everywhere All At Once menceritakan tentang seorang wanita bernama Evelyn Wang, yang secara tiba-tiba bertemu dengan suaminya dari semesta lain. Nah menariknya, suaminya tersebut meminta pertolongan Wang untuk melawan ancaman multiverse. Ternyata Wang bisa mengakses memori dan semua kemampuan dari varian dirinya yang hidup di semesta lain. Dengan kemampuan tersebut, Evelyn menjadi pahlawan super yang mampu melakukan apapun. Film ini dianggap sebagai salah satu film terbaik yang rilis di tahun 2022, berkat tangan dingin dari sang sutradara, Dan Kawn dan Daniel Scheinert.

Happy Death Day 2U

Advertisements

Film ini menjadi sekuel dari film pertamanya berjudul Happy Death Day. Jika dalam film pertama sang karakter utama akan terus dikirim kembali ke titik tertentu dalam hidupnya untuk menghadapi pembunuh berantai, lain ceritanya dengan film kedua. Dalam film kedua, kita akan diceritakan tentang Tree Gelbman, yang tiba-tiba terbangun dalam semesta alternatif. Dalam semesta tersebut, Gelbman harus beberapa kali mati untuk menemukan pembunuh dan terjebak dalam lingkaran waktu. Film ini disutradarai oleh Christopher Landon, yang sebelumnya sukses menggarap beberapa film horror seperti Disturbia dan Paranormal Activity. Aktris Jessica Rothe pun kembali memerankan karakter Tree Gelbman.

Parallel

Parallel adalah sebuah film yang rilis tahun 2018, dan membintangi beberapa aktor beken seperti Georgina King, Cassidy Alexa dan Martin Wallstrom. Filmnya sendiri mengisahkan tentang sekelompok anak muda yang menemukan sebuah cermin yang dapat membawa mereka menuju ke semesta lain. Sadar bahwa cermin tersebut akan membawa banyak keuntungan, mereka pun menggunakan cermin tersebut untuk memindahkan berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi ke semesta utama mereka, untuk memperbaiki kehidupan. Namun pada akhirnya apa yang mereka lakukan justru menimbulkan malapetaka yang besar.

Coraline

Coraline adalah film yang diadaptasi dari novel berjudul sama yang dibuat oleh Neil Gaiman. Film ini dibintangi Dakota Fanning, Teri Hatcher, John Hodgman, hingga Keith David, dan berhasil masuk nominasi penghargaan bergengsi seperti Academy Award dan Golden Globe Award. Filmnya menceritakan tentang peristiwa aneh yang terjadi saat masa pubertas Coraline. Ketika itu, dia mulai merasa bosan dengan orang tuanya dan keluarganya. Dan suatu ketika, dia menemukan sebuah pintu ajaib di rumah baru mereka. Pintu itulah yang mengarahkannya ke portal semesta alternatif atau dunia paralel yang menampilkan versi keluarganya yang lebih asik dan berbeda.

Advertisements

Looper

Bertabur bintang, mungkin itu adalah kalimat yang bisa menggambarkan film ini. Bagaimana tidak? Film ini membintangi beberapa aktor beken Hollywood seperti Bruce Willis, Joseph Gordon-Levitt, Emily Blunt, Paul Dano, dan masih banyak lagi. Film garapan sutradara Rian Johnson ini mengisahkan tentang sindikat organisasi terlarang yang menggunakan jasa pembunuh bayaran dan teknologi lintas waktu untuk membunuh seseorang dari masa depan. Para pembunuh bayaran itulah yang disebut dengan Looper. Cerita yang dihadirkan memang sangat unik. Tak hanya tentang multiverse, film ini juga menyimpan pesan mendalam tentang sebuah pengorbanan di masa lalu.

Another Earth

Another Earth adalah film garapan sutradara Mike Cahill dan membintangi beberapa nama beken seperti Brit Marling, William Mapother, dan Matthew-Lee Erlbach. Filmnya menceritakan seorang calon mahasiswa MIT bernama Rhoda yang menghancurkan hidupnya dan seorang pria ketika mereka secara tidak sengaja mengalami kecelakaan mobil. Setelah kejadian tersebut, Rhoda sangat menyesali apa yang terjadi, dan itulah sebabnya dia mendaftarkan diri dalam program perjalanan luar angkasa yang konon akan membawanya ke Bumi atau semesta lain, di mana dalam semesta tersebut dia tidak pernah terlibat kecelakaan mobil. Namun masalah menjadi pelik ketika Rhoda jatuh cinta dengan pria yang telah ditabraknya tersebut.

Star Trek

Salah satu franchise yang mengalami reboot besar-besaran adalah Star Trek. Tetapi, J.J. Abrams melakukan reboot dengan cara yang apik, di mana dia tidak menodai cerita asli Star Trek yang ikonik, dengan cara membuat Star Trek versinya berada di semesta alternatif. Dengan begitu, J.J. Abrams bisa menghadirkan cerita baru yang sesuai dengan imajinasinya. Film Star Trek (2009) menjadi bukti keberhasilannya, di mana film tersebut masih memasukkan karakter dan elemen dari alam semesta Star Trek yang asli. Contohnya adalah saat Spock tua bertemu dengan versi mudanya setelah dia melakukan perjalanan menuju semesta berbeda.

Coherence

Coherence adalah film drama psychological thriller yang digarap oleh James Ward Byrikut. Filmnya juga membintangi beberapa aktor seperti Emily Baldoni, Maury Sterling dan Nicholas Brendon. Jika melihat trailer filmnya, mungkin kalian akan menganggap bahwa Coherence merupakan film reuni biasa. Tetapi sebenarnya film ini jauh lebih kompleks. Diceritakan bahwa sebuah komet yang jatuh membelah realitas menjadi dua. Dan ketika itu terjadi, para karakter bertemu dengan diri mereka sendiri yang berasal dari semesta lain. Menariknya, mereka berusaha untuk saling membunuh agar bisa bertahan hidup.

Source Code

Sama seperti Coherence, mungkin Source Code terlihat seperti film yang sederhana. Tetapi dibalik itu, filmnya cukup kompleks karena menghadirkan sebuah mesin bernama Code Machine yang dapat menjalankan simulasi ingatan dari orang yang telah mati. Sang pencipta mesin tersebut kemudian menggunakan alatnya untuk melacak identitas seorang pembom, sebelum terjadi serangan berikutnya. Nah disitulah karakter bernama Colver Stevens muncul. Dia adalah seorang tentara yang otaknya diawetkan karena dia satu-satunya kandidat yang layak untuk “digunakan” dalam Code Machine. Di akhir film, Stevens berhasil terus hidup dalam ingatan yang direkonstruksi oleh Code Machine, dan mesin tersebut benar-benar menciptakan semesta alternatif.

The One

The One memang menjadi sebuah film aksi yang sederhana. Tetapi filmnya juga turut menyertakan multiverse dan perjalanan antardimensi. Filmnya dimulai dengan varian jahat dari karakter yang diperankan Jet Li. Karakternya sangat jahat dan ambisius. Dia berencana membunuh semua varian dirinya sendiri yang hidup di semesta lain. Tujuannya hanya satu yaitu menjadi The One, makhluk dengan kekuatan seperti dewa yang dapat dia dapatkan dengan menghapus semua variannya yang lain. Film ini dibintangi oleh Jet Li, Jason Statham, Carla Gugino dan Delroy Lindo, sementara filmnya disutradarai oleh James Wong.

Itulah dia Geeks beberapa film yang menceritakan tentang multiverse. Memang saat ini, multiverse tengah naik daun berkat Marvel Studios dan DC Studios yang bersiap untuk menghadirkan berbagai film bertema multiverse. Menurut Geeks, mana film tentang multiverse di atas yang menjadi favorit?

https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/