Saat ini mungkin tidak sedikit penggemar yang mengukur potensi kesuksesan sebuah film Hollywood dari budgetnya. Misalnya film baru Avatar The Way of Water (2022) yang proses produksinya telah menghabiskan anggaran sekitar 350 juta dolar, atau film lain dari sutradara James Cameron seperti Titanic (1997) yang menelan biaya hingga 200 juta dolar. Bisa dibilang hal seperti ini sudah menjadi tren di industri perfilman Hollywood, kecuali untuk 10 film minim budget yang akan kita bahas kali ini. Di mana dengan anggaran yang terbatas, berbagai film ini justru menjadi blockbuster dan terkenal di seluruh dunia!

Annabelle ($6,5 Juta)

Film minim budget yang akan kita bahas pertama adalah Annabelle (2014), yang secara ajaib berhasil menjadi salah satu film populer di Hollywood bahkan seluruh dunia. Siapa sangka ternyata film yang berhasil meraup pendapatan hampir 260 juta dolar dari seluruh dunia ini hanya menghabiskan anggaran sekitar 6,5 juta dolar. Alasannya mengapa antusiame penggemar terhadap film horor ini sangat tinggi mungkin karena kisahnya telah diperkenalkan sekilas di film sukses The Conjuring (2013). Sekarang film Annabelle pertama ini bahkan telah menelurkan satu prekuel dan satu sekuel yang juga sukses.

The Terminator ($6,4 Juta)

Penggemar film sci-fi di seluruh dunia pasti pernah mendengar slogan “i’ll be back,” yang diucapkan oleh bintang Hollywood Arnold Schwarzenegger di film pertama The Terminator (1984). Pada saat itu film yang juga disutradarai oleh James Cameron ini ternyata hanya menghabiskan anggaran 6,4 juta dolar, nilai yang terbilang kecil untuk film sebesar The Terminator. Dengan kualitas akting pemeran, adegan aksi, dan visual efek yang cukup memukau pada masanya, film yang sekarang telah mempunyai banyak sekuel ini berhasil meraup pendapatan sebesar 78 juta dolar, dua belas kali lipat dari anggarannya.

Get Out ($4,5 Juta)

Bisa dibilang saat ini Jordan Pelle adalah salah satu sutradara yang disukai oleh banyak penggemar film horor, khususnya karena tahun lalu film terbarunya yang berjudul Nope telah berhasil menjadi salah satu film tersukses tahun 2022. Namun tahukah kalian bahwa film debut Pelle yang berjudul Get Out (2017) ternyata hanya menghabiskan anggaran sekitar 4,5 juta dolar. Dengan budget yang minim, faktanya film horor psikologi Hollywood ini telah berhasil menjadi film blockbuster yang pendapatannya mencapai 255 juta dolar. Filmnya bahkan menjadi nominasi Oscar untuk Film Terbaik.

Insidious ($1,5 Juta)

Sebelum seterkenal sekarang, pada tahun 2010 silam sutradara James Wan pernah menggarap sebuah film horor mengerikan berjudul Insidious. Di filmnya ini Wan lebih banyak mengangkat kisah supernatural yang dapat membuat bulu kuduk berdiri. Hebatnya lagi, dengan budget minim sekitar 1,5 juta dolar, film ini ternyata berhasil menjadi  horor tersukses di Hollywood, di mana penghasilannya mencapai 100 juta dolar dari seluruh dunia. Kesuksesan Insidious sendiri secara tidak langsung telah membuka jalan yang sangat lebar bagi Wan untuk merilis film horor sejenis seperti The Conjuring.

Saw ($1,2 Juta)

Masih dengan film dari James Wan, Saw adalah salah satu waralaba tentang serial killer misterius yang sangat terkenal di seluruh dunia. Saat ini waralabanya bahkan telah mempunyai tujuh sekuel, dengan yang terbaru rencananya akan dirilis pada tahun ini. Jauh sebelum sepopuler sekarang, ternyata film pertama Saw (2003) hanya membutuhkan 1,2 juta dolar untuk mendapatkan penghasilan sekitar 104 juta dolar, lebih besar dari Insidious. Tidak aneh jika pada akhirnya banyak sekuel Saw bahkan mungkin film horo lain di Hollywood yang mencoba formula seperti film minim budget ini.

Rocky ($960 Ribu)

Siapa yang tidak tahu film Rocky (1976)? Film yang bercerita tentang perjuangan seorang petinju bernama Rocky Balboa ini berhasil mendongkrak popularitas aktor Sylvester Stallone di Hollywood. Di mana setelahnya dia mulai membintangi banyak film sukses lainnya yang menghabiskan anggaran jauh lebih besar dari Rocky. Anyway, untuk membuat film Rocky sendiri perusahaan produksi film United Artists hanya menggelotorkan anggaran sebesar 960 ribu dolar. Walupun begitu, dengan cerita yang ciamik yang ditulis sendiri oleh Stallone, filmnya berhasil meraup pendapatan sebesar 225 juta dolar dan memenangkan tiga penghargaan Oscar sekaligus.

Friday the 13th ($600 Ribu)

Friday the 13th merupakan salah satu waralaba horor slasher yang saat ini telah menjadi salah satu ikon pop culture paling terkenal di seluruh dunia. Semuanya berkat kengerian sosok Jason Voorhees yang terkenal dengan topeng hockey dan golok besarnya. Film pertamanya yang rilis pada tahun 1980 ternyata hanya dibuat dengan anggaran sekitar 550 ribu dolar. Namun karena banyak penggemar yang menyukai kengerian dari film minim budget ini, penghasilannya di Hollywood berhasil mencapai 59 juta dolar dan total 93 juta dolar dari seluruh dunia, sebelum akhirnya menelurkan sebelas sekuel seperti sekarang.

Halloween ($300 Ribu)

Sebelum Jason Voorhees muncul pada tahun 80-an, sebenarnya para penggemar horor sudah lebih dahulu diperkenalkan pada sosok Michael Myers. Di mana serial killer ini muncul dengan film pertama Halloween (1978) yang disutradarai oleh John Carpenter. Film yang sekarang telah mempunyai dua belas sekuel ini ternyata pada saat itu hanya menghabiskan anggaran sekitar 300 ribu dolar, setengahnya Friday the 13th. Walaupun begitu penghasilan dari film Hollywood minim budget ini mencapai 70 juta dolar. Dengan nilai ini, jika mau John Carpenter mungkin bisa kembali menggarap 230 film serupa.

Mad Max ($300 Ribu)

Jika kalian berpikir semua film minim budget di daftar ini bergenre horor, kalian mungkin belum pernah mendengar budget yang dihabiskan oleh sutradara Hollywood George Miller untuk memproduksi film sekelas Mad Max (1979). Film aksi yang sekarang sekuelnya sangat dinantikan ini hanya menghabiskan anggaran sekitar 300 ribu dolar untuk menceritakan kehidupan pasca apokaliptik di dunianya. Pada saat itu film Mad Max berhasil menarik banyak perhatian penonton, sehingga pendapatannya bisa mencapai 100 juta dolar dari seluruh dunia.

The Blair Witch Project ($60 Ribu)

The Blair Witch Project (1999) adalah film bergenre horor found footage yang berhasil menangkap setiap kengerian dan misteri di dalamnya. Ceritanya sendiri berfokus pada tiga orang mahasiswa yang melakukan pengambilan gambar dokumenter tentang mitos Blair Witch. Meskipun minim efek visual, tetapi banyak penggemar horor yang sepakat bahwa The Blair Witch Project adalah film horor found footage terbaik sepanjang masa. Anggaran yang dihabiskan untuk membuat film ini hanya sekitar 60 ribu dolar, tetapi penghasilannya berhasil mencapai nilai yang sangat fantastis, yaitu 250 juta dolar dari seluruh dunia.

Itulah 10 film minim budget yang justru sukses di Hollywood. Apa yang dilakukan semua film ini sebenarnya tidak selalu berhasil jika diterapkan pada produksi film lain. Karena selain sutradara dan jajaran pemeran, kualitas cerita yang tidak biasa dan penuh kejutan juga menjadi faktor utama mengapa semua film ini bisa sukses. Pada akhirnya semua film di daftar ini justru mematahkan mitos bahwa film sukses harus mempunyai anggaran yang besar. Faktanya dengan anggaran kurang dari 7 juta dolar, penghasilan mereka justru bisa puluhan bahkan ratusan kali lebih lipat.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.