Tentunya semua orang tahu dengan Titanic, sebuah kapal yang tenggelam di lautan Atlantik. Sebelum tenggelam, Thomas Andrews (sang perancang kapal) mengklaim bahwa Titanic tidak akan bisa tenggelam, apapun yang terjadi. Tetapi ketika Tuhan berkehendak, Titanic akhirnya tenggelam pada 15 April 1912. Tragedi itupun memakan lebih dari 1.200 korban jiwa, dan menjadikannya sebagai tragedi terburuk di tahun tersebut. Peristiwa itulah yang coba diangkat oleh beberapa sineas ke dalam film. Ternyata, ada beberapa film Titanic yang pernah dibuat. Apa saja film Titanic yang pernah dibuat? Simak berikut ini Geeks!

In Night and Ice (1912)

Hanya beberapa bulan setelah kapal Titanic tenggelam, film In Night and Ice pun dirilis. Film berdurasi setengah jam ini adalah film bisu, yang menceritakan tentang tenggelamnya Titanic. Karena film bisu, maka tidak ada dialog yang dihadirkan dalam film ini. Namun perilisan filmnya menuai banyak kontroversi, karena dianggap tidak menjaga perasaan dari keluarga korban karena dibuat begitu cepat. Menariknya, In Night and Ice pernah menjadi film yang “hilang”, karena salinan filmnya baru ditemukan kembali pada tahun 1998. Film ini disutradarai oleh Mime Misu. Selain menyutradarai, Mime Misu juga menulis naskahnya.

Atlantic (1929)

Meski film ini menceritakan tentang tenggelamnya kapal bernama Atlantic, tetapi sebenarnya cerita filmnya diadaptasi langsung dari tenggelamnya Titanic. Sang pembuat film mengganti nama Titanic menjadi Atlantic karena kapal tersebut tenggelam di lautan Atlantik. Filmya juga memperlihatkan berbagai peristiwa yang terjadi pada kisah nyata Titanic, di mana kapal Atlantic menabrak gunung es, dan para penumpang yang mulai berebut sekoci. Selain itu, kita juga diperlihatkan lantunan musik yang dinyanyikan oleh para penumpang yang terjebak di kapal saat tenggelam. Film Atlantic berdurasi 90 menit. Tetapi jika dilihat dari kacamata modern, film ini memang agak membosankan karena tidak menampilkan visual yang megah karena keterbatasan teknologi.

A Night to Remember (1958)

A Night to Remember mungkin menjadi film Titanic yang paling terkenal, selain Titanic dari James Cameron. Sebelum Titanic James Cameron dibuat, A Night to Remember menjadi film Titanic terbaik karena menyuguhkan cerita yang sangat kuat. Dibandingkan versi James Cameron, A Night to Remember jauh lebih singkat karena hanya berdurasi sekitar 70 menit. Filmnya juga tidak berfokus pada kisah percintaan, seperti yang terjadi dalam film James Cameron. Yap, film ini mengambil pendekatan docudrama alias film dokumentasi berbalut drama. Penonton pun seolah diajak untuk berada di dalam kapal Titanic saat kejadian terjadi. Tertarik menontonnya Geeks?

Raise the Titanic (1980)

Berbeda dengan film-film di atas, Raise the Titanic menceritakan tentang upaya pengangkatan kapal Titanic. Yap film ini tidak menceritakan tentang tenggelamnya kapal Titanic. Kita disuguhkan dengan berbagai penjelasan ilmiah tentang bagaimana kapal Titanic mungkin benar-benar dalam kondisi yang cukup baik, meski sudah lama tenggelam. Dan karena berada di dasar lautan Atlantik yang sangat dingin, disebutkan bahwa kapalnya tidak akan berkarat karena kurangnya oksigen di dalam air. Para karakter yang dihadirkan dalam filmnya pun diceritakan berupaya mengangkat Titanic untuk mendapatkan beberapa kargo yang sangat berharga. Meski terdengar out of the box, tetapi film ini dianggap gagal. Bahkan Raise of the Titanic masuk nominasi film terburuk di Razzies Awards.

Titanic

Pecinta film pasti sudah tidak asing lagi dengan film Titanic yang ditayangkan pada tahun 1997. Dalam film ini, kita disuguhkan dengan kisah percintaan yang ikonik antara Jack (Leonardo DiCaprio) dan Rose (Kate Winslet). Disutradarai oleh James Cameron, film ini menceritakan kisah Titanic dari awal terbentuk hingga tenggelam. Filmnya memulai syuting pada tahun 1995, dengan Paramount Pictures dan 20th Century Fox yang menggarap filmnya. Film inipun menjadi film termahal kala itu, dengan budget pembuatan sebesar $200 juta. Tetapi beruntung karena modal besar yang digelontorkan berbuah manis, karena film ini juga menjadi film paling laris sepanjang masa dengan pendapatan lebih dari $2.2 miliar. Berbagai penghargaan pun berhasil didapatkan. Terhitung ada lebih dari 5 penghargaan Oscar yang diraih filmnya.

Legend of the Titanic (1999)

Setelah kesuksesan film James Cameron, mulai bermunculan film-film bertema sama yang aneh. The Legend of the Titanic menjadi contoh bagaimana kisah Titanic berubah drastis. The Legend of the Titanic adalah film animasi yang ditunjukan untuk anak-anak. Film ini memang sengaja dibuat untuk memanfaatkan nama besar Titanic yang sukses besar, sehingga lahirlah The Legend of the Titanic. Dalam film ini, diceritakan bahwa kapal Titanic tidak jadi tenggelam berkat aksi penyelamatan seekor Gurita. Nah filmnya juga menghadirkan hiu besar yang menjadi villainnya. Tidak ada yang mati dalam kejadian tersebut, yang tentu saja berbeda jauh dengan kenyataannya.

In Search of the Titanic (2004)

Sama seperti Legend of the Titanic, In Search of the Titanic juga merupakan film animasi. Filmnyaberfokus kepada perjalanan di bawah laut untuk menemukan bangkai kapal Titanic. Namun perjalanannya tiba-tiba teralihkan karena sang karakter utama juga menemukan sebuah kota di bawah Atlantis. Mereka pun harus mencegah sekelompok tikus yang berusaha mengambil alih dunia. Yap filmnya memang jauh lebih aneh dari Legend of the Titanic. Apalagi filmnya menampilkan deretan adegan aneh, seperti hiu yang sedang nge-rap, dan masih banyak lagi. Untungnya, ini menjadi film animasi terakhir yang menceritakan Titanic.

Itulah dia Geeks beberapa film Titanic yang pernah dibuat. Beberapa film tersebut berakhir dengan sangat sukses, sementara sisanya berakhir dengan kegagalan yang masif. Bahkan ada juga beberapa film yang melenceng dari cerita aslinya. Tertarik menontonnya Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/