Terdapat beberapa murid yang terkuat di sekolah sihir milik Stephen Strange di Marvel Comics yaitu Strange Academy. Seperti halnya Hogwarts dalam franchise Harry Potter, Strange Academy adalah sebuah sekolah yang didirikan oleh Stephen Strange yang secara khusus menerima murid-murid yang memiliki kekuatan sihir. Banyak penyihir muda yang belajar di sekolah tersebut.

Para penyihir atau karakter yang memiliki kekuatan sihir tersebut bersekolah di sana, dengan harapan mereka bisa mengendalikan dan mempelajari berbagai kekuatan sihir yan mereka miliki. Ada banyak karakter menarik yang muncul di sekolah sihir ini, di mana beberapa diantaranya bahkan dianggap sebagai murid yang terkuat. Lalu, siapa saja mereka? Berikut adalah daftarnya.

Guslaug

Guslaug adalah bagian dari suku Frost Giant. Ukuran tubuhnya bahkan melampaui teman-teman sekelasnya. Dengan ukurannya tersebut, Guslaug sering kali dijauhi teman-temannya. Meskipun dia seorang raksasa, Guslaug adalah sosok pemalu di mana dia sangat jarang untuk berbicara. Dibandingkan rekan-rekannya yang lain, Gus sebenarnya tidak memiliki kekuatan sihir. Namun, dia sangat menikmati dan mengandalkan berbagai kelebihan kekuatan fisik yang dia miliki sebagai keturunan dari Frost Giant. Bahkan, level kekuatan fisik Gus sempat juga mendapatkan perhatian dari Loki.

Calvin Morse

Calvin Morse merupakan salah satu murid yang kekuatan sihirnya masih belum mampu untuk dieksplor dan dipahami lebih lanjut. Calvin diketahui menggunakan sebuah jaket kulit yang memberikannya kekuatan sihir yang cukup dahsyat. Dia tidak sengaja menemukan jaket tersebut, yang menjadi jalannya untuk kemudian masuk ke Strange Academy. Selama berada di sekolah, Calvin mendapatkan tambahan kekuatan sihir dari Gaslamp. Dengan kekuatan barunya itu, dia pun mampu menghadirkan serangan sihir dan juga mantra untuk menahan serangan sihir.

Alvi dan Iric

Alvi dan Iric adalah dua murid yang sangat ahli dalam penggunaan mantra. Hal ini berkat ibu mereka, The Enchantress, yang dalam cerita komiknya adalah salah satu villain terkuat yang pernah Thor hadapi. Sebagai seorang Asgardians, selain kekuatan sihir, mereka juga memiliki kelebihan dalam hal kekuatan fisik seperti halnya Guslaug. Belum lagi, usia mereka yang sangat panjang.

Mereka memiliki kekuatan masing-masing yang membedakannya dari murid-murid yang lain. Misalnya, Iric mampu untuk menghadirkan serangan ledakan energi sihir yang dahsyat. Sedangkan, Alvi bisa menghadirkan sebuah tombak sihir yang digunakan untuk menghadapi musuh.

Zoe Laveau

Zoe merupakan keturunan dari Marie Laveau, seorang penyihir kuat dari abad ke-19 yang pernah berhadapandengan Doctor Strange. Zoe, secara signifikan, sangat ahli dalam pengendalian sihir hitam dan juga voodoo. Namun, terkadang Zoe masih harus membiasakan diri dengan kekuatannya. Karena kekuatannya tersebut, Zoe lebih sering menggerakan tubuh orang lain dalam hal ini dia menggerakan mayat.

Zoe sempat tewas akibat penggunaan sihir hitam yang terlalu kuat, yang tidak bisa diak kendalikan. Namun, berkat kedua orang tuanya Zoe berhasil kembali hidup meskipun ada harga yang harus dibayarkan akibat hal ini. Selain bisa mengendalikan mayat, Zoe pun memiliki kemampuan untuk merasakan kematian dari orang lain.

Shaylee Moonpeddle

Shaylee adalah karakter yang separih manusia dan separuh peri. Dia mendapatkan kekuatan sihir dari ibunya, yang merupakan seorang peri. Selain kekuatan sihir, Shaylee juga mewarisi kondisi fisiologis sang ibu seperti sayap dan kemampuan untuk terbang. Yang menarik juga adalah Shaylee mampu untuk melakukan teleportasi, meskipun masih sulit untuk mengendalikannya. Dan inilah yang coba untuk dia pelajari lebih lanjut di Strange Acadmy. Shaylee juga termasuk salah satu murid yang ahli dalam hal pembacaan mantra, di mana levelnya bahkan cukup tinggi seperti beberapa murid lainnya.

Dessy

Sama seperti temannya, Shaylee, Dessy mewarisi kekuatan sihir yang sangat dahsyat dari orang tuanya. Dessy merupakan putridari S’ym, yang merupakan villain utama dalam cerita Inferno, salah satu alur cerita terbaik dalam komik X-Men. Karena itu, Dessy adalah murid pengguna sihir hitam lainnya. Dessy berusaha untuk mengendalikan dan menguasai kekuatan sihir dalam dirinya. Yang menarik adalah emosi negatif seperti kesedihan dari diri seseorang mampu memengaruhi level kekuatan sihirnya, yang mana inilah alasan dia jadi salahsatu murid terkuat.

Toth

Toth memiliki kekuatan untuk mengeluarkan kristal dan mengendalikannya sesuka hati. Kristal tersebut bisa menutupi dan melindungi tubuhnya. Atau bisa juga, tubuh kristal tersebut dia pecah dan kemudian kendalikan melalui kekuatan sihir. Jika form ini tidak efektif, maka dia bisa kembali ke form awal seperti yang diperlihatkan di Strange Academy #11. Toth mewarisi kekuatan epik tersebut dari ibunya, yang merupakan seorang Crystal Warrior Queen Blythir of Weirdworld. Weirdworld sendiri merupakan universe yang merupakan tempat asal dari Man-Thing.

Germán Aguilar

Murid Strange Academy satu ini bisa dibilang memiliki kekuatan unik karena dia mampu menghadirkan tiruan dari berbagai binatang seperti ular, harimau, dan bahkan burung berkat kemampuan alaminya. Germán akan mampu menggunakan kekuatannya ketika dia berada di form Animage State. Pada momen ini, dia akan mampu berkomunikasi dengan para binatang.

Bukan hanya itu, dia juga akan memanfaatkan kekuatan mereka untuk dia gunakan menghadapi musuh. Kurang lebih apa yang dilakukan oleh Germán mirip seperti Green Lantern, meskipun yang dia proyeksikan adalah hewan. Dan kekuatan ini mungkin bisa jadi akan muncul dalam spinoff Doctor Strange yang akan datang.

Doyle Dormamu

Sesuai namanya, Doyle merupakan putra dari penguasa Dark Dimension, yaitu Dormamu. Sebagai keturunan dari salah satu penguasa dimensi kegelapan, wajar jika kemudian Doyle memiliki sederet kekuatan sihir yang sangat dahsyat. Sebagai permulaan, dia mampu menghadirkan dan mengendalikan Faltine Flames. Belum lagi kemampuan lain seperti Time Walking, yang membuatnya bisa melakukan perjalanan waktu, baik antar realita atau pun antar dimensi.

Emily Bright

Emily menjadi murid paling kuat di Strange Academy, karena kemampuan sihirnya melampaui potensi yang dimiliki teman-temannya. Dia adalah sosok yang terlahir dengan kekuatan sihir alami. Dan selama dia berada di Strange Academy, Emily memperlihatkan potensi yang sangat luar biasa. Dia mampu menggunakan Eye of Agamotto, untuk melihat realita dan dunia lain.

Bahkan, kekuatan sihirnya mampu melampaui batas dari apa yang dipahami selama ini. Contoh nyatanya adalah ketika Doyle Dormamu tewas, Emily mampu untuk menghidupkannya kembali melalui sebuah kecupan. Mungkin, kedepannya Emily akan jadi karakter yang dahsyat seperti halnya Jean Grey.

Para murid di Strange Academy adalah karakter yang memiliki potensi luar biasa dalam cerita sihir Marvel. Dalam beberapa tahun kedepan, Marvel Comics bisa saja menghadirkan cerita versi dewasa dari para karakter tersebut. Dan yang jadi pertanyaan besarnya kemudian apakah mereka kemudian akan memanfaatkannya untuk kebaikan atau justru untuk kejahatan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.