Ada berbagai tahapan yang akan terjadi kepada para infected dalam cerita The Last Of Us. Tahapan itu jadi penentu akan jadi monster seperti apa para infected atau orang-orang yang terkena infeksi dari jamur Cordyceps tersebut. Di versi live-action The Last of Us dijelaskan jika Cordyceps adalah jenis jamur yang menyerang otak manusia.

Jamur Cordyceps membuat manusia berubah menjadi sosok monster mengerikan. Setelah seseorang terkena serangan infected lainnya, maka biasanya Jamur Cordyceps akan tinggal dan berkembang di dalam otak korbannya. Meskipun begitu, mereka tidak langsung berubah atau berevolusi menjadi infected. Mereka akan mengalami berbagai tahapan terlebih dahulu. Berikut adalah tahapan infected dalam cerita versi live-action The Last Of Us.

Runner

Runners merupakan perwujudan dari tahap awal penyebaran fungus atau jamur Cordyceps di tubuh korbannya. Dalam tahapan ini, Runners masih belum sepenuhnya berubah menjadi sosok yang mengerikan. Secara penampilan, Runners masih terlihat seperti manusia pada umumnya. Masih belum ada perubahan atau hal apa pun yang menutupi tubuh mereka.

Meskipun begitu, terdapat berbagai tanda-tanda yang bisa kita lihat dari para Runners. Yang paling mencolok adalah mereka sudah kehilangan sisi manusianya dan kesadarannya. Infected tahap awal ini mampu untuk bergerak dengan cepat dan juga cenderung berjalan secara tidak beraturan. Misalnya, seperti yang kita lihat di awal episodenya ketika salah satu infected berusaha mengejar Joel dan Sarah.

Stalker

Setelah Runner, tahapan infected selanjutnya adalah Stalker. Biasanya, para infected akan berubah menjadi Stalker setelah jamur Cordyceps sudah berada di otak mereka selama dua minggu bahkan sampai satu tahun. Berbeda dengan Runner, sesuai namanya, Stalker biasanya bergerak dengan kedua pasang kaki dan lengannya seperti seekor binatang.

Para Stalker akan bergerak perlahan seolah sedang mengincar mangsanya. Sejauh ini, untuk tahapan infected Stalker sendiri masih belum diperkenalkan dalam episode perdana versi live-action. Yang mengerikan adalah Stalker adalah tahapan infected yang cukup cerdas. Pasalnya, kita tidak pernah tahu kapan mereka muncul untuk menyerang. Mereka biasanya bersembunyi di balik barang atau sesuatu.

Clicker

Clicker adalah tahapan ketiga dari para infected dalam versi live-action The Last Of Us. Para infected yang kemudian berubah menjadi Clicker biasanya sudah lebih dari satu tahun memiliki jamur Cordyceps di dalam otaknya. Pada tahapan ini, biasanya jamur Cordyceps sudah mulai muncul dan merusak fungsi tubuh para infected. Misalnya, merusak penglihatan, menutupi wajah, dan sebagainya.

 

Akibat dari hal tersebut, para Clickers pun berubah menjadi monster mengerikan. Dan akibat penglihatan mereka yang rusak, biasanya Clickers akan mengandalkan kemampuan suara atau echolocation untuk mengetahui keberadaan mangsanya. Selain itu, para infected pada tahapan ini juga mengalami peningkatan kekuatan fisik dahsyat berkat infeksi Cordyceps dalam diri mereka.

Bloaters

Bloaters adalah tahapan selanjutnya dari para infected. Para infected di tahapan ini biasanya sudah terinfeksi jamur Cordyceps selama beberapa tahun. Fungus atau jamurnya sudah menyebar dari kepala ke seluruh tubuh. Bahkan, jamur tersebut seolah sudah menjadi tameng atau perisai bagi mereka. Bloaters merupakan infected yang bergerak dengan lambat.

 

Meskipun begitu, bukan berarti mereka tidak berbahaya sama sekali. Selain kekuatan fisik mereka, yang mematikan dari Bloaters adalah serangan spora beracun yang berasal dari tubuhnya. Kemunculan para Bloaters ini tentunya akan menjadi tantangan tersendiri bagi Joel dan Ellie dalam petualangan mereka. Dalam versi game, butuh upaya khusus untuk bisa mengalahkan infected ini.

Shambler

Sama seperti Bloeaters, Shambler adalah infected yang sudah beberapa tahun terpapar infeksi jamur Cordyceps. Selain itu, kesamaan Shambler dan juga Bloaters lainnya adalah bagaimana infeksi dari jamurnya sudah menyebar dan bahkan menutupi hampir seluruh tubuh mereka. Kondisi fisik mereka sudah seperti monster, dan penampilan manusianya sudah tidak bisa lagi dikenali.

 

Meskipun Shamblers tidak memiliki peningkatan kekuatan fisik, mereka mampu menarik targetnya dan juga Shamblers memiliki serangan asam serta bom spora beracun. Serangan asam dari Shambler bisa membakar kulit siapa pun yang jadi korbannya. Dan ketika tewas, tubuh mereka biasanya akan meledak dan melepaskan serangan Cordyceps ke udara.

Rat King

Ini adalah tahapan infected yang terakhir sekaligus paling mengerikan dan berbahaya. Namun, tahapan untuk Rat King sangat berbeda dan unik. Diketahui, Rat King dikembangkan di rumah sakit di Seattle. Dan infected yang berubah menjadi Rat King adalah mereka yang sudah lebih dari 20 tahun terinfeksi jamur Cordyceps. Ada alasan mengapa Rat King jadi tahapan paling kuat dan mengerikan.

 

Rat King adalah gabungan dari semua jenis tahapan infected yang ada di cerita The Last of Us. Ini alasan yang membuat ukuran tubuh mereka menjadi sangat besar dan terlihat seperti raksasa. Infected jenis ini sudah 100% kehilangan bentuk manusianya dan lebih tepat dianggap sebagai monster. Masih belum diketahui apakah versi live-action-nya akan juga menghadirkan tahapan infected ini.

Cerita The Last Of Us menghadirkan berbagai elemen baru yang tidak kalah menarik dan juga epik terhadap para fans. Contohnya adalah berbagai tahapan dari para infected. Ini adalah elemen yang seolah membuat seolah infeksi jamur Cordyceps adalah peristiwa nyata. Kita nantikan saja ya Geeks kemunculan dari berbagai tahapan infected ini di episode berikutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.