Marvel Studios membangun MCU dengan sangat baik. Terhitung sudah ada lebih dari 20 judul film yang sudah mereka buat, dan semua film tersebut saling berkesinambungan. Bahkan sekarang, mereka mulai mengembangkan semestanya dengan tambahan series-series baru. Tetapi nih Geeks, dibalik kemegahan MCU, ternyata Marvel Studios pernah menolak beberapa ide cerita untuk berbagai proyek mereka. Apa saja cerita yang pernah Marvel Studios tolak? Simak berikut ini Geeks!

Baron Zemo Gunakan Madbomb

Pada November 2022, Nate Moore pernah membahas tentang naskah yang pernah diajukan untuk film Captain America 3. Tetapi naskah tersebut ditolak oleh Marvel Studios. Naskahnya menceritakan tentang Baron Zemo yang menggunakan teknologi Madbomb untuk membuat kekacauan. Dan disitulah Captain America dan Winter Soldier turun menghentikannya. Di Marvel Comics, Madbomb merupakan sebuah alat yang bisa menyebabkan orang menjadi gila, dan saling menyerang. Dan benda itulah yang tadinya bakal memicu perang di film Captain America 3.

Pada akhirnya, cerita tersebut ditolak Kevin Feige dan Marvel Studios, karena mereka menganggap bahwa ancaman yang dihadirkan tidak cukup besar. Memang sejak awal, Kevin Feige sangat ingin menghadirkan Civil War di MCU. Tetapi karena keterbatasan karakter (karena beberapa karakter hak ciptanya dimiliki studio lain), Feige dan Marvel Studios melakukan beberapa penyesuaian. Dan pada akhirnya kita melihat versi Civil War di MCU yang jauh lebih sederhana dari versi komiknya.

Alumni Black Widow

Kreator series She-Hulk, Jessica Gao, pernah mengatakan bahwa dia sempat menjadi penulis film Black Widow. Nah tadinya, film Black Widow bakal memperlihatkan saat Natasha Romanoff terpaksa bertemu dengan teman-teman SMA-nya. Parahnya, Romanoff harus mengatasi banyak masalah, karena sebelumnya dia mengkhianati semua kenalannya di SMA. “Tadinya saya sempat menulis cerita Black Widow, di mana Natasha Romanoff berada di sebuah SMA sebagai seorang mata-mata remaja. Mereka menempatkan Romanoff di SMA Amerika untuk membunuh seorang ayah. Dan 20 tahun kemudian, Romanoff harus kembali melakukan reuni, dan harus mengatasi dampak dari identitas palsunya.”

Sebenarnya cerita di atas bukan satu-satunya cerita buatan Jessica Gao yang ditolak. Gao mengaku bahwa dia juga punya ide cerita untuk film Captain Marvel dan Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Namun karena cerita yang dia buat tidak “lolos” oleh Marvel Studios, maka akhirnya dia mendapatkan proyek selanjutnya yaitu She-Hulk. Dan beruntung karena ide ceritanya untuk She-Hulk diterima oleh Marvel Studios.

Kemunculan Drone Streaming

Seperti yang kita ketahui, episode perdana Ms. Marvel memperkenalkan Kamala Khan, seorang karakter yang sangat terobsesi dengan pahlawan super, khususnya Captain Marvel. Dalam episode tersebut, Kamala membagikan detail tentang pertempuran puncak antara Thanos melawan Avengers, di saluran Youtube-nya. Dia memberi tahu para pengikutnya bahwa informasi (pertempuran Thanos melawan Avengers) berasal dari podcast Scott Lang alias Ant-Man. Nah menariknya, sebenarnya bukan itu rencana awalnya karena penulis series Ms. Marvel memiliki rencana lain.

Yap, tadinya Bisha K. Ali bakal menceritakan adanya beberapa drone yang muncul dalam pertempuran Thanos dan Avengers. Nah drone tersebut akan menyiarkan (streaming) secara langsung pertempuran tersebut, sehingga pertempuran tersebut dapat dilihat oleh seluruh orang di dunia. Kevin Feige tidak terlalu tertarik dengan ide tersebut, sehingga tidak ditampilkan dalam seriesnya.

Cerita Captain Marvel yang Berbeda

Jauh sebelum film Captain Marvel rilis tahun 2019, ternyata Kelly Sue DeConnick pernah mengajukan sesuatu yang sangat berbeda untuk filmnya, yang akhirnya ditolak Marvel. Tetapi, Deconnick mengatakan bahwa ide-ide yang ditolak tersebut menginspirasi cerita akhir yang dihadirkan dalam film Captain Marvel. DeConnick pun menjelaskan detail dari cerita tersebut, di mana Carol Danvers mendapat sumber kekuatan yang berbeda. Ketika Carol Danvers bakal mendapatkan kekuatannya, ada Helen Cobb yang juga bersamannya. Nah menariknya, Helen juga menginginkan kekuatan itu, jadi dia sengaja berlari mendekat agar terkena ledakan yang membuat Carol Danvers mendapat kekuatan.

Sebenarnya di komik, Helen Cobb adalah seorang pilot yang menginspirasi Carol Danvers. Keduanya juga pernah melakukan pertualangan bersama. Tetapi pada akhirnya Marvel Studios menolak ide tersebut dan sama sekali tidak menampilkan Helen Cobb. Memang jika dilihat, Helen kurang cocok dimunculkan dalam film tersebut, tetapi bisa jadi di masa depan karakternya akan benar-benar muncul.

Peter Parker Horor

Penulis A.C. Bradley pernah mengungkapkan bahwa dia berencana mengadaptasi cerita komik yang sangat terkenal untuk diceritakan dalam salah satu episode series What If…? Dia berencana menceritakan kisah Peter Parker yang menjadi laba-laba sungguhan (bukan manusia laba-laba). Sebenarnya, Peter Parker yang menjadi laba-laba sungguhan tersebut pernah diceritakan dalam komik What if…?, dan Bradley ingin menghadirkannya dalam series What If…?. Bradley pun sudah berbicara langsung dengan Marvel Studios, tetapi mereka menolaknya.

Menurut Bradley, rencana tersebut dianggap oleh Marvel Studios terlalu gelap dan horror, apalagi untuk sebuah series yang memiliki rating PG-13. Tetapi walau ceritanya ditolak mentah-mentah oleh Marvel Studios, tetapi dia tidak berkecil hati dan menerimanya. Bahkan lucunya, Bradley hampir mencoba memasukan karakter Star Wars dalam series tersebut.

Itulah dia Geeks berbagai cerita yang ditolak mentah-mentah oleh Marvel Studios. Sebenarnya Geeks, “tolak-menolak” ide cerita bukanlah hal yang aneh di industri film. Studio lain pun juga melakukan hal yang sama jika ide ceritanya dirasa kurang cocok. Menurut kalian, mana ide cerita yang paling menarik Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/