Indonesia diperkirakan adalah negara yang jadi penyebab munculnya wabah infeksi jamur Cordyceps dalam cerita di live action The Last Of Us. Hal tersebut berdasarkan dari berbagai petunjuk yang ada di serinya. Live action The Last Of Us sendiri menceritakan tentang perjuangan Joel yang mencoba untuk menyelamatkan seorang anak perempuan bernama Ellie dari serangan zombie.

Dalam cerita serinya, para zombie tersebut bisa muncul diakibatkan oleh sebuah infeksi jamur berbahaya dari jenis Cordyceps. Untuk saat ini, memang masih belum diketahui banyak tentang jamur tersebut.  Tetapi, yang menarik adalah ada kemungkinan jika jamur tersebut berasal dari negara Indonesia.

Indonesia Penyebab Wabah Jamur Cordyceps?

Kemungkinan wabah jamur Cordyceps ini berasal dari indonesia memang tidak serta merta muncul begitu saja. Terdapat beberapa petunjuk besar dan menarik yang mungkin bisa jadi bukti jika infeksi tersebut berasal dari Indonesia. Petunjuk pertama muncul dari siaran radio yang muncul di awal serinya. Dalam siaran berita di radio tersebut sempat menyinggung nama Jakarta.

Dijelaskan jika di Jakarta pada tahun 1968 sempat terdapat kekacauan besar. Pertunjuk kedua adalah beberapa waktu lalu, sempat muncul unggahan di media sosial yang memperlihatkan sebuah set pengambilan gambar dari The Last Of Us. Berdasarkan informasinya, set tersebut tidak dibuat di Indonesia melainkan di sebuah studio di wilayah Kanada.

Dalam foto tersebut nampak sebuah setting yang kemungkinan menggambarkan suasan di Indonesia, tepatnya di kementrian kesehatan. Hal ini berdasarkan tulisan “Kementrian Kesehatan Republik Indonesia” yang tertera di meja. Petunjuk Ketiga adalah adanya keterlibatan aktor Indonesia dalam seri ini. Kabar ini memang sempat jadi kejutan besar bagi banyak orang.

Media sosial sempat dihebohkan dengan sebuah unggahan yang memperlihatkan aktor senior, Christine Hakim, sedang menjalankan perannya. Melihat gambar tersebut dan juga pakaian lab yang dia kenakan, Christine Hakim mungkin akan berperan sebagai salah satu ilmuwan atau ahli yang meneliti tentang jamur Cordyceps. Yang menarik adalah menurut sutradara Timo Tjahjanto, Christine Hakim bukan satu-satunya aktor Indonesia yang terlibat.

Berdasarkan berbagai petunjuk petunjuk tersebut rasanya memang masuk akal jika kemudian Indonesia menjadi negara pertama yang menangani kasus jamur Cordyceps. Bahkan, mungkin Indonesia jadi negara yang menjadi penyebab wabah tersebut dan juga yang menyebarkan infeksinya ke seluruh dunia.

Mengapa Indonesia?

Untuk saat ini memang masih belum ada penjelasan detail mengenai wabah jamur ini. Juga, masih belum ada kepastian apakah memang Indonesia merupakan negara penyebab wabah infeksi jamur Cordyceps. Selain dari berbagai petunjuk di atas, ada beberapa alasan yang bisa jadi petunjuk lain terkait spekulasi tersebut. Salah satunya adalah cuaca. Seperti yang Geeks ketahui, Indonesia adalah negara tropis.

Dengan iklim tropis tersebut, suhu di Indonesia bisa sangat panas atau hangat. Mengapa kemudian cuaca jadi kemungkinan tersebut? Karena, menurut penjelasan ilmuwan, Dr. Neumann, pada tahun 1968 di awal episodenya menjelaskan jika jamur memang baru akan berkembang dan tumbuh dalam suhu yang tinggi. Tetapi, dia memprediksi jika dunia akan berubah jadi hangat dalam beberapa puluh tahun kedepan.

Hal itu meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan dari jamur. Karena itu, dengan iklim tropis Indonesia mungkin memang masuk akal jika kemudian wabahnya menyebar dan berkembang di sana pada era tersebut. Selain akibat cuaca, bisa jadi ada alasan lain mengapa Indonesia jadi penyebab wabah Cordyceps misalnya karena alasan ekonomi seperti ekspor impor.

Indonesia merupakan salah satu negara yang menjalin kerja sama bisnis dengan Amerika di Asia Tenggara. Kerja sama ini bahkan sudah sejak puluhan tahun ada. Contoh nyatanya adalah perusahaan tambang Freeport yang sudah ada sejak 1950an. Salah satu penyebaran jamur Cordyceps sendiri adalah melalui benda atau hal lain. Karena itulah, bisnis ekspor dan impor bisa jadi jalan masuk wabah infeksi Cordyceps di Amerika.

Ada Negara Penyebab Lain?

Sejauh ini, selain Indonesia, memang masih belum diketahui apakah ada negara lain yang kemungkinan menjadi penyebab jamur Cordyceps menyebar di seluruh dunia. Namu, meskipun kemungkinannya kecil, bisa jadi ada juga negara lainnya yang jadi penyebab wabah ini. Apa alasannnya? Tidak lain adalah alasan ekonomi, yaitu ekspor dan juga impor.

Dengan banyaknya barang yang keluar dan masuk ke Amerika dan seluruh dunia, bisnis ekspor dan impor bisa jadi jalan masuk wabah infeksi Cordyceps. Dan bisa jadi, jamur Cordyceps tersebut bukan hanya ada di Indonesia melainkan juga di bagian belahan dunia lainnya. Kita nantikan saja ya Geeks, siapa yang kemudian jadi penyebab kemunculan wabah tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.