Buah Ope Ope Ope no Mi milik Trafalgar Law dianggap sebagai salah satu buah iblis yang overpower berkat berbagai kekuatan dan kemampuannya. Sejak pertama kali diperkenalkan dalam seri One Piece, Ope Ope sudah jadi perhatian para fans dengan kekuatannya. Dengan menggunakan kekuatan buah iblis itu, Law mampu untuk “memanipulasi” tubuh manusia dan hal lain.

Belum lagi kedahsyatan lainnya, seperti bagaimana Law bisa melakukan “teleportasi” dengan salah satu tekniknya, Shambles, dan sebagainya. Bukti kedahsyatan Ope Ope juga bisa kita ketahui dari bagaimana World Government rela untuk memberikan uang 5 miliar Belly kepada siapa pun yang menemukan buahnya dan menyerahkannya kepada mereka. Selain disebutkan di atas, inilah berbagai alasan Ope Ope jadi buah iblis yang overpower.

Mampu Sembuhkan Semua Penyakit

Alasan pertama Ope Ope jadi buah iblis yang overpower di seri One Piece adalah karena mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan, yang tidak bisa sembuh sekali pun. Terdapat sebuah fakta menarik terkait buah iblisnya, di mana baik saat ini atau sebelumnya, pemilik dari Ope Ope no Mi adalah seorang dokter. Dan mereka juga sama-sama spesialis.

Meskipun kita tidak pernah tahu apa yang dilakukan oleh dokter sebelumnya, namun Law sendiri berhasil memberikan gambaran seperti apa kekuatan dahsyatnya ketika Ope Ope digunakan oleh dokter. Dan juga buah iblis ini memiliki kemampuan di mana mampu untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, bahkan yang tidak bisa disembuhkan sekali pun. Hal ini bisa kita lihat dari sosok Law.

Advertisements

Saat masih kecil, Trafalgar Law dan hampir seluruh penduduk di pulau daerah asalnya terpapar wabah yang mengerikan yaitu Amber Lead Disease. Tidak ada obat yang bisa menyembuhkan wabah ini. Law sendiri sudah dipastikan akan tewas saat itu, namun Rosinante sendiri tidak mau menyerah. Dia pun menggunakan kekuatannya untuk mencuri Ope Ope dari Diez Barrels dan memberikannya kepada Law.

Pada saat itu, Law masih belum bisa mengendalikan kekuatannya. Namun, seiring berjalannya waktu, Law mulai bisa mengendalikannya dan bahkan menyembuhkan penyakitnya. Bahkan, kemampuan medisnya pun meningkat dengan sangat drastis. Buktinya, dia berhasil menyelamatkan Luffy pasca pertempuran di Marineford. Tanpa kemampuan buah iblis Law, Luffy (dan Jinbe) mungkin tidak akan selamat.

Salah Satu Kekuatan Terbesar

Selain dalam hal medis, Ope Ope no Mi juga memiliki keunggulan dalam hal pertarungan. Bahkan, bisa dibilang, Ope Ope jadi salah satu kekuatan terbesar di seri One Piece. Berbeda dengan kebanyakan buah iblis, Ope Ope no Mi memiliki satu kelemahan besar yaitu menguras stamina dari penggunanya. Meskipun begitu, dengan kekuatan yang dahsyat, sepertinya stamin bukan jadi sebuah halangan berarti.

Advertisements

Dalam arc Wano, Law memperlihatkan seperti apa kedahsyatan dari buah iblis miliknya. Tetapi, sebelum Wano atau bahkan sebelum timeskip kita memang jarang melihat kedahsyatan dari Law dn buah iblisnya. Salah satu teknik yang sering dia gunakan dan cukup populer adalah ROOM, di mana dia akan menjebak musuhnya di dalam sebuah ruang yang dia ciptakan.

Di dalamnya, Law bisa dengan bebas melakukan apa pun terhadap korbannya. Seperti mengendalikan objek atau bahkan menukar tubuh seseorang dengan apa pun. Dengan kekuatan medisnya, dia bisa memotong tubuh musuh tanpa melukai mereka. Atau bahkan  menyembuhkan dan menyambungkan kembali anggota tubuh yang terlepas. Misalnya, ketika dia menyatuhkan kembali tubuh Kinemon. Teknik Gamma Knife bahkan bisa menghancurkan organ dalam dari musuhnya.

Awakening

Law akhirnya berhasil membangkitkan kekuatan buah iblis Ope Ope dan menggunakannya untuk menghadapi Big Mom. Awakening dari Ope Ope terbukti sangat mengerikan dan dahsyat, di mana mampu untuk melukai Big Mom. Law diketahui menggunakan teknik K-Room, dan menciptakan gelembung kecil yang bisa disambungkan dengan pedangnya. Hal ini membuat Law mampu menghancurkan pertahanan Big Mom yang sangat kuat.

Bahkan, ini juga yang jadi alasan mengapa Law bisa membuat Big Mom mengeluarkan darah dan menghancurkannya dari dalam. Serangan lain yang bisa Law gunakan adalah Shock Wille. Serangan ini memperlihatkan Law menggunakan pedang miliknya, yang mana pedang tersebut mampu menembus tubuh targetnya. Setelah itu, gelombang kejut akan muncul dari dalam.

Yang paling epik adalah bagaimana buah iblis ini mampu untuk menggunakan teknik yang sebenarnya merupakan kekuatan dari buah iblis lain. Teknik tersebut adalah Silence. Ini adalah teknik yang sebenarnya mirip seperti kekuatan Nagi Nagi no Mi milik Rosinante. Mungkin, ini adalah bentuk penghormatannya terhadap sosok yang sudah menyelamatkan nyawanya.

Ultimate Power

Terakhir, alasan mengapa Ope Ope menjadi buah iblis overpower adalah karena kekuatan rahasia yang dimiliki oleh buah iblisnya. Apa itu? Tidak lain adalah Operasi Keabadian (Immortal/Youth Surgery). Pada dasarnya, kekuatan dahsyat ini akan memberikan keabadian kepada siapa pun target yang diinginkan oleh pemilik buah iblisnya. Namun, ada harga yang harus dibayar.

Ketika pengguna buah iblisnya memutuskan untuk menggunakan teknik tersebut, maka dia harus rela menyerahkan nyawanya. Doflamingo sempat menyinggung kekuatan ini, dan memaksa Law untuk untuk menggunakan kekuatannya kepada dia. Tujuannya adalah agar Doflamingo bisa mewujudkan impiannya menguasai dunia. Yang juga menarik adalah buah iblis ini disebut-sebut terkoneksi dengan harta karun Mary Geoise yang misterius.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/