Akhirnya serial yang selama dinanti penggemar tayang juga. Serial The Last of Us baru saja menayangkan episode perdananya di saluran streaming HBO. Serial live action yang mengadaptasi kisah Game of the Year 2013 ini becerita tentang petualangan Joel dan Ellie di dunia pasca apokaliptik. Selain harus berhadapan dengan zombie Cordyceps, dalam prosesnya mereka harus berurusan dengan kelompok misterius Fireflies, yang tampaknya mempunyai peran cukup besar di serial The Last of Us. Bagi yang penasaran dengan eksistensi mereka, begitu juga dengan tujuannya, mari langsung saja kita bahas, Geeks.

Fireflies Berseberangan Dengan FEDRA

“Saat kalian tersesat dalam kegelapan, carilah cahaya,” kira-kira begitulah slogan kelompok misterius Fireflies di serial The Last of Us. Lambang organisasi dan slogan Fireflies ini dapat kita temukan di sepanjang episode 1 yang berjudul ‘When You’re Lost in the Darkness’, tepatnya setelah 20 tahun berlalu semenjak kisah prolog dramatis antara Joel (Pedro Pascal) dan anaknya Sarah (Nico Parker). Artinya kelompok misterius ini didirikan kurang lebih sejak awal wabah Cordyceps, di mana hal tersebut sebenarnya memang telah dijelaskan juga di materi aslinya.

Di game The Last of Us, Fireflies digambarkan sebagai kelompok revolusioner yang berseberangan dengan militer FEDRA (Federal Disaster Response Agency). Pemicu konflik antara Fireflies dan FEDRA sendiri dimulai sejak hukum darurat militer Amerika Serikat menerapkan zona karantina di berbagai kota besar yang menekan sebagian besar warga sipil. Berdasarkan apa yang telah terungkap di episode perdananya, kelompok perlawanan Fireflies di Boston dipimpin oleh seorang wanita tangguh bernama Marlene (Merle Dandridge). Di gamenya sendiri, Joel memanggil Marlene dengan sebutan Queen Fireflies.

Advertisements

Hubungan Rumit Ellie Dengan Fireflies

Sebelum Joel bertemu Ellie menjelang akhir episode perdana The Last of Us, kita lebih dahulu diperlihatkan pada pengurungan Ellie di markas rahasia Fireflies. Awalnya tidak dijelaskan mengapa Fireflies mengurung gadis berusia 14 tahun tesebut, sebelum akhirnya Marlene sendiri yang melepas borgol Ellie dan berbicara langsung dengannya. Marlene mengatakan bahwa dialah orang yang menaruh Ellie di sekolah FEDRA. Bukan sebagai anaknya, melainkan sebagai anak yatim piatu yang dia titipkan pada pemerintah.

Ketika Ellie beranjak dewasa, akhirnya Marlene tahu bahwa anak yang dahulu dia titipkan menyimpan sesuatu yang selama ini Fireflies cari. Marlene bahkan sangat merahasiakan ini dari sebagian besar anggota Fireflies, karena menurutnya rahasia Ellie tersebut dapat membuatnya terbunuh. Di ending akhirnya kita bisa tahu bahwa tiga minggu sebelumnya Ellie telah digigit oleh zombie Cordiceps, tetapi anehnya hal tersebut tidak mengubahnya menjadi menjadi zombie seperti yang terjadi pada manusia biasa. Dari sini kita bisa tahu bahwa Ellie kebal terhadap infeksi Cordyceps, dan inilah yang menarik perhatian Fireflies.

Meskipun belum dijelaskan secara detail di episode perdananya, tetapi di game The Last of Us disebutkan bahwa salah satu misi utama Fireflies adalah menemukan vaksin anti CBI (Cordyceps Brain Infection) dan mereka akan melakukan segala cara untuk mencapainya. Berdasarkan hal tersebut, cukup jelas bahwa Ellie di serial The Last of Us adalah orang nomor 1 yang harus Fireflies amankan agar mereka bisa memeriksa apa yang membuatnya kebal terhadap infeksi CBI. Karena Marlene terluka di akhir episode 1, akhirnya dia menyewa jasa penyelundupan Joel untuk membawanya keluar dari zona karantina Boston.

Ke Mana Joel Akan Membawa Ellie

Advertisements

Saat Marlene tengah bernegosiasi dengan Joel dan Tess (Anna Torv) menjelang klimaks episode 1, terungkap bahwa tadinya Marlene ingin membawa Ellie dan seluruh kelompok Fireflies Boston ke suatu tempat. Namun karena dia terluka, Marlene akhirnya menyuruh Joel dan Tess untuk menyelundupkan Ellie ke Old State House di luar Boston, di mana tim penjemput Fireflies menunggu. Jika markas utama Fireflies di serialnya sama dengan gamenya, setelah Joel berhasil membawa Ellie ke Old State House, nantinya Fireflies akan melanjutkannya sampai ke markas pusat di Rumah Sakit St. Mary, Kota Salt Lake.

Itulah pembahasan tentang siapa dan apa tujuan kelompok misterius Fireflies di serial The Last of Us. Melihat apa yang telah ditunjukkan di episode perdananya ini kelompok Fireflies tampak lebih mulia dari FEDRA. Namun, mengingat ini masih awal, sepetinya akan ada lebih banyak kejutan yang terungkap di sepanjang serialnya. Di mana hal tersebut berpotensi membuat tugas Joel dan Tess akan lebih besar dari sekadar menyelundupkan Ellie keluar Boston. Kita lihat saja nanti seperti apa kelanjutan serial The Last of Us episode berikutnya, setiap hari Senin hanya di saluran streaming HBO.