Sebagai penggemar setia MonsterVerse, kalian mungkin sudah mengenal para kaiju utama di waralabanya, seperti Godzilla, King Kong, King Ghidorah, Mothra, dan sebagainya. Namun tahukah kalian, dilansir dari Goji Center, ternyata sebenarnya ada sejumlah kaiju misterius yang sampai sekarang tidak pernah dijelaskan di mitologi MonsterVerse. Hal inilah yang akan kita bahas sekarang, karena bukan tidak mungkin ke depannya para kaiju ini akan memainkan peran penting di kisah MonsterVerse selanjutnya. Mulai dari titan laut sampai titan pegunungan, berikut ini 4 kaiju misterius di jagat sinema MonsterVerse!

Anomalocaris Raksasa

Kaiju misterius yang akan kita bahas pertama adalah Anomalocaris Raksasa (bukan nama resmi) yang sempat terlihat di komik MonsterVerse, Godzilla: Awakening (2014). Sesuai dengan nama panggilannya, kaiju yang satu ini memang mempunyai bentuk seperti hewan prasejarah anomalocaris, artropoda predator terbesar di laut dalam yang eksis sekitar 500 juta tahun yang lalu.

Bedanya, Anomalocaris Raksasa di MonsterVerse ini mempunyai ukuran dan tingkat radiasi yang sangat besar. Fakta tersebut pertama kali terungkap saat kaiju Shinomura terlihat tengah memakan Anomalocaris Raksasa di pantai. Mengingat Shinomura menyukai radiasi nuklir yang sangat tinggi, artinya kaiju misterius ini kemungkinan besar sebelumnya telah menyerap banyak radiasi nuklir dari dalam laut sama seperti Godzilla.

Ceratopsian

Selanjutnya, kaiju MonsterVerse yang sampai saat ini identitasnya masih misterius adalah Ceratopsian. Eksistensi Ceratopsian pertama kali terungkap di film kedua MonsterVerse yang berjudul Kong: Skull Island (2017). Di mana dalam salah satu adegan di filmnya, kita bisa melihat sebuah tengkorak dinosaurus triceratop yang ukurannya berkali-kali lipat lebih besar dari jenis ceratop di dunia nyata.

Dengan ukuran yang sangat besar ini ada kemungkinan saat mereka masih hidup, para Ceratopsian hidup berdampingan dengan Kong. Mungkin juga mereka mempunyai fisiologi seperti Kong yang bertubuh humanoid dan berdiri dengan dua kaki. Namun saat kaiju jenis Skullcrawler mulai memburu dan memakan semua hewan di Skull Island, Ceratopsian sepertinya menjadi salah satu spesies yang pertama kali punah.

Lemur Raksasa

Sama seperti Anomalocaris Raksasa, Lemur Raksasa juga sebenarnya bukanlah nama asli dari kaiju yang satu ini. Walaupun begitu, faktanya kaiju misterius yang sempat muncul sekilas di komik MonsterVerse Godzilla Dominion ini memang mempunyai tubuh seukuran gunung dan mempunyai penampilan seperti hewan lemur ekor cincin Madagaskar. Selain ukurannya yang sangat masif, ekor mereka juga tampak seperti ekor kalajengking.

Kemungkinan besar ekor Lemur Raksasa ini berfungsi sebagai pertahanan diri mereka ketika menghadapi kaiju lain. Menariknya, ternyata Lemur Raksasa ini adalah kaiju yang terlahir dari miskomunikasi antara tim kreatif MonsterVerse. Awalnya mereka sebenarnya ingin menghadirkan archaeoindris raksasa, bukan lemur Madagaskar seperti yang muncul di komiknya.

Margygr

Kaiju misterius terakhir yang sampai sekarang belum diceritakan asal usulnya adalah Margygr. Dalam legenda Greenland, Margygr sendiri adalah sebutan untuk salah satu spesies mermaid yang tinggal di Kutub Utara. Berdasarkan apa yang telah terungkap di komik Godzilla: King of the Monsters (2019), titanus Margygr memang mempunyai bentuk seperti ikan raksasa, tetapi dengan wajah yang jauh lebih mengerikan bahkan dari King Ghidorah sekalipun.

Mengingat serial MonsterVerse di Apple+ mendatang akan mengangkat kisah sebelum peristiwa King of the Monsters, ada kemungkinan kaiju Margygr yang masih hidup akan menampakan dirinya di serial tersebut. Sepertinya akan sangat menarik juga jika nanti Godzilla dan Margygr diperlihatkan bertarung di kedalaman laut. Meskipuin Margygr kemungkinan besar akan kalah, tetapi setidaknya kita bisa tahu sehebat apa kaiju yang penampilannya sangat menyeramkan ini.

Itulah berbagai kaiju MonsterVerse yang sampai saat ini identitasnya masih misterius. Pada dasarnya memang semua kaiju misterius ini hanyalah kaiju minor yang tidak ambil andil besar dalam cerita Godzilla maupun King Kong. Walaupun begitu, karena identitas mereka yang misterius, sepertinya akan sangat menarik juga jika nanti mereka bisa menampakan diri di kisah MonsterVerse selanjutnya. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.