Avatar: The Last Airbender merupakan salah satu serial animasi Barat terbaik sepanjang masa. Premis serialnya sendiri bercerita tentang perjuangan Avatar Aang bersama para sahabatnya dalam memulihkan kedamaian empat negara di dunianya. Keberhasilan Aang ini bahkan terus bergema sampai ke serial Avatar: The Legend of Korra yang berlangsung 70 tahun setelahnya. Untuk menghormati semua warisannya, kali ini kita akan membahas sesuatu yang tidak pernah diceritakan secara gamblang di serial Avatar. Yaitu tentang bagaimana Avatar Aang meninggal dunia dan apa yang terjadi setelah dia tidak ada.

Kehidupan Aang Pasca The Last Airbender

Sebelum membahas bagaimana Aang meninggal di semestanya, mari kita mundur sedikit untuk mengenang perjuangannya sebagai Avatar. Di ending The Last Airbender, setelah melalui banyak cobaan dan juga pengorbanan, Aang akhirnya bertemu dengan musuh utamanya, yaitu Raja Api Ozai. Pada titik ini Aang awalnya sempat tidak bisa menandingi Ozai yang baru saja mendapatkan kekuatan baru dari Sozin’s Comet. Namun ketika berhasil terhubung dengan semua Avatar pada masa lalu, Aang akhirnya bisa mengalahkan Ozai dengan menghapus kekuatannya sekaligus mengakhiri tirani Negara Api di dunia.

Setelah kejadian yang sangat bersejarah tersebut, sebagian besar kisah Aang pasca The Last Airbender hanya dijelaskan secara sekilas pada latar belakang The Legend of Korra. Setelah dunia kembali damai, sesuai dengan prediksi penggemar Aang pada akhirnya menikah dengan Katara dan mendapatkan tiga orang anak darinya, yaitu Bumi, Kya, dan Tenzin. Dengan bantuan sahabatnya Zuko, dia juga mendirikan United Republic of Nations agar semua warga negara bisa hidup berdampingan. Setelah Avatar Aang meninggal, 70 tahun kemudian barulah dia bereinkarnasi sebagai Korra, protagonis The Legend of Korra.

Akhir Hayat Aang di Semesta Avatar

Meskipun tidak dijelaskan secara gamblang di serial The Last Airbender ataupun The Legend of Korra, tetapi berdasarkan game daring Avatar yang dahulu sempat ada di situs resmi Nickelodeon, disebutkan bahwa Aang meninggal karena sakit pada usia 66 tahun. Secara kronologis, artinya Aang telah hidup selama kurang lebih 166 tahun, karena saat masih berusia 12 tahun dia pernah terjebak bersama hewan kesayangannya Appa di dalam es abadi selama 100 tahun, sebelum akhirnya ditemukan oleh Katara dan kakaknya Sokka di awal serial The Last Airbender.

Alasan mengapa Aang tidak berumur panjang, seperti Zuko dan Toph yang masih eksis di The Legend of Korra, adalah karena sebagian besar energi kehidupannya telah banyak terserap saat dahulu terjebak dalam es dengan mode Avatar. Menjelang akhir hayatnya, tekanan dari peristiwa lama tersebut mulai membebani tubuh Aang dan membuatnya sakit. Tidak lama setelah usianya menginjak 66 tahun, Avatar Aang akhirnya meninggal dunia dengan damai. Di mana semua keturunannya berjanji akan terus memperjuangkan nilai-nilai kebaikan yang selama ini diajarkan oleh mendiang Aang.

Apa Yang terjadi Setelah Aang Meninggal?

Di serial The legend of Korra kita bisa melihat bahwa ternyata semua orang di dunia pada umumnya masih menghargai Aang dan nilai-nilai perjuangannya. Hal tersebut terbukti dari sebuah patung raksasa Aang di pintu masuk Kota Republic, ibu kota Republic of Nations. Setelah meninggal, fisik Aang memang tidak pernah terlihat langsung di The Legend of Korra, tetapi dia sempat muncul di sejumlah kisah flashback dan juga sebagai arwah ketika berinteraksi dengan Avatar Korra. Terakhir kali arwah Aang terlihat adalah ketika dia menolong anaknya yang bernama Tenzin yang terjebak di dalam kabut.

Itulah pembahasan tentang bagaimana Aang meninggal dunia di waralaba Avatar. Meskipun umurnya pendek, syukurnya Aang meninggal dalam keadaan damai sehingga semua perjuangannya selama ini bisa terbayarkan dengan semua ketenagan di akhir hayatnya. Selain berhasil memulihkan kedamaian dunia, dia bahkan sampai mendirikan Republic of Nations, satu-satunya negara yang menyambut semua orang tanpa peduli apa bangsa dan suku mereka. Nilai perjuangan inilah yang akhirnya tercermin pada semua reinkarnasinya, termasuk Korra dan Avatar lain setelahnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.