Universe Marvel memiliki beberapa dewa yang sangat ikonik baik secara penampilan, cerita, atau kepribadian. Yang menarik adalah terdapat dewa yang justru menjadi salah satu karakter favorit para fans. Para dewa tersebut terinspirasi dari berbagai mitologi atau agama yang ada di seluruh dunia. Banyak dari para dewa dan dewi tersebut merupakan pelindung dari orang-orang yang tidak bersalah.

Namun, ada juga dewa dan dewi yang justru jahat serta menjadi sumber dari berbagai masalah. Dengan kekuatan dahsyat yang mereka miliki, sering kali para dewa tersebut memiliki kepribadian yang kompleks. Namun, tidak jarang juga justru hal tersebut menjadi daya tarik para fans. Berikut adalah para dewa yang sangat ikonik di universe Marvel.

Zeus

Rasanya hampir semua Geeks tahu tentang sosok Zeus. Dia adalah dewa langit, udara, dan cuaca. Zeus juga merupakan salah satu dewa di universe tersebut yang terinspirasi dari dewa dalam mitologi Yunani. Sosoknya pernah muncul di MCU dalam film Thor: Love and Thunder, dan diperankan oleh Russel Crowe. Dalam industri film sendiri Zeus merupakan sosok dewa yang populer.

Marvel sendiri coba menghadirkan beberapa hal yang terkait dengan kekuatan dan kepribadiannya untuk dihadirkan di universe tersebut, tentunya dengan beberapa hal unik yang mereka tambahkan. Misalnya, Zeus adalah salah satu dewa Marvel yang memiliki kekuatan manusia super yang mampu mengalahkan Hulk dengan mudah. Dia pun adalah teman baik dari Odin, dan bahkan sempat menjadi mentor bagi Thor di Marvel Comics.

Gaea

Seperti halnya Zeus, Gaea merupakan salah satu dewi mitologi yang sangat populer. Di universe Marvel sendiri dia adalah salah satu dewi dari Elder Golds yang sangat cinta damai. Di sisi lain, Gaea merupakan salah satu karakter yang sangat kuat di mana level kekuatannya bahkan melampaui She-Hulk, Odin, bahkan Zeus. Gaea memiliki julukan Mother Goddess.

Gaea pertama kali mengunjungi bumi sebelum kehidupan ada di planet ini. Dia adalah salah satu dewi yang menggunakan kekuatan mistisnya dan kemampuan penyembuhannya untuk menghidupkan bumi. Dia memerintahkan alam untuk tumbuh dan berkembang. Gaea sendiri diketahui memiliki kemampuan manusia super epik seperti telekinesis.

Amatsu-Mikaboshi

Amatsu-Mikaboshi adalah sosok dewa yang sangat jahat dan mengerikan. Karakternya terinspirasi dari sosok dewa jahat yang memang ada dalam kepercayaan Shinto di Jepang yang bernama Amatsumikaboshi. Amatsu-Mikaboshi sendiri dikenal sebagai Chaos King atau Dewa Kejahatan. Selain terkenal sebagai dewa yang sangat jahat, Chaos King juga mempunyai hobi yang sangat ekstrem, yaitu membunuh dewa-dewa lain.

Bukti kedahsyatan dan kengerian Mikaboshi muncul dalam seri cerita Chaos War. Selain kekuatan dan kemampuan fisik, Amatsu-Mikaboshi merupakan seorang pengguna sihir hitam yang sangat kuat. Dan berkat hal tersebut, dia mampu bertahan dari berbagai serangan dewa-dewa lainnya atau serangan makhluk supranatural. Sayangnya, pasca alur cerita di Chaos War tersebut sosok karakter Mikaboshi hampir tidak pernah lagi muncul dalam cerita komik mana pun.

Bast

Bast adalah salah satu dewa terkuat dan ikonik di universe Marvel, di mana banyak orang yang jelas mengenal sosok dewa ini. Karakter Bast terinspirasi dari Bastet, yang mana dalam kepercayaan Mesir kuno dia adalah perwujudan dari dewa kucing. Bast merupakan salah satu dewa Mesir kuno terkuat yang muncul di Marvel dan juga dikenal sebagai Panther God atau Dewa Macam Kumbang.

Bast bisa memilih siapa yang cocok untuk menjadi avatar atau wadah selanjutnya dari Black Panther. Dalam cerita Marvel, Bast sudah lebih dari ribuan tahun dipuja oleh para penduduk Wakanda. Dan baik di komik atau filmnya, Bast sudah pernah muncul beberapa kali. Diketahui jika Bast mendapatkan kekuatan dari matahari, serta merupakan karakter yang abadi dengan berbagai kekuatan super.

Death/Lady Death

Dalam cerita Marvel Comics, Lady Death adalah salah satu dewi Marvel terkuat dengan kekuatan yang hampir tidak tehingga. Namun, seperti halnya Mikaboshi, Lady Death justru menjadi sosok dewi yang jahat. Karena Lady Death adalah perwakilan nyata dari kematian, dia tidak memiliki wujud pasti. Dia bisa berubah wujud ke bentuk dan rupa seperti apa pun yang dia inginkan.

Lady Death adalah penguasa dari Alam Kematian (Realm of Death). Namun, sering kali dia pergi ke alam lain, seperti bumi, hanya untuk berbuat kekacauan. Meskipun dia masih belum muncul di MCU, namun di komiknya sendiri Death menjadi salah satu karakter yang cukup berpangaruh. Misalnya, Thanos dan Deadpool sangat jatuh cinta terhadap Death. Bahkan, dalam cerita Infinity War, Thanos rela menghilangkan separuh penduduk alam raya hanya demi menyenangkansosok Death.

Loki

Nama Loki rasanya memang pantas jadi salah satu dewa yang ikonik di universe Marvel. Dia merupakan karakter yang berasal dari dewa dalam mitologi Nordik. Loki dijuluki God of Mischief atau Dewa Kejahatan/kejahilan. Uniknya, Loki merupakan salah satu dewa yang sangat populer di universe Marvel meskipun kepribadiannya sangat luar biasa dan kompleks. Loki juga merupakan adik dari Thor.

Tidak hanya sebagai dewa, sebagai karakter pun Loki merupakan salah satu yang sangat populer. Bahkan, sejauh ini, Loki adalah karakter yang paling aktif dan cukup banyak terlibat dalam berbagai cerita. Misalnya dalam film Avengers dan juga seri Loki. Sihir, manipulasi, dan ilusi, adalah beberapa keahlian dari Loki. Meskipun begitu, dia juga adalah petarung yang handal.

One Above All

One Above All adalah sosok dewa yang paling ikonik dan merupakan karakter paling kuat di jagat Marvel. Dialah sang pencipta semua dewa-dewa di atas. Tidak ada yang bisa menandingi atau mengalahkan keKuatan One Above All. Sampai sekarang, One Above All memang masih belum muncul di MCU. Tetapi, karakternya berhasil meraih perhatian dari para pembaca komik.

One Above All adalah sosok pencipta para dewa yang sangat luar biasa. Dia bisa jadi sosok yang baik, namun dia juga bisa jadi sosok kejam dan mengerikan. Ketika hal itu terjadi, namanya pun berubah yaitu One Below All. Jika One Above All menggunakan cinta sebagai senjata, maka One Below All menggunakan kebencian sebagai senjata. Para fans sendiri masih menantikan kemunculannya di MCU.

Universe Marvel memang tidak pernah kekurangan sosok dewa yang luar biasa dan juga ikonik. Beberapa nama di atas adalah contoh nyata dari pernyataan tersebut. Tentunya, dalam beberapa dekade terakhir Marvel sudah banyak menambahkan para dewa baru dalam cerita mereka. Hal ini tentunya semakin memperluas dan memperkaya mitologi cerita Marvel.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.