Beberapa hari yang lalu Marvel Studios telah merilis trailer terbaru Ant-man and the Wasp Quantumania. Pada sejumlah cuplikannya kita bisa melihat betapa megahnya markas Kang the Conqueror di MCU, begitu juga dengan pasukannnya yang sangat masif dan tampak sangat mengancam. Meskipun saat ini kita masih belum mengetahui identitas dan juga kekuatan pasukan Kang di MCU, tetapi di Marvel Comics sendiri memang ada tiga pasukan besar yang bertempur di bawah komando Kang the Conqueror. Sebelum melihat versi live actionnya nanti, mari kita kenali 3 pasukan khusus Kang yang eksis di Marvel Universe.

Army of 40th Century

Pertama kali diperkenalkan dengan identitas Kang the Conqueror pada tahun 60-an, villain penjelajah waktu yang aslinya berasal dari abad ke-31 ini diceritakan memutuskan untuk pergi ke masa depan, tepatnya abad ke-40 untuk mendirikan kerajaannya sendiri. Pada titik inilah dia langsung mendirikan kerajaannya dan kemudian memperluas ekspansinya dengan pasukan khusus yang dia rekrut sendiri. Sebagai para manusia yang eksis pada masa depan, pasukan Kang ini bisa dibilang cukup mengerikan karena sejumlah armor dan senjata canggih yang mereka miliki.

Hanya dalam waktu satu minggu, Kang dan pasukan masa depannya ini mampu menguasai hampir seluruh penjuru Bumi, kecuali Kerajaan Careilus. Salah satu alasan mengapa hambatan ini bisa muncul adalah karena Kang ternyata mencintai Ravonna, anak Raja Careilus. Peristiwa ini pada akhirnya berujung pada pembunuhan Ravonna oleh salah satu komandan Kang yang bernama Baltag, sebelum akhirnya Kang sendiri memutuskan untuk pergi ke Limbo meninggalkan semuanya dengan penuh penyesalan.

Chronopolis Armies

Setelah belajar dari pengalaman sebelumnya, Kang kembali mendirikan kerajaan baru di Limbo yang bernama Chronopolis. Pertama kali diperkenalkan di komik Captain America Annual #11 (1992), Chronopolis adalah sebuah kota masif yang berada di luar timeline. Untuk mendukung kekuatan markas barunya ini Kang kemudian kembali mendirikan pasukan yang kali ini bersumpah akan menuruti semua keputusannya. Semua anggota pasukannya ini merupakan para manusia yang dibekali dengan armor dan senjata dari berbagai timeline.

Meskipun tidak dijelaskan secara eksplisit di Marvel Comics, kemungkinan besar pasukan Chronopolis ini adalah pasukan yang Kang bawa bersama markas bergerak Damocles di peristiwa Kang Dynasty. Dengan jumlah yang sangat besar, ditambah dengan bantuan dari para villain, pasukan Kang ini diceritakan berhasil menguasai Bumi setelah meruntuhkan Washinton D.C. dan kota-kota besar lainnya di seluruh dunia. Mereka baru bisa dikalahkan setelah Avengers menyatukan kekuatan untuk meruntuhkan Damocles, meninggalkan Kang sendirian tanpa siapa pun yang mendukungnya.

Anachronauts

Pasukan selanjutnya yang diciptakan secara khusus oleh Kang untuk mengukuhkan kekuasaannya di Chronopolis adalah Anachronauts. Bedanya dengan pasukan Chronopolis biasa, Anachronauts merupakan para manusia super atau pejuang tangguh yang berasal dari berbagai timeline. Kang tidak perlu membekali pasukan elite ini dengan teknologi canggih, karena pada dasarnya mereka sudah mempunyai berbagai kekuatan super yang bahkan mampu menandingi Avengers.

Adapun para manusia super yang menjadi bagian dari Anachronauts di antaranya adalah Deathhunt 9000, Apocryphus, Raa, Sir Raston, Ssith, Tyndar, dan Wildrun. Dalam salah satu kisahnya, mereka bahkan pernah berhasil mengalahkan Avengers dan Fantastic Four yang datang bersamaan ke Chronopolis. Namun kemenangan mereka tidak bertahan lama, karena pada akhirnya Avengers dan Fantastic Four yang lolos dari penjara Chronopolis, berhasil memberikan serangan balasan yang cukup telak juga kepada mereka.

Itulah 3 pasukan khusus Kang the Conqueror yang eksis di Marvel Universe. Berdasarkan sejarah dan eksistensi ketiga pasukannya ini cukup jelas bahwa Kang tidak pernah melakukan misi penaklukan tanpa membawa kekuatan militernya. Hal yang sama juga tampaknya akan terjadi di MCU, di mana Kang akan muncul bersama pasukannya di film Ant-Man and the Wasp Quantumania pada tanggal 17 Februari nanti. Menurut kalian dari semua pasukan Kang di komik, kira-kira mana yang akan dihadirkan di filmnya? Pasukan abad 40, pasukan Chronopolis, atau malah pasukan sekelas Anachronauts?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.