Belakangan ini Marvel Cinematic Universe mulai perlahan-lahan menjelajahi sejumlah lokasi ikonis di luar Bumi yang sebelumnya hanya terlihat di Marvel Comics. Salah satunya adalah kota sang big bad villain Kang yang telah terlihat di trailer terbaru Ant-Man and the Wasp Quantumania. Di mana bentuk dan strukturnya terlihat sangat mirip sekali dengan kota megah nan canggih Chronopolis yang memang terkenal sebagai markas Kang the Conqueror. Sebelum melihat versi live action-nya di MCU nanti, mari kita jelajahi lebih dahulu seperti apa Chronopolis di Marvel Comics melalui 7 fakta menarik berikut ini.

Dibangun Untuk Kalahkan Avengers

Debut di komik Captain America Annual #11 (1992), karya Roy Thomas dan Larry Alexander, Chronopolis adalah sebuah kota yang sengaja dibangun oleh kang setelah kekalahan pertamanya dari Avengers. Mengetahui bahwa tim superhero terbaik Bumi tersebut tidak mudah untuk dikalahkan, dia lantas menjadikan markas barunya ini sebagai basis utama untuk menyusun strategi sekaligus menyerang Avengers. Dalam prosesnya, berkat eksistensi Chronopolis, dia juga mulai mengembangkan tujuan lain yang lebih ambisius, seperti menguasai berbagai timeline dari markas kesayangannya ini.

Berlokasi di Limbo

Fakta menarik selanjutnya dari markas Kang ini adalah lokasi Chronopolis yang sengaja ditempatkan di ujung dimensi Limbo. Di Marvel Comics sendiri, Limbo sering digambarkan sebagai sebuah pocket universe unik yang tidak memiliki waktu karena berada di luar sejarah dan time stream (arus waktu) Marvel pada umumnya. Lokasi ini sengaja dipilih agar Chronopolis bisa terhubung langsung ke berbagai timeline tanpa perlu khawatir akan merusak eksistensi kotanya sendiri. Sejak awal letak geografis kotanya ini sudah Kang tentukan agar semua misi penaklukan timelinenya bisa berjalan lebih mulus.

Kota Futuristik Yang Megah

Selain lokasinya yang sangat ideal, Chronopolis juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih nan megah di setiap penjuru kotanya. Kota yang didesain oleh Kang dengan bentuk lingkaran dan ditutupi oleh kubah transparan ini berisi titik-titik akses ke semua era atau timeline yang sebelumnya telah ditaklukkan oleh Kang atau sedang dalam proses penaklukan. Setiap wilayah di Cronopolis umumnya menggambarkan semua era Bumi, seperti zaman Mesir Kuno, tahun 80-an, masa sekarang, bahkan masa depan yang lebih futuristik.

Ditenagai Forever Crystal

Sebagai kota paling unik sekaligus futuristik di Marvel Universe, tentunya Chronopolis hanya bisa bertahan dengan mesin tercanggih milik Kang yang disebut Heart of Forever atau Forever Crystal. Dengan mesin ini Chronopolis bisa eksis secara bersamaan di setiap cabang time stream, yang pada akhirnya mempermudah sang Conqueor untuk mengakses timeline lain. Yang lebih hebatnya lagi, Forever Crystal juga memungkinkan apa pun yang dilakukan Kang di kotanya ini dapat mengubah sejarah secara utuh, tanpa perlu khawatir akan melahirkan cabang timeline baru di multiverse yang lebih luas.

Markas Komando Pasukan Kang

Tentunya sebagai sebuah markas yang sangat diandalkan oleh Kang, Chronopolis juga harus dijaga oleh sejumlah pasukan Kang yang bertugas sebagai penjaga ketertiban dan keamanan di kotanya. Jadi ketika dia keluar untuk melakukan penaklukan, Chronopolis masih mempunyai pertahanan pribadinya yang terdiri dari pasukan khusus. Selain pasukan standar yang dibekali dengan peralatan canggih, dia juga sengaja menciptakan tim Anachronauts sebagai pasukan elitenya di Chronopolis. Anggota timnya sendiri terdiri dari para pejuang terbaik yang berasal dari berbagai timeline, seperti Deathhunt 9000, Wildrun, Apocryphus, Raa, Sir Raston, Ssith, dan Tyndar.

Terdapat Ruangan Khusus Trofi

Bukan Kang namanya jika tidak mempunyai ruangan khusus untuk memamerkan prestasinya. Faktanya di setiap markasnya, termasuk Chronopolis, Kang selalu menyediakan ruangan khusus untuk koleksi trofi kemenangannya. Di ruangan ini tersimpan sejumlah kostum atau benda khas dari para karakter varian populer Marvel yang telah Kang kalahkan sebelumnya. Termasuk berbagai armor Iron Man, topeng Doctor Doom, kostum Spider-Man, perisai Captain America dari berbagai zaman, sisa-sisa tubuh MODOK, tengkorak adamantium Wolverine, helm Ant-Man, dan masih banyak lagi.

Incaran Para Penjelajah Waktu

Karena lokasinya yang terhubung ke berbagai timeline, Chronopolis menjadi incaran banyak penjelajah waktu, khususnya para musuh Kang. Misalnya varian Ravonna Renslayer bernama Terminatrix yang pernah beberapa kali mencoba merebut Chronopolis dari Kang. Salah satu upaya di Avengers: The Terminatrix Objective bahkan sampai melibatkan Avengers dan Fantastic Four sebagai umpannya. Selain Terminatrix, varian tua Kang yang bernama Immortus juga sering berusaha menghancurkan Chronopolis. Di kisah Avengers: Forever, upaya terakhir Immortus terbukti membuahkan hasil karena dia berhasil merebut Forever Crystal sehingga Chronopolis akhirnya runtuh dan memaksa Kang untuk kabur.

Itulah 7 fakta menarik markas Kang the Conqueror yang disebut Chronopolis. Berdasarkan semua fakta ini bisa kita simpulkan bahwa Chronopolis sangatlah berharga bagi Kang. Karena jika tidak ada markasnya ini, mungkin Kang tidak akan bisa menjadi big bad villain seperti sekarang. Itulah mengapa kemunculan Kang di MCU juga membutuhkan Chronopolis agar rencananya bisa tercapai dengan lebih mudah. Kita lihat saja nanti apakah semua fakta menarik ini akan dihadirkan juga di Ant-Man and the Wasp Quantumania, semuanya hanya akan terjawab saat filmnya tayang pada 17 Februari nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.