Dalam trailer Ant-Man and the Wasp: Quantumania, Kang the Conqueror diperlihatkan memiliki bekas luka di wajahnya, tetapi siapa melukai wajah Kang tersebut? Seperti yang sudah Geeks ketahui, Quantumania akan jadi pembuka untuk Phase 5 Marvel Cinematic Universe. Film yang akan mengeksplor lebih dalam tentang Dunia Quantum ini akan menghadirkan sosok villain baru yaitu Kang the Conqueror.

Sosok Kang diyakini akan jadi villain utama di Phase 5 sebagai penerus dari Thanos. Dan dalam trailer terbaru filmnya kemarin, kita akhirnya melihat aksi dari Kang. Jika Geeks perhatikan, terdapat luka di wajahnya yang berupa dua garis lurus. Pertanyaan besarnya kemudian siapa sosok yang melukai wajah Kang tersebut? Bagaimana sosok itu melakukannya?

Dua Garis di Wajah Kang

Karakter Nathaniel Richards alias Kang the Conqueror merupakan salah satu karakter populer dari Marvel Comics. Kang dikenal sebagai seorang penjelajah waktu dan sering menaklukan banyak hal. Inilah yang menjadi alasan mengapa Kang mendapatkan julukan “The Conqueror” alias “Sang Penakluk.” Selain perjalanan waktu dan berbagai hal modern, ada hal lain yang jadi ciri khas Kang.

Jika Geeks perhatikan dari wajah Kang, terdapat dua garis lurus yang tepat melewati pelupuk matanya hingga ke pipi. Hal ini juga yang coba dihadirkan oleh karakter Kang yang muncul dalam film Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Meskipun begitu ada perbedaan yang sangat mencolok dari dua garis di wajah Kang tersebut antara versi komik dan versi film layar lebar.

Untuk versi komik, dua garis di wajahnya tersebut memang benar-benar garis biasa yang merupakan bagian dari armor yang dia kenakan. Namun, Marvel Comics coba menghadirkan retcon cerita dari hal ini di komik Kang the Conqueror #1 yang ditulis oleh Jackson Lanzing dan Collin Kelly. Dalam komik tersebut, diceritakan jika Nathaniel Richards muda hidup di abad ke 31.

Dia kemudian bertemu dengan sosok Kang dari masa depan. Kang dari masa depan kemudian menjadikan Nathaniel Richard muda sebagai muridnya dan membawa dia ke masa lalu. Di suatu hutan belantara, Nathaniel kemudian bertemu dengan seorang wanita bernama Adi. Adi menyelamatkan Nathaniel dari serangan T-Rex. Dia kemudian membawa Nathaniel Richards ke sukunya dan kemudian memberkati Nathaniel dengan dua garis di wajahnya.

Berbeda dengan versi komik, di film Quantumania nampak dua garis di wajah Kang bukanlah garis biasa. Dua garis tersebut terlihat jelas merupakan bekas luka. Melihat dari apa yang dihadirkan dalam trailernya, serta informasi karakter dari komiknya, Kang jelas bukanlah sosok yang lemah. Artinya, jelas ada sebuah hal yang sangat besar atau sosok yang kuat yang kemudian jadi penyebab bekas luka tersebut. Lalu, siapa yang mampu untuk melukai wajah Kang?

Siapa Yang Lukai Wajah Kang?

Sampai sejauh ini, baik di komik atau pun di filmnya sendiri masih belum ada informasi mengenai siapa yang mampu untuk memberikan luka di wajah Kang. Meskipun begitu, banyak teori dan spekulasi yang kemudian beredar di kalangan fans terkait hal ini. Ada beberapa karakter yang diyakini menjadi penyebab luka di wajah Kang tersebut. Siapa saja?

Kang Dari Realita Lain

Dalam seri Loki kita diperkenalkan salah satu variant dari Kang yaitu He Who Remains. Dengan banyaknya variant Loki yang ada, artinya Kang pun memiliki banyak variant. Dalam cerita komiknya sendiri, Kang memang diketahui memiliki banyak variant alias versi alternatifnya. Namun, untuk versi film sendiri kita masih belum tahu ada berapa banyak jumlah variantnya.

Dalam salah satu spekulasi disebutkan jika Kang di Quantumania adalah versi Kang yang berhasil menang dalam peristiwa Kang Wars. Di komiknya, Kang War atau Kang Dynasty sendiri adalah peristiwa di mana Kang dan anaknya, Marcus, bertarung menghadapi seluruh Avengers di abad ke-21. Kang di film Quantumania dispekulasikan selamat dari pertempuran tersebut dan bekas luka tersebut adalah bukti nyatanya.

Dalam spekulasinya juga disebutkan jika ada kemungkinan hal ini jadi jembatan untuk alur cerita Kang Dynasty dan Secret Wars versi MCU. Yang juga menarik adalah terdapat juga spekulasi jika Kang di Quantumania sengaja dijebak dan “dikurung” di Dunia Quantum oleh variant Kang lainnya. Karena, mereka semua tidak percaya dan bahkan dikhianati oleh para variant Kang tersebut. Inilah kemudian alasan Kang meminta bantuan Scott Lang untuk keluar dari Dunia Quantum.

Ikaris

Yang kedua adalah adalah Ikaris. Diperkenalkan di film Eternals, Ikaris merupakan pemimpin sekaligus Eternal yang paling kuat. Dalam filmnya, Ikaris pernah memperlihatkan salah satu kekuatan yang dia miliki yaitu laser vision. Ini adalah sebuah serangan laser yang keluar dari matanya, mirip heat vision milik Superman. Dalam filmnya, diceritakan jika Eternals sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Mereka sudah pernah menghadapi berbagai macam musuh dan ancaman yang coba untuk menghancurkan bumi. Mungkin, Kang the Conqueror pernah mencoba untuk menyerang bumi yang mana hal itu membuat para Eternals untuk bergerak. Dalam pertarungannya melawan Eternals bisa jadi Ikaris kemudian berhasil untuk melukai wajah dari Kang dengan menggunakan sinar laser dari matanya.

Janet Van Dyne

Ketiga adalah Janet Van Dyne. Janet merupakan karakter yang diketahui pernah terjebak di Dunia Quantum selama puluhan tahun, seperti yang diperlihatkan di film Ant-Man 2. Beruntung, Scott dan Hank serta Hoper berhasil menyelamatkannya di akhir film. Di trailer film Quantumania diperlihatkan bagaimana Janet begitu panik ketika Cassie menyalakan sebuah alat yang terkoneksi dengan Dunia Quantum.

Dalam artikel sebelumnya, terdapat sebuah teori jika Janet mungkin mengenal Kang dan bahkan pernah bekerja untuk Kang. Inilah alasan mengapa kemudian Janet panik dan ketakutan ketika Cassie mengaktifkan alat tersebut. Janet mungkin pernah bertarung menghadapi Kang dengan memanfaatkan kekuatan Dunia Quantum atau berbagai hal lainnya.

Hal itu sengaja dia lakukan demi bertahan hidup. Mungkin, inilah alasan Janet bisa selamat dan senang ketika berhasil diselamatkan oleh Hank. Janet mungkin bukan sosok yang kuat, namun dia bisa jadi memiliki kekuatan yang bisa menandingi kekuatan Kang berkat energi di Dunia Quantum. Luka tersebut juga mungkin diakibatkan oleh Janet ketika mencegah Kang kabur dari Dunia Quantum. Kita nantikan saja ya Geeks jawaban pastinya tentang siapa yang melukai wajah Kang pada Februari mendatang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.