Debut pada tahun 1961, Fantastic Four dikenal sebagai tim keluarga super pertama di Marvel Universe. Julukan tersebut muncul karena pada dasarnya anggota Fantastic Four terdiri dari para keluarga atau orang terdekat, seperti Reed Richards, Sue Storm, Johnny Storm, dan Ben Grimm. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Fantastic Four juga mulai menerima anggota dari luar, seperti 5 mutant yang akan kita bahas kali ini. Di mana mereka bergabung sebagai anggota tambahan bahkan pengganti dari anggota lama. Siapa saja mereka? Mari langsung saja simak daftarnya di bawah ini, Geeks.

Storm

Layaknya manusia biasa, Reed alias Mister Fantastic dan Sue alias Invisible Woman juga membutuhkan waktu khusus untuk memperkuat hubungan mereka sebagai suami istri. Hal ini pernah diceritakan di kisah Reconstruction, di mana Reed dan Sue memilih untuk mundur dari Fantastic Four dan terpaksa meninggalkan Johnny alias Human Torch dan Ben alias The Thing. Untuk mengisi kekosongan tersebut, Storm yang baru saja menikah dengan Black Panther lantas memutuskan untuk bergabung dengan tim di komik Fantastic Four #544-550.

Di komiknya, Storm, Black Panther, dan tim Fantastic Four yang baru ini diceritakan banyak mengalami petualangan kosmik. Termasuk bertarung dengan entitas kosmik Galactus, melawan tim supervillain Frightfull Four (Wizard, Titania, Hydro-Man, Trapster), bahkan melawan para zombie super dari Zombieverse. Untungnya, karena Storm dikenal sebagai mutant omega level yang kekuatan pengendalian cuacanya sangat luar biasa, jadi semua rintangan yang dihadapinya Fantastic Four relatif bisa diselesaikan dengan lebih mudah.

Advertisements

Iceman

Mutant sekaligus anggota X-Men selanjutnya yang mempunyai rekam jejak sebagai anggota Fantastic Four adalah Iceman. Sepak terjang Iceman bersama tim keluarga super Marvel ini pertama kali terjadi ketika mereka menghadapi ancaman dari villain multiverse yang bernama Griever at the End of All Things. Komik Fantastic Four #24 bahkan pernah mengungkap bahwa ternyata Iceman telah lama menjadi anggota Fantastic Four, khususnya saat Human Torch tidak ada. Mengganti manusia api dengan manusia es adalah salah satu langkah brilian yang pernah diambil Marvel. Karena dengan begini para penggemar bisa melihat sisi lain dari Fantastic Four yang belum pernah ada sebelumnya.

Wolverine

Semua penggemar Marvel, khususnya X-Men, pasti tahu siapa Wolverine. Mutant yang mempunyai nama asli Logan ini ternyata pernah diceritakan bergabung dengan tim keluarga super andalan Marvel di komik Fantastic Four #348. Pada saat itu karena tim Fantastic Four yang asli diceritakan menghilang, empat superhero ditunjuk untuk menggantikan posisi mereka. Wolverine, Spider-Man, Hulk, dan Ghost Rider, merupakan sekutu lama Fantastic Four yang akhirnya menjadi pengganti mereka.

Petualangan Wolverine bersama tim Fantastic Four baru ini bahkan sampai diceritakan secara khusus di komik What If…? #78 dan What If This Was the Fantastic Four?. Berdasarkan hal tersebut cukup jelas bahwa Wolverine sebagai anggota Fantastic Four mempunyai tempat khusus di hati para penggemarnya.

Advertisements

Big Eyes & Leech

Meskipun penampilan Big Eyes dan Leech mirip seperti alien, pada kenyataannya mereka adalah mutant Bumi yang kekuatan supernya telah memengaruhi penampilan mereka. Big Eyes sendiri adalah seorang mutant berkulit ungu yang hanya bisa berbicara dengan menggunakan kekuatan telepatinya. Sedangkan Leech adalah mutant langka yang mampu menghilangkan kekuatan super orang lain untuk sementara waktu.

Menariknya kemampuan dari kedua anak ajaib ini pada akhirnya memungkinkan mereka untuk bergabung dengan versi masa depan Fantastic Four yang disebut Future Foundation. Semuanya bisa terjadi karena anak Reed dan Sue yang bernama Franklin Richards merasa bahwa Big Eyes dan Leech adalah dua dari sekian banyak anggota Future Foundation yang dapat mewujudkan tujuan tim mereka, yaitu melindungi Bumi dari ancaman para ilmuwan jahat.

Itulah para mutant Marvel yang pernah diceritakan bergabung dengan Fantastic Four. Baik sebagai anggota pengganti maupun anggota tambahan, keterlibatan para mutan ini secara tidak langsung telah mengubah tradisi Fantastic Four yang awalnya hanya merekrut para keluarga dan orang terdekat saja. Faktanya meskipun tidak mempunyai hubungan darah atau sejarah perteman yang panjang, pada akhirnya justru para mutant ini bisa berbaur dengan anggota Fantastic Four lain dan bahkan menjadi seperi keluarga sungguhan.