Karakter villain MODOK ternyata memiliki berbagai jenis alternatif lainnya dalam cerita di Marvel Comics yang menambah keunikan dari sang karakter. Dalam cerita komiknya sendiri MODOk merupakan salah satu villain yang sering dihadapi oleh para Avengers dan pahlawan lainnya. Bernama asli George Tarleton, dia harus mengalami nasib buruk yang kemudian mengubahnya menjadi MODOK.

Dalam film Ant-Man and the Wasp: Quantumania kemudian diketahui jika MODOK akan muncul sebagai salah satu villain. Ini merupakan penampilan perdana dari karakternya di layar lebar. Namun, mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika sebenarnya Marvel pernah menghadirkan berbagai jenis alternatif dari MODOK dalam cerita komiknya. Berikut adalah berbagai jenis alternatif MODOK di Marvel Comics.

Nextwave Squad MODOK

MODOK memang banyak dianggap sebagai salah satu karakter Marvel yang memiliki desain karakter unik dan konyol. Hal ini bisa dilihat dari kepalanya yang besar dan duduk di sebuah kursi yang melayang dengan kaki dan lengan yang kecil. Namun, ternyata Marvel memiliki salah satu jenis alternatif MODOk yang cukup esktrem yaitu Nextwave Squad MODOK.

Ini merupakan villain utama yang dihadapi oleh tim pahlawan Marvel bernama Nextwave Squad. Nextwave Squad MODOK berjumlah empat orang, di mana penampilan mereka dianggap mirip seperti Elvis Presley. Jenis alternatif MODOK ini diciptakan oleh sebuah perusahaan yang sangat jahat yaitu Beyond Corporation. Di akhir ceritanya, tim MODOK ini pada akhirnya berhasil dikalahkan.

MODOT

Versi asli dari MODOK merupakan hasil eksperimen yang dilakukan oleh Advanced Idea Mechanism (AI.M.) yang membuat George akhirnya berubah menjadi sosok tersebut. Namun, MODOT merupakan salah satu versi terbaru yang memiliki beberapa peningkatakan dari versi sebelumnya. MODOT sendiri merupakan singkatan dari Mobile Organism Designed Only For Talking.

Salah satu peningkatan yang membedakan MODOT dan MODOK adalah versi terbaru ini mampu untuk berjalan. MODOK sendiri tidak bisa berjalan karena kepalanya terlalu besar dan berat, yang membuatnya hanya bisa duduk di kursi terbangnya. MODOT sendiri pertama kali muncul di sebuah miniseri Howard The Duck yang rilis pada 2007.

MODOG

Selain MODOT, versi alternatif lainnya dari MODOK adalah MODOG. Ini merupakan versi alternatif MODOK yang sama-sama ada di Earth-616. MODOG merupakan singkatan dari Mobile Organism Designed Only for Genocide. Pada awalnya, seperti MODOT, MODOG merupakan versi terbaru dengan berbagai peningkatan dengan harapan akan jauh lebih mematikan dan memiliki daya hancur besar. Sayangnya, kemampuan MODOG di luar ekspektasi di mana justru dia sangat mengecewakan. Iron Man berhasil mengalahkannya dan kemudian membuangnya di luar angkasa.

Ultimate MODOK

Universe Ultimate Comics merupakan sebuah universe merupakan rumah bagi berbagai jenis alternatif karakter Marvel Comics, termasuk MODOK. Universe yang berada di Earth-1610 tersebut menghadirkan versi yang sangat mengerikan dari MODOK. Dalam universe alternatif ini diceritakan jika MODOK bukanlah hasil eksperimen dari A.I.M., melainkan akibat infeksi yang dilakukan oleh Gah Lak Tus, Galactus versi Ultimate Universe.

Ultimate MODOK sendiri memiliki bentuk kepala yang besar berwarna merah, dilengkapi dengan semacam tentakel yang bisa menyerang siapa pun. Yang menarik adalah di akhir ceritanya diperlihatkan jika Ultimate MODOK berhasil dihancurkan. Dan ternyata, di dalamnya terdapat karakter lain yang menggerakan Ultimate MODOK tersebut yaitu Doctor Faustus.

Embryonic MODOK

Sebagai salah satu villain klasik di Marvel Comics wajar jika MODOK sudah sering bertarung dengan banyak pahlawan di sepanjang kemunculannya. Salah satunya adalah Carol Danvers alias Captain Marvel. Carol pernah menghadapi salah satu jenis alternatif dari MODOK yang cukup mengerikan yaitu Embryonic MODOK. Dalam ceritanya, ketika Carol masih menjadi Ms. Marvel dia pernah menghadapi 24 embrio kepala MODOK. Secara bersama-sama, seluruh embrio MODOK tersebut mampu untuk mendistorsi realita dengan cara memisahkan kepribadiannya sebagai Carol Danvers dan juga pejuang Kree.

Resurrected MODOK

Dalam komik Captain America #313 yang rilis pada 1986, MODOK diceritakan kembali dari kematiannya. Setelah dianggap gagal oleh AIM, mereka pun kemudian menghabisi MODOK. Namun, kematian tersebut tidak lama karena dalam Captain America #440 yang rilis pada 1996 diperlihatkan jika AIM kembali menghidupkan MODOK. Dalam versi yang baru ini AIM meningkatkan kekuatan dari MODOK, bahkan dia pun mengambil alih posisi pimpin organisasi tersebut. Dia juga kemudian bergabung dengan The Intelligencia, sebuah kelompok supervillain yang memiliki peran besar dalam terciptanya Red Hulk.

Ms. MODOK

Marvel juga ternyata pernah menghadirkan love interest untuk MODOK yaitu Ms. MODOK. Karakter ini pertama kali muncul di komik The Incredible Hulk #287 yang rilis pada 1983. Dalam ceritanya, diperlihatkan jika MODOK berusaha menciptakan sosok MODOK lain untuk jadi pendampingnya. Akhirnya, dia pun mengubah Dr. Katherine Waynesboro untuk menjadi Ms. MODOK. Pada dasarnya, karakter ini mirip dengan MODOK. Hanya saja Ms. MODOK memiliki rambut hitam yang terurai. Ironisnya, Ms. MODOK menolak MODOK dan apa yang sudah dia lakukan dan memintanya untuk mengembalikan ke bentuk manusianya. MODOK pun kemudian mewujudkan keinginan tersebut.

BRODOK

Salah satu jenis alternatif MODOK yang aneh lainnya adalah BRODOK. BRODOK sendiri merupakan singkatan dari Bio-Robotic Organism Designed Overwhelmingly for Kissing. Berbeda dengan MODOK yang lain, BRODOK justru memiliki penampilan seperti manusia. Dan dalam ceritanya sendiri BRODOK memang diperlihatkan sangat populer di kalangan wanita dan sangat ahli serta sering berciuman dengan berbagai wanita. Namun, ternyata BRODOK merupakan MODOK Superior yang menyamar.

MODOK Superior

Dengan kecerdasan yang dimiliki oleh MODOK dia selalu membuat rencana dan mempersiapkan semuanya. Dan salah satu rencana yang paling berbahaya dan luar biasa adalah bagaimana terciptanya MODOK Superior. MODOK Superior tercipta setelah MODOK yang asli melakukan kloning dari otaknya, dan kemudian menghadirkan bentuk yang baru.

Karena merupakan “kloning” dari MODOK asli, MODOK Superior pun memiliki kemampuan dan juga kekuatan dari MODOK. Tetapi, yang luar biasanya adalah dia justru tidak memiliki kelemahan dari MODOK. Karakter ini menjadi salah satu sosok penting dalam beberapa cerita populer, seperti dalam cerita Fear Itself. MODOK Superior sendiri sempat berevolusi menjadi Ulti-MODOK yang muncul dalam komik Iron Man 2020.

MODAM

Ms. Modok bukan hanya satu-satunya MODOK versi wanita di Marvel Comics. Ada juga versi wanita lainnya yaitu MODAM, yang mana MODOK versi wanita lainnya ini dibuat oleh AIM setelah mereka menghabisi MODOK yang asli. MODAM merupakan singkatan dari Mental Organism Designed for Aggresive Maneuvers dan pertama kali muncul di komik West Coast Avengers #36. MODAM memiliki semua hal yang jadi peningkatan dari MODOK sebelumnya, mulai dari kecerdasan, kekuatan psionic, bahkan Doomsday Chair yang dia gunakan. Ciri khas dari MODAM sendiri adalah lengannya yang panjang yang dia gunakan untuk menyerang musuh.

MODOK memang sudah jadi salah satu karakter villain yang paling aneh yang muncul di komik Marvel. Namun, ternyata Marvel sendiri masih menghadirkan berbagai jenis alternatif lainnya yang tidak kalah menarik dan unik serta aneh dari versi aslinya. Dengan kemunculan perdana MODOK di MCU, mungkin kita juga akan melihat berbagai jenis alternatif ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.