Marvel Studios baru saja merilis trailer kedua untuk film pertama di Fase 5 MCU, Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Di trailer terbaru Quantumania ini ada banyak sekali hal menarik yang terungkap, mulai dari kemunculan MODOK sampai ancaman kematian yang haruis dihadapi oleh Ant-Man. Dari semua pengungkapan tersebut ada satu hal yang cukup menarik perhatian, yaitu superpower baru Kang the Conqueror yang mampu mengeluarkan energi blast besar berwarna biru. Di mana kekuatan ini diduga menjadi salah satu alasan mengapa Kang sangat layak untuk ditakuti di Multiverse Saga.

Kang Miliki Superpower Baru di MCU

Trailer baru Quantumania ini dimulai dengan percakapan menegangkan antara Kang (Jonathan Majors) dan Ant-Man (Paul Rudd). Di mana Kang mengklaim bahwa dirinya bisa memberikan ‘waktu’ kepada siapa pun yang pernah merasa kehilangan waktu. Hal ini secara tidak langsung mengindikasikan bahwa Kang yang muncul di Quantumania nanti sudah mencapai titik di mana dia bisa memanipulasi timeline dengan tangannya sendiri. Menariknya, saat menjelang akhir trailer, Kang terlihat menembakkan energi blast kebiruan dari kedua tangannya, dengan warna yang juga terpancar di wajah dan battle armornya.

Superpower baru Kang ini dimulai dengan energi yang keluar seperti ledakan besar, hal tersebut tergambar pada emosi Kang yang juga meledak-ledak. Saking besarnya energi tersebut, gelombang yang dihasilkan oleh Kang tampak tidak stabil dan sulit dikendalikan. Meskipun belum ada penjelasan yang lebih detail terkait superpower barunya, tetapi dengan ini sosok Kang sudah cukup layak untuk disebut sebagai salah satu villain paling mengerikan di MCU. Sebagai seorang penguasa timeline, bukan tidak mungkin juga superpowernya ini memiliki semacam efek untuk mengubah waktu di sekitar Kang.

Pernahkah Energi Blast ini Muncul di komik?

Seperti yang kita tahu, di Marvel Comics sendiri sebenarnya Kang bukanlah villain yang mempunyai superpower alami. Sebagai gantinya, dengan kecerdasan dan teknologi masa depan yang dimilikinya, Kang bisa menciptakan battle armor canggih yang memungkinkan dia mampu menandingi manusia super lain. Namun dalam sejarah komiknya Kang sendiri mungkin belum pernah mengeluarkan energi blast besar seperti yang terlihat di trailer Quantumania. Adapun energi yang biasanya dia pakai untuk menyerang musuhnya adalah gelombang listrik yang keluar dari ujung jari-jarinya.

Walaupun begitu, seperti yang bisa kalian lihat pada gambar di atas, ada satu varian muda Kang yang memodifikasi battle armornya agar bisa mengeluarkan energi blast, dia adalah Iron Lad. Karakter yang muncul di Young Avengers ini digambarkan sebagai versi heroik Kang yang ingin menjadi superhero seperti Tony Stark alias Iron Man. Itulah mengapa dia bisa mengeluarkan energi blast dari kedua tangannya layaknya Iron Man. Namun, energi blast Iron Lad ini hanya sebatas mengeluarkan ledakan energi, sinar magnet, dan busa pemadam api, bukan memanipulasi waktu seperti teori superpower Kang di MCU.

Superpower Kang sesungguhnya di Ant-Man 3

Meskipun Kang versi komik belum pernah terbukti mengeluarkan energi blast layaknya Iron Lad atau Iron Lad, tetapi bisa saja superpower barunya yang terlihat di Quantumania ini adalah penambahan khusus di MCU. Apalagi jika dikaitkan dengan penggambaran timeline dan garis multiverse MCU yang juga berwarna biru, seperti di serial Loki, tidak aneh jika superpower ini memungkinkan Kang untuk memanipulasi waktu para korban yang terkena energi blastnya. Khususnya jika mengacu pada pernyataan Janet Van Dyne di trailernya, bahwa Kang “dapat menulis ulang sejarah kehidupan dan menghancurkan timeline”.

Jika benar superpower baru Kang ini sedahsyat teorinya, bisa kita simpulkan bahwa di antara semua energi blast yang pernah terlihat di MCU, hanya milik Kang saja yang tidak mungkin bisa ditahan. Karena jika seseorang terkena energi blastnya, mungkin saja Kang bisa mempercepat umur korbannya sehingga mereka bisa menjadi lebih tua dalam sekejap, atau memundurkan umurnya sampai para korbannya menjadi bayi bahkan menghilang seperti tidak pernah tercipta. Yang jelas, dengan superpower yang bisa memanipulasi waktu secara langsung ini, Kang tampaknya akan makin sulit untuk dikalahkan.

Itulah pembahasan tentang superpower baru Kang yang sepertinya akan mulai diperkenalkan di film Quantumania nanti. Terlepas dari kebenarannya nanti, sebenarnya cukup masuk akal jika Marvel Studios memberikan sejumlah keunggulan baru kepada Kang agar dia tampak lebih superior dari karakter mana pun di MCU. Karena hanya dengan begitu, Kang layak menyandang julukan sebagai big bad villain Multiverse Saga. Tinggal kurang dari 6 minggu lagi sampai akhirnya kita bisa melihat kehebatan Kang ini di film Ant-Man and the Wasp Quantumania yang akan rilis pada 17 Februari nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.