Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Film James Cameron Paling Mahal!

7 Film James Cameron Paling Mahal!

Siapa yang tidak mengenal James Cameron? Dia adalah sutradara berbakat Hollywood yang hasil-hasil karyanya sangat monumental. Terhitung, dia sudah menyutradarai lebih dari 10 judul film sepanjang kariernya. Menariknya nih Geeks, James Cameron memang terkenal sebagai sutradara yang jor-joran dalam membuat film. Dia tak ragu menggelontorkan dana yang sangat masif untuk menyelesaikan filmnya. Lalu apa saja film James Cameron paling mahal (data IMDB)? Simak berikut ini Geeks!

Avatar: The Way of Water

Avatar: The Way of Water menjadi film terbesar yang pernah James Cameron garap. Bagaimana tidak? James Cameron menghabiskan budget fantastis untuk menyelesaikan film tersebut, yaitu sekitar $350 juta. Dengan biaya semasif itu, Avatar: The Way of Water menjadi salah satu film termahal yang pernah dibuat. Namun Avatar: The Way of Water masih menempati urutan kedua, berada di bawah Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides sebagai film termahal. Film ini adalah sekuel dari Avatar pertama yang rilis tahun 2009, dan masih menceritakan petualangan Jake Sully dan keluarganya saat menghadapi ancaman RDA.

Avatar

Avatar menjadi film kedua termahal yang pernah digarap James Cameron. Film tersebut menghabiskan budget sekitar $250 juta, yang menjadikannya sebagai film termahal di tahun 2009. Sebenarnya pengembangan film ini sudah dilakukan pada tahun 1994, jauh sebelum film Titanic dibuat. Tetapi pada tahun tersebut, teknologi masih sangat terbatas sehingga membuat visi James Cameron terhambat. Walau menghabiskan dana yang sangat besar untuk pembuatannya, tetapi Avatar mampu menjadi film terlaris sepanjang masa, melampaui Avengers: Endgame setelah mendapatkan pendapatan $3 miliar. Film ini menceritakan tentang seorang tentara Jake Sully yang memilih melindungi dunia baru yang dia anggap sebagai rumah.

Titanic

Titanic menjadi film yang berbeda dalam daftar ini. Filmnya menceritakan kisah percintaan, yang terjadi antara Jack Dawson dan Rose Dewitt di sebuah kapal mewah bernama Titanic. Meski dibuat pada tahun 90-an, tetapi dibutuhkan budget fantastis untuk menyelesaikan filmnya. Bayangkan saja Geeks, di tahun tersebut, James Cameron menghabiskan budget sebesar $200 juta. Tentu saja angka $200 juta kala itu lebih tinggi daripada sekarang. Tetapi untungnya, film Titanic mendapat pendapatan sebesar $2,2 miliar, yang menempatkannya sebagai film ketiga terlaris sepanjang masa, berada di bawah Avengers: Endgame.

True Lies

Satu dekade setelah film Terminator dirilis, James Cameron berkolaborasi kembali dengan Arnold Schwarzenegger dalam film True Lies. Dalam film tersebut, Arnold memerankan karakter bernama Harry Tasker, seorang pria yang memiliki kehidupan ganda. Sebenarnya, Tasker adalah seorang mata-mata. Tetapi keluarganya hanya mengetahui bahwa dia adalah Salesman biasa. Untuk menyelesaikan True Lies, James Cameron menggelontorkan dana sebesar $175 juta di tahun 1994. Memang budgetnya sangat besar kala itu, karena James Cameron juga harus membayar gaji besar Arnold yang tengah naik daun. Tetapi beruntung karena film ini masuk nominasi Oscar dalam kategori Best Visual Effects.

Terminator 2

Sama seperti Aliens yang rilis tahun 1986, Terminator 2 juga dianggap sebagai salah satu film sekuel terbaik yang pernah dibuat. Dalam film tersebut, Linda Hamilton kembali mengulang perannya sebagai Sarah Connor. Sarah Connor sudah bertransformasi dari wanita lemah menjadi sangat tangguh. Bahkan dialah pahlawan terbesar dalam film tersebut. Sarah bekerja sama dengan T-800 yang diprogram ulang untuk melindungi anaknya. Untuk menggarap film ini, James Cameron menggelontorkan dana sebesar $100 juta. Tetapi filmnya mendapatkan pendapatan yang masif yaitu $500 juta. Menariknya pendapatan Terminator 2 lebih besar ketimbang film pertamanya yang hanya mendapat $100 juta saja.

The Abyss

Menjelang akhir tahun 80-an, James Cameron merilis film The Abyss. Film ini menghadirkan petualangan di dalam lautan terdalam. Yap, film ini menceritakan tentang Bud Brigman dan Lindsey Brigman yang direkrut oleh Navy Seal untuk menemukan kapal selam yang karam. Film ini memang menampilkan visual yang memukau, meski rilis di tahun 1989. Cameron juga memanfaatkan teknologi kamera di bawah air, yang teknologinya masih sangat terbatas kala itu. Dengan semua teknologi canggih yang digunakan, wajar jika budget pembuatannya membengkak hingga mencapai $70 juta.

Aliens

Tujuh tahun setelah kesuksesan film pertama, 20th Century Studios merilis sekuel Alien. Dalam film ini, James Cameron mengambil alih kursi sutradara dari Ridley Scott. Tetapi James Cameron tidak melupakan identitas asli dari film pertama, sambil memperluas semestanya. Tentu saja film ini menampilkan visual yang lebih baik dari film pertama. Selain itu, filmnya juga menampilkan deretan aktor papan atas Hollywood. Tak heran jika James Cameron membutuhkan biaya sebesar hampir $20 juta untuk menyelesaikannya. Dan akhirnya budget besar tersebut berhasil terbayarkan, karena Aliens menjadi film yang sukses setelah mendapatkan hampir $190 juta. Selain itu, filmnya dianggap sebagai film monster terbaik sepanjang masa.

Itulah dia Geeks beberapa film James Cameron paling mahal yang pernah dia buat. Sebagai sutradara besar, James Cameron tidak ragu mengeluarkan budget besar, untuk memastikan filmnya berakhir dengan sangat baik. Menurut Geeks, mana film terbaik James Cameron? Simak berikut ini Geeks!

Exit mobile version