Baru-baru ini Marvel Studios merilis trailer Ant-Man and the Wasp: Quantumaniayang mengungkap penampilan penuh big bad villain Kang the Conqueror. Dalam salah satu cuplikannya, karakter Kang yang diperankan oleh aktor Jonathan Majors bahkan terlihat memamerkan battle armor andalannya. Di Marvel Comics sendiri, battle armor milik Kang ini merupakan salah satu faktor terbesar yang membuatnya tampil lebih mengancam. Itulah mengapa kali ini kita akan membahas berbagai fakta menarik armor Kang di Marvel Comics yang mungkin jarang orang tahu. Mari langsung saja simak daftarnya di bawah ini.

Versi Pembaruan Doom Armor

Di Marvel Comics sendiri, karakter bernama asli Nathaniel Richards ini baru menggunakan battle armornya saat dia debut sebagai Kang the Conqueror pada tahun 1964, satu tahun setelah kemunculannya sebagai Rama-Tut. Sebelum dia menciptakan armornya sendiri ternyata saat masih menjadi Rama-Tut, dia pernah bertemu dengan Doctor Doom. Pada titik inilah dia mulai mendapatkan inspirasi dari titanium armor milik Doom untuk menciptakan armor sendiri yang lebih kuat untuk mendukung setiap rencana jahatnya.

Armor versi pertamanya adalah armor berwarna merah yang sempat dia pakai saat menjadi Scarlet Centurion. Namun, karena dia kembali menelan banyak kekalahan sebagai Scarlet Centurion, dia lantas kembali memberikan pembaruan kepada armornya dengan sentuhan teknologi masa depan, sampai akhirnya menjadi battle armor Kang the Conqueror seperti sekarang. Berdasarkan fakta tersebut cukup jelas bahwa armor Kang sebenarnya berawal dari armor Doom yang sempat dilihatnya pada masa lampau.

Teknologi Masa Depan

Seperti yang sudah disinggung pada fakta di atas, battle armor milik Kang ini sebenarnya adalah armor yang diciptakan menggunakan teknologi masa depan, tepatnya pada abad ke-40. Berdasarkan hal tersebut, cukup jelas bahwa teknologi yang Kang gunakan untuk menciptakan armornya ini tidak pernah ada sebelumnya pada masa lalu maupun masa sekarang. Selain itu, bahan yang dipakai untuk membentuk armor Kang ini merupakan logam sintetis langka yang tidak pernah ada sebelum abad ke-40. Dengan semua keunggulannya ini tidak aneh jika pada akhirnya battle armor Kang sulit untuk ditembus oleh para superhero yang menggunakan teknologi usang.

Neurokinetic Armor

Fakta menarik armor Kang selanjutnya yang mungkin tidak bisa ditiru oleh orang lain adalah fungsinya sebagai perlengkapan neurokinetik. Artinya armor ini bisa langsung menanggapi pikiran bawah sadar dan emosi penggunanya. Di mana saat Kang memikirkan apa yang dia mau, armornya sudah bisa mengetahui apa yang harus dilakukan tanpa bantuan mekanik atau mesin layaknya armor-armor klasik di Marvel Universe. Dengan kata lain, battle armor dengan fitur neurokinetik ini mempunyai fungsi seperti kaki, tangan, dan anggota tubuh Kang yang lain.

Sumber Kekuatan Utama Kang

Seperti yang sudah diketahui oleh para penggemar Marvel Comics, Kang sebenarnya hanyalah manusia biasa yang sama sekali tidak mempunyai kekuatan super seperti para superhero atau supervillain. Dia hanya mengandalkan kecerdasan dan ambisinya untuk menciptakan berbagai teknologi canggih termasuk armornya. Itulah mengapa Kang akhirnya menyematkan berbagai kekuatan super pada battle armornya agar dia bisa menandingi para manusia super lain di Marvel Universe.

Adapun keunggulan yang terdapat pada armor Kang ini di antaranya adalah meningkatkan kekuatan fisik super, mampu menembakan ledakan energi, memungkinkan Kang untuk terbang, mengeluarkan listrik, memanipulasi gravitasi, dan masih banyak lagi. Bahkan menjadi alat komunikasi yang terhubung langsung ke markas Kang di Chronopolis, meskipun dia tengah berada di timeline lain.

Bisa berubah Bentuk

Ada satu fakta dari armor Kang yang mungkin jarang orang ketahui, yaitu fiturnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengubah bentuk dan penampilannya. Bukan berubah wajah seperti para shapeshifter, melainkan berubah bentuk menyesuaikan keinginan penggunanya. Fakta ini pertama kali terungkap saat Kang versi tua memberikan battle armor kepada versi mudanya, Iron Lad. Karena tidak ingin mirip seperti versi tuanya yang jahat, Iron Lad mengubah penampilannya layaknya Iron Man, bedanya dia mengganti warna emas dengan silver sebagai ciri khasnya.

Time Machine Portable

Tahukah kalian, selain terkenal sering menggunakan berbagai time machine dalam setiap aksinya, Kang juga ternyata menjadikan armornya sebagi time travel portable. Tanpa bantuan alat lain, Kang sebenarnya bisa saja langsung melakukan time travel hanya dengan menggunakan armornya. Selain itu armornya ini juga memungkinkan Kang mengakses timeline lain hanya untuk mengambil senjata atau teknologi yang kemudian dia gunakan saat melawan musuh di hadapannya. Dengan semua ini bisa dibilang Kang adalah time machine berjalan yang sepak terjangnya bisa lebih efisien dan lebih efektif dari time traveler mana pun di Marvel Universe.

Itulah berbagai fakta menarik dari armor Kang the Conqueror di Marvel Universe. Mengingat battle armor adalah faktor terbesar Kang dalam menjadi seorang Conqueror, sebagian besar keunggulannya ini kemungkinan akan dihadirkan juga di MCU, khususnya di film Ant-Man and the Wasp Quantumania nanti. Karena jika Kang tidak mempunyai semua keunggulan komiknya, dia akan sama saja seperti time traveler pada umumnya. Kita lihat saja nanti seperti apa kehebatan battle armor Kang sesungguhnya di MCU, saat film Ant-Man and the Wasp Quantumania tayang pada tanggal 17 Februari besok.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.