Meskipun para Avengers adalah kumpulan para pahlawan terhebat dan terkuat di bumi ada kalanya mereka pun membutuhkan senjata rahasia untuk menghadapi situasi yang pelik. Mungkin tidak banyak dari Geeks yang tahu jika para Avengers memiliki senjata rahasia. Berbagai senjata rahasia tersebut mereka gunakan ketika situasi sudah dianggap tidak bisa lagi dikendalikan atau mengharuskan mereka menggunakannya.

Hal tersebut juga sering kali menjadi rencana cadangan atau rencana darurat ketika kemudian mereka dalam keadaan terdesak. Penggunaan senjata rahasia ini rasanya wajar mengingat ancaman yang mereka hadapi bukan hanya yang berasal dari bumi. Ada juga ancaman yang mencapai level kosmik yang membahayakan seluruh alam semesta di Marvel Comics. Lalu, apa saja senjata rahasia Avengers tersebut?

Identicards

Mungkin, Geeks tidak akan terpikir jika salah satu senjata rahasia para Avengers adalah sebuah kartu identitas. Anggota Avengers terus bertambah setiap tahunnya. Karena itulah, Tony Stark kemudian mendesain sebuah cara baru untuk tetap bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Stark Industries kemudian menciptakan sebuah Avengers Identicards yang berfungsi untuk menjadi bukti identitas dari para anggotanya.

Advertisements

Selain itu, menggunakan kartu identitas ini membuat mereka bisa mengkases berbagai fasilitas canggih dan menarik milik Avengers. Bahkan, terhubung dengan sistem komputer di markas Avengers. Karena mereka menjadi bagian dari pemerintah Amerika, Identicards juga memberikan para Avengers izin level tinggi untuk mengakses berbagai hal. Yang menarik terdapat fitur rahasia yang tidak banyak diketahui seperti adanya alat komunikasi melalui monitor yang tersambung, bahkan bisa melacak posisi dari anggota tim.

Jarvis

Geeks juga tentu tidak menyangka jika Jarvis adalah salah satu senjata rahasia Avengers. Dalam cerita Marvel Comics, sosok Edwin Jarvis memang sudah sejak lama menjadi salah satu aset terbesar, sekutu, dan sosok yang bisa diandalkan oleh tim Avengers. Jarvis merupakan orang yang bertanggung jawab atas semua hal yang terjadi di Avengers Mansion.

Dia juga yang mempersiapkan makanan dan segala hal yang jadi kebutuhan para anggota Avengers. Namun, terkadang, Jarvis adalah sosok yang bisa diandalkan untuk tetap menjaga kekompakan dari tim. Dia selalu menjadi telinga dan tempat untuk berkeluh kesah dan tidak jarang membantu secara diam-diam. Bukan tidak mungkin tanpa adanya Jarvis situasi para Avengers jadi tidak menentu dan berantakan.

Agents of Wakanda

Ketika T’challa menjadi pemimpin baru dari tim Avengers, dia kemudian memanfaatkan seluruh sumber daya Wakanda untuk mempersiapkan dan juga menyiapkan tim Avengers yang baru. T’challa bukan hanya membangun markas baru Avengers di sebuah Celestial yang sudah tewas, namun juga dua merekrut sebuah tim bantuan yaitu Agents of Wakanda. Tim Agents of Wakanda beroperasi dari Avengers Mountain.

Advertisements

Mereka bertanggung jawab untuk menjaga semua hal di sana, ketika para Avengers pergi menyelamatkan dunia. Selain itu, tim ini juga memiliki fungsi untuk mengerjakan hal lain seperti melakukan investigasi, menyelamatkan mereka yang terluka, dan sebagainya. Okoye adalah sosok yang memimpin tim Agents of Wakanda. Para karakter yang pernah jadi bagian dari tim ini adalah Wasp, Ka-Zar, Mockingbird, Gorilla-Man, Doctor Nemesis, dan beberapa nama lain.

Star Brand

Pertama kali diperkenalkan di komik New Universe, Star Brand adalah sebuah segel atau tanda kuno yang sangat kuat. Ketika Star Brand muncul di wadah yang baru, maka sosok tersebut akan memiliki kekuatan kosmik yang sangat luar biasa. Sejauh ini, sudah ada beberapa karakter yang pernah menjadi wadah bagi kekuatan kosmik tersebut. Dan biasanya, mereka akan menyebut diri mereka sebagai Starbrand.

Salah satu anggota dari Stone Age Avengers, yaitu tim Avengers yang berasal dari zaman batu, merupakan wadah pertama dari Star Brand. Para Avengers di masa modern merupakan orang-orang yang merawat atau menjaga para pemilik kekuatan tersebut. Wadah yang paling baru dari Star Brand adalah seorang bayi bernama Brandy. Ketika situasi terdesak, para Avengers tidak jarang meminta bantuan Brandy untuk membalikan keadaan.

Infinity Gauntlet

Meskipun salah satu senjata kosmik terkuat di dunia Marvel ini bukan sebuah rahasia, namun tidak banyak yang tahu jika beberapa dari para pahlawan ini pernah menggunakan Infinity Gauntlet. Hal ini bermula ketika Tony Stark mengumpulkan beberapa pahlawan terkuat Marvel yang kemudian para karakter tersebut jadi bagian dari tim Illuminati. Bahkan, Tony sempat menghadirkan beberapa “versi” Illuminati.

Tim tersebut bukan hanya menyembunyikan Infinity Stones di masing-masing anggota demi menghindari jatuh di tangan orang yang salah. Mereka juga terkadang menggabungkannya dan menggunakannya di Infinity Gauntlet ketika dibutuhkan. Namun, demi mencegah peristiwa Inkursi atau beradunya dua universe, para Avengers akhirnya harus rela Infinity Gauntlet yang mereka milik hancur.

Meskipun para Avengers terkenal sebagai pahlawan terkuat di bumi, namun dalam beberapa situasi di mana ancamannya sangat luar biasa tidak jarang mereka memanfaatkan senjata rahasia yang mereka miliki. Dan di atas adalah penjelasan dari senjata rahasia tersebut.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/