Power Rangers merupakan salah satu ikon pop culture yang sampai sekarang masih sangat populer di seluruh dunia, tanpa terkecuali di Indonesia. Menariknya, waralaba superhero Amerika yang terkenal di kalangan anak Indonesia ini ternyata pernah melibatkan kakak beradik sekaligus aktor Indonesia Yoshi dan Peter Sudarso. Sampai hari ini, mereka bahkan dikenal sebagai aktor Indonesia pertama yang telah mengisi peran 4 Power Rangers di judul dan musim yang berbeda. Mulai dari Power Rangers Dino Charge, Ninja Steel, sampai HyperForce, berikut ini 4 Rangers yang pernah diperankan oleh Sudarso bersaudara!

Dino Charge Blue Ranger

Power Rangers pertama yang berhasil dihidupkan oleh aktor Indonesia Yoshi Sudarso adalah Dino Charge Blue Ranger dari serial Power Rangers Dino Charge (2015). Karakter yang mempunyai nama asli Koda ini digambarkan sebagai manusia gua yang sempat membeku dan baru bangkit pada tahun 2000-an. Setelah sempat menjalin ikatan dengan Energem Biru pada zaman prasejarah, Koda akhirnya mendapatkan kesempatan untuk menjadi Blue Ranger pada era modern bersama para Dino Charge lain. Sebagai Blue Ranger, Koda mampu memanggil Stego Zord yang merupakan spirit Zord stegosaurus.

Ninja Steel Blue Ranger

Advertisements

Dua tahun setelah Yoshi menjadi Dino Charge Blue Ranger, Ranger selanjutnya yang dibawakan oleh aktor Indonesia adalah Ninja Steel Blue Rangers dari Power Rangers Ninja Steel (2017). Kali ini yang memerankan Blue Ranger-nya adalah adik Yoshi, yaitu Peter Adrian Sudarso, di mana dia berperan sebagai karakter bernama asli Preston Tien. Karena kekuatan Ninja Steel yang ada pada dirinya, Dino Charge Blue Ranger dikenal sebagai Power Rangers yang hebat dalam ilmu sihir. Zord andalannya adalah Dragon Zord a la naga Eropa yang bisa bergabung menjadi lengan Ninja Steel Megazord atau Ninja Steel Megazord Dragon Formation sebagai tubuh utamanya.

Hyperforce Green

Dari live action Power Rangers, sekarang kita beralih ke serial web tabletop role-playing-game dari Saban Entertainment dan Hyper RPG yang berjudul Power Rangers HyperForce (2017). Di serial yang tayang di YouTube ini Yoshi Sudarso kembali berperan sebagai Power Rangers, bedanya di HyperForce dia hadir sebagai Joe Shih alias Green Ranger yang kostumnya sekilas mirip seperti Green Ranger di Mighty Morphin Power Rangers.

Joe sebenarnya bukanlah manusia seperti Ranger pada umumnya, melainkan alien yang berasal dari planet Kaien bersama saudaranya yang bernama Marvin Shih. Setelah mendapatkan kekuatan HyperForce dari Pink Time Force Ranger, Joe mampu berubah menjadi Green Ranger sekaligus memanggil Hydra Hyper Zord, naga berkepala enam yang bisa mengeluarkan tembakan Lernaean Laser.

Hyperforce Red

Ranger berikutnya yang pernah diperankan oleh aktor Indonesia adalah Marvin Shih alias HyperForce Red. Seperti yang sudah disinggung di atas, Marvin adalah alien dari planet Kaien dan merupakan adik dari Joe Shih yang diperankan oleh Yoshi Sudarso. Menariknya karakter ini juga diperankan oleh adik Yoshi di dunia nyata, siapa lagi kalau bukan Peter, yang sebelumnya debut sebagai Ninja Steel Blue Ranger.

Advertisements

Setelah mendapatkan panggilan khusus dari Zordon, Marvin diceritakan tiba bersama para HyperForce Ranger lain di Command Center sebelum bertempur melawan Lord Drakkon, Ranger terjahat yang merupakan varian Tommy Oliver. Saat melawan Lord Drakkon dan juga pasukan monsternya, sebagai HyperForce Red, Marvin mampu memanggil Lion Hyper Zord yang dapat bergabung dengan Zord lain untuk membentuk Chronos HyperForce Megazord.

Itulah 4 Power Rangers yang ternyata diperankan oleh aktor Indonesia, Yoshi dan Peter Sudarso. Meskipun di serialnya karakter mereka bukanlah orang Indonesia, tetapi keterlibatan Yoshi bersaudara ini telah membuktikan bahwa aktor dari Indonesia juga ternyata mampu terlibat dalam tayangan yang sangat digandrungi di tanah air bahkan di seluruh dunia. Suatu saat nanti mungkin akan tiba saatnya bagi waralaba Power Rangers untuk memperkenalkan karakter utama yang merupakan asli orang Indonesia. Kita nantikan saja ya, Geeks.