Di universe DC Comics terdapat salah satu senjata kosmik terhebat yang memiliki kekuatan untuk “memakan” matahari yaitu Sun-Eater. Senjata ini banyak diincar oleh para villain demi memuluskan rencana besar mereka, seperti menguasai seluruh dunia dan alam raya. Namun, mungkin banyak dari Geeks yang baru mendengar tentang salah satu senjata kosmik terkuat ini.

Cerita kosmik di universe DC Comics memang tidak akan pernah ada matinya. Sejak pertama kali diperkenalkan di era lalu, DC Comics banyak mengeksplor dan memperkenalkan berbagai hal tentang kosmik. Salah satunya adalah senjata yang berkaitan dengan luar angkasa tersebut, seperti Sun-Eater. Tetapi, apa sebenarnya Sun-Eater? Mengapa jadi salah satu senjata kosmik terkuat?

Senjata “Pemakan” Matahari

Berbeda dengan senjata kosmik lain yang sudah muncul di DC Comics, Sun-Eater merupakan sebuah senjata kosmik yang hidup. Bahkan, ada juga pihak yang menganggap jika Sun-Eater bukan senjata melainkan makhluk karena memiliki nyawanya sendiri. Sun-Eater diciptakan oleh bangsa alien bernama The Controllers dengan tujuan untuk menghancurkan planet dan dunia yang dianggap sudah tidak lagi tertolong.

Sesuai namanya, Sun-Eater memiliki kekuatan untuk “memakan” matahari dengan cara menyerap energinya. Seperti yang kita ketahui, masing-masing sistem tata surya memiliki mataharinya sendiri. Dan Sun-Eater adalah senjata yang digunakan untuk menyerap energi dari berbagai matahari tersebut. Setelah semua energinya terserap, The Controllers akan membiarkan sistem tata surya tersebut hancur dan mati dengan sendirinya.

Dalam cerita Adventure Comics, Legion of Superheroes akhirnya harus berhadapan dengan Controllers yang menggunakan Sun-Eater untuk menyerap energi matahari dari sistem tata surya Bimasakti. Para pahlawan tersebut berhasil menghancurkan Sun-Eater. Namun, The Controllers, sebagai pencipta senjata tersebut, tidak senang dan marah terhadap Legion of Superheroes. Bangsa alien tersebut kemudian menyerang Legion of Superheroes.

Jadi Salah Satu Senjata Terkuat

Sun-Eater dianggap jadi salah satu senjata kosmik terkuat yang ada di jagat DC Comics. Hal ini terbukti bagaimana The Controllers sengaja menggunakan Sun-Eater untuk membantu mereka menjalankan rencana utama yaitu dominasi di seluruh alam raya. Bahkan, mereka membangun pabrik khusus untuk menciptakan kembali Sun-Eater setelah berhasil dihancurkan oleh Legion of Superheroes.

Selain digunakan oleh The Controllers, ada bukti lainnya mengapa Sun-Eater dianggap salah satu senjata kosmik terkuat. Misalnya, ada karakter yang memburu Sun-Eater untuk mewujudkan rencananya seperti The Controllers. Contohnya adalah Mongul, sang villain antargalaksi yang sering menginvasi berbagai planet dan tata surya. Mengetahui kedahsyatan Sun-Eater, Mongul berusaha merebut kendali senjata hidup tersebut.

Apa tujuannya? Tidak lain menginvasi dan menghancurkan bumi. Namun, beruntung rencana Mongul tersebut berhasil dihentikan oleh Superman. Yang menarik adalah karakter pahlawan seperti Superman pun pernah menggunakan Sun-Eater untuk membantunya mengalahkan seorang villain. Dan untuk menghancurkan Sun-Eater sendiri dibutuhkan banyak pengorbanan dan upaya.

Dalam alur cerita di komik The Final Night, Sun-Eater diceritakan sudah hampir berhasil mengonsumsi matahari di sistem tata surya bimasakti ini. Semua pahlawan berusaha untuk menghentikan Sun-Eater, namun gagal karena kekuatannya terlalu dahsyat. Akhirnya, Parallax mengorbankan dirinya untuk menghancurkan Sun-Eater dari dalam dan akhirnya hal tersebut berhasil.

Sempat Kembali Muncul

Seperti yang disebutkan di atas, salah satu bukti kedahsyatan dari Sun-Eater adalah bagaimana senjata hidup ini sempat kembali muncul dalam berbagai cerita. Setelah Sun-Eater yang pertama berhasil dihancurkan oleh Legion of Superheroes, The Controllers sempat kembali membuat senjata tersebut di sebuah pabrik khusus. Tetapi, lagi-lagi para pahlawan berhasil menghentikannya dan menghancurkan pabriknya.

Superman sendiri pernah membuat Sun-Eater versinya dalam cerita komik All-Stars Superman. Bentuknya tidak sebesar yang versi aslinya, karena itu dia kemudian memberi nama senjatanya sebagai ‘Baby Sun-Eater.’ Superman sengaja menciptakan Sun-Eater versinya sendiri demi mengalahkan seorang villain kosmik bernama Solaris.

Dalam cerita Infinite Crisis, bahkan Donna Troy alias Wonder Girl sempat menghadirkan Sun-Eater untuk membantunya mengalahkan salah satu musuh terkuat yaitu Superboy-Prime, Superman versi muda yang jahat yang berasal dari salah satu universe alternatif yaitu Prime-Earth. Apakah DC Comics akan kembali menghadirkan Sun-Earth sebagai sebuah ancaman besar? Masih harus kita nantikan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.