Saat ini time travel menjadi sebuah premis yang cukup sering diangkat di Marvel Universe. Khususnya sejak Marvel Studios memperkenalkan konsepnya di akhir Infinity Saga dan kemudian menjadikannya salah satu tema utama di Multiverse Saga yang saat ini tengah berlangsung. Di komiknya sendiri sebenarnya ada banyak sekali alat atau artefak yang sering dipakai untuk mendukung kisah time travel. Namun, di antara semuanya tidak ada yang sehebat Forever Crystal, karena konon artefak ini bisa dipakai untuk mengubah masa lalu dan masa depan Marvel sekaligus. Bagaimana bisa? Mari langsung saja kita bahas.

Origin Forever Crystal di Marvel Comics

Muncul pertama kali di komik Avengers: Forever #3 (1998), Forever Crystal adalah sebuah artefak di Marvel universe yang diciptakan oleh Immortus, varian masa depan Kang yang mengabdikan dirinya kepada Time Keepers. Tujuan utama Immortus menggunakan alat ini adalah untuk mengubah nasib umat manusia sekaligus mencegah ambisi mereka untuk melakukan penaklukan di luar Bumi. Alasan Immortus bisa melakukan hal luar biasa tersebut adalah karena Forever Crystal memungkinkannya untuk mengubah masa lalu sekaligus memengaruhi masa depan tanpa menciptakan cabang timeline.

Dengan kata lain, siapa pun yang memiliki Forever Crystal di Marvel Universe, dia bisa menggunakannya untuk mengubah masa lalu dan masa depan sesuai dengan keinginannya. Termasuk menghapus seluruh kehidupan di alam semesta dengan mencegah semuanya terjadi sejak awal penciptaan. Faktanya, hal mengerikan seperti itu memang pernah diperintahkan langsung oleh Time Keepers kepada Immortus. Namun karena tidak ingin semua usahanya dalam memanipulasi waktu menjadi sia-sia, Immortus terpaksa menolak perintahnya, di mana hal tersebut membuat Time Keepers membunuhnya.

Pada titk inilah Avengers yang berada di lokasi, langsung mengamankan Forever Crystal sebelum direnggut oleh Time Keepers. Dalam pertempuran final yang menentukan nasib alam semesta ini, Time Keepers bahkan sampai memanggil varian Avengers jahat untuk melawan para superhero. Semuanya baru bisa berakhir setelah Captain America sengaja menghancurkan Forever Crystal agar artefak canggih tersebut tidak pernah lagi jatuh ke tangan yang salah. Sejak saat itulah tidak ada lagi alat yang bisa dipakai untuk melakukan time travel tanpa melahirkan cabang timeline di Marvel Universe.

Artefak Andalan Kang the Conqueror

Meskipun Forever Crystal yang asli telah hancur, tetapi ternyata hal tersebut masih belum menghentikan ancamannya di multiverse Marvel. Pada kenyataannya, ternyata alat ini pernah digunakan juga oleh Kang the Conqueror di video game LEGO Marvel’s Avengers (2016). Jika sebelumnya Immortus menggunakannya untuk mencegah penaklukan manusia atas planet lain, Forever Crystal justru menjadi jauh lebih berbahaya ketika jatuh ke tangan Kang yang memang terekenal lebih jahat dan lebih ambisius dari versi tuanya.

Dengan Forever Crystal, Kang mengklaim bahwa dirinya tidak akan pernah bisa dikalahkan oleh siapa pun, termasuk oleh Avengers. Karena ketika itu terjadi, dia bisa langsung menggunakan Forever Crystal untuk kembali ke masa lalu dan membalik kekalahannya, di mana itu semua terjadi di universe yang sama. Untungnya, Ravonna Renslayer berhasil merebut Forever Crystal sebelum kekasih jahatnya melancarkan rencana tersebut. Setelah melihat perjuangan para superhero, Ravonna akhirnya memutuskan untuk mengubah Kang menjadi bayi agar dia bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

Berpotensi Muncul di Ant-Man 3

Berdasarkan semua cerita Marvel di atas, cukup jelas bahwa Forever Crystal mempunyai hubungan yang sangat erat dengan Kang the Conqueror, baik versi muda maupun versi tuanya. Artinya hal yang sama juga bisa terjadi di MCU, di mana Kang versi jahat mungkin mempunyai artefak yang sama untuk menaklukan timeline bahkan multiverse. Mengingat sosok Kang dari Jonathan Majors sudah dipastikan tampil di film Ant-Man and the Wasp Quantumania mendatang, mungkin Forever Crystal versi live action juga akan diperkenalkan di film yang akan tayang pada 17 Februari tersebut.

Di Marvel Cinematic Universe sendiri, mungkin Forever Crystal akan diceritakan eksis di Quantum Realm. Dengan memanfaatkan adanya cara kerja waktu yang cukup besar, di mana 5 jam di Quantum Realm sama dengan 5 tahun di dunia nyata, Forever Crystal bisa dimanfaatkan sebagai artefak untuk mendukung alat time travel Kang. Sehingga selain bisa melakukan perjalanan waktu, Kang dengan Forever Crystalnya juga bisa menjelajahi multiverse Marvel. Yang lebih parahnya lagi, dia juga bisa mengubah sejarah dari suatu universe tanpa perlu khawatir akan menciptakan cabang timeline baru.

Itulah pembahasan tentang artefak time travel tercanggih Marvel yang disebut Forever Crystal. Saat ini mungkin banyak sekali alat time travel di Marvel Universe, tetapi jika dibandingkan dengan Forever Crystal yang bisa mengubah masa lalu dan masa depan sekaligus, alat yang lainnya menjadi terasa tidak ada apa-apanya. Karena jika jatuh ke tangan orang jahat, alat ini mungkin bisa dibilang lebih berbahaya dari Infinity Gauntlet milik Thanos. Hal inilah yang pada akhirnya akan membuat Kang bisa terlihat lebih superior dari villain Marvel mana pun di MCU.