Marvel Cinematic Universe atau MCU sudah berkembang menjadi sebuah multiverse yang besar dan hal ini memunculkan peluang untuk menghadirkan sebuah dimensi epik yaitu Negative Zone. Ini mungkin akan jadi salah satu dimensi lain di universe Marvel Comics yang akan muncul dalam adaptasi layar lebarnya. Dengan begitu, akan ada banyak hal yang bisa digali lebih dalam untuk Phase selanjutnya.

Marvel Studios sebelumnya sudah pernah mengatakan jika kedepannya MCU akan mulai memperkenalkan konsep multiverse. Secara perlahan, hal itu pun mulai mereka wujudkan melalui berbagai proyek mereka seperti series Loki dan Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Kedua proyek tersebut dianggap sudah menjadi jalan untuk memperkenalkan universe lain yaitu Negative Zone di MCU.

Apa Itu Negative Zone

Meskipun sepertinya dimensi ini sudah ada sejak lama, tetapi Negative Zone sendiri baru diperkenalkan oleh salah satu sosok karakter paling cerdas yaitu Richard Reed alias Mr. Fantastic dalam sebuah peristiwa. Pada saat itu, Reed sedang mencari tahu tentang perjalanan antar dimensi. Dia kemudian tidak sengaja pergi ke sebuah dimensi yang disebut Negative Zone.

Setelah Reed menemukan Negative Zone, dia pun mulai mempelajarinya. Sejak saat itulah kelompok pahlawan Fantastic Four sering bepergian ke dimensi yang lainnya, bertarung dengan banyak jenis musuh dan melakukan berbagai eksperimen. Mereka pun sangat familiar dengan Negative Zone setelah sering melakan penelitian dan pergi ke dimensi tersebut. Bahkan, di sana Reed Richard membangun portal antar dimensi pertama.

Sampai saat ini, Marvel Comics sendiri masih belum memberikan penjelasan atau informasi terkait asal-usul Negative Zone. Tetapi, banyak spekulasi menganggap jika Negative Zone tersebut sudah ada sejak manusia sendiri belum tercipta. Meskipun begitu ini sebenarnya adalah sebuah wilayah yang sangat berbahaya, terutama bagi makhluk hidup seperti manusia.

Mengapa? Karena, Negative Zone adalah sebuah universe antimateri (anti-matter universe) di mana artinya makhluk hidup lain selain penghuni dimensi tersebut dipastikan akan tewas saat berada di sana. Di komiknya sendiri Negative Zone cukup banyak muncul dalam cerita dan memiliki peran yang epik. Salah satu contohnya adalah memperkenalkan karakter seperti Annihilus.

Negative Zone diketahui adalah sebuah dunia yang berbahaya dan jarang terjamah. Karena itulah, Negative Zone tidak terlalu memiliki banyak penghuni. Dan berbagai hal menarik lainnya adalah waktu berjalan jauh lebih cepat di Negative Zone daripada di universe utama, dan sangat sulit untuk menemukan air di sana.

Bagaimana Loki dan Strange Ciptakan Negative Zone

Disadari atau tidak sepertinya Marvel Studios perlahan hendak memperkenalkan Negative Zone kepada para fans MCU. Dan sejauh ini, diketahui sudah ada dua proyek mereka yang menjadi jembatan untuk kemunculan dimensi tersebut yaitu seri Loki dan Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Di akhir seri Loki, kita diperkenalkan jika Marvel Cinematic Universe adalah sebuah multiverse yang sangat besar.

Kita bahkan bertemu dengan berbagai variant dari Loki dan juga salah satu variant dari Kang the Conqueror. Namun, sebelumnya, film Doctor Strange sendiri sudah memperkenalkan konsep multiverse yang luas. Misalnya dengan kemunculan Mirror Dimension. Dan yang paling epik dan jelas tentunya adalah film Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Dengan banyaknya multiverse yang ada di MCU, bisa jadi Negative Zone adalah salah satu diantaranya. Mungkin, kita akan melihat bagaimana Loki dan Doctor Strange berkunjung ke realita tersebut. Bisa juga di kemudian hari Reed Richard akan secara tidak sengaja menemukan Negative Zone dan menciptakan portal antar dimensi seperti di komiknya. Dengan seri Loki yang siap untuk musim keduanya dan Doctor Strange pun sudah siap untuk film ketiga, hanya tinggal masalah waktu salah satu atau kedua karakter ini akan memperkenalkan Negative Zone di MCU.

Dampak Negative Zone di MCU

Satu hal yang paling jelas dari dampak kemunculan atau diperkenalkannya Negative Zone di MCU adalah kemunculan sosok karakter lain, misalnya Annihilus. Dia adalah penguasa dari dimensi tersebut dan dikenal sebagai salah satu villlain mengerikan. Kemunculan Annihilus ini bisa jadi pintu masuk bagi sebuah peristwa yang ikonik di komiknya, yaitu Annihilation.

Marvel Studios sendiri saat ini sudah mulai menghadirkan beberapa peristiwa populer di komiknya, seperti Secret Wars. Artinya, bukan hal mustahil jika kemudian mereka pun menghadirkan cerita Annihilation dalam versi layar lebar. Apalagi, ini merupakan salah satu cerita yang skalanya sangat epik di mana banyak karakter kosmik Marvel bekerja sama untuk mengalahkan sang villain utama, Annihilus.

Sejauh ini, memang Marvel Studios belum banyak menghadirkan karakter kosmik. Namun, bukan berarti hal itu tidak akan pernah terjadi. Multiverse dan kosmik adalah dua tema utama yang selalu mereka gaungkan untuk MCU. Artinya, bukan hal mustahil jika kedepannya kita akan melihat pertempuran kosmik menghadapi Annihilus. Satu hal lainnya adalah Negative Zone bisa menjadi jalan untuk memperkenalkan tim Fantastic Four.

Seperti disebutkan di atas, Negative Zone ditemukan oleh Reed Richard yang kemudian dia eksplor lebih lanjut. Di MCU sendiri Reed Richard memang sudah muncul di film Doctor Strange 2 sebagai salah satu anggota Illuminati. Namun, itu terjadi di universe lain. Negative Zone bisa jadi momen diperkenalkannya tim Fantastic Four di universe utama sekaligus juga menjadi jalan untuk menghadirkan ancaman epik lainnya. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.