Beberapa waktu lalu, film Avatar: The Way of Water alias Avatar 2 resmi dirilis. Film tersebut menampilkan kemegahan dan keindahan Pandora, mulai dari alamnya, hingga para penduduk aslinya yaitu Na’vi. Film berdurasi 3 jam tersebut mengungkap segala macam hal di Pandora. Tetapi sayangnya, walau berdurasi sangat panjang, tetapi Avatar 2 masih menyimpan banyak misteri besar yang belum terjawab. Apa saja misteri tersebut? Simak berikut ini Geeks!

Ayah Kiri

Ayah Kiri adalah salah satu misteri terbesar di Avatar: The Way of Water alias Avatar 2. Sebenarnya Jake Sully sudah memberi tahu kita bahwa setelah kematian Dr. Grace Augustine di film pertama, mereka menemukan seorang anak dalam kandungan Avatar Grace. Anak tersebut adalah Kiri, yang kemudian diadopsi oleh keluarga Sully setelah Kiri lahir. Grace mungkin adalah ibu Kiri, tetapi sejauh ini, ayah Kiri belum dikonfirmasi. Sebagian penggemar beranggapan bahwa Norm (Joel David Moore) adalah ayah Kiri.

Namun sepertinya itu sama sekali tidak benar. Apalagi Kiri diberkahi kemampuan aneh, yang sepertinya berasal dari kekuatan mistis. Di film pertama, kita bisa melihat Grace tewas, dan Na’vi gagal memindahkan jiwanya ke tubuh Avatar. Tetapi sebelum tewas, Grace memberi tahu Jake bahwa Eywa nyata. Kemungkinan besar ayah Kiri adalah Eywa, sehingga dia mewarisi seluruh kekuatan Eywa. Tapi tentu saja hal ini masih sebatas spekulasi belaka.

Ibu Spider

Spider menjadi sorotan di Avatar: The Way of Water. Dialah satu-satunya manusia yang tinggal sangat lama di Pandora. Bayangkan saja, Spider tinggal di Pandora sejak RDA meninggalkannya di film pertama. Ketika itu dia masih bayi, dan sekarang Spider bertransformasi menjadi sosok remaja. Sebenarnya banyak manusia yang ingin mengasuh Spider. Tetapi dia lebih memilih tinggal bersama Na’vi. Sama seperti Kiri, Spider pada dasarnya adalah anak angkat keluarga Sully. Spider juga harus beradaptasi dengan kebudayaan dan kebiasaan Omaticaya.

Di pertengahan filmnya, terungkap bahwa Spider adalah anak Quaritch. Tetapi Avatar: The Way of Water tidak mengungkap siapa ibu Spider. Spider masih bayi ketika dia ditinggalkan. Ada kemungkinan jika salah satu anggota RDA merupakan ibunya. Bisa jadi selama ini, Quaritch menjalin sebuah hubungan dengan salah satu pasukannya. Tetapi tentu saja itu masih sebatas spekulasi, dan mudah-mudahan terjawab dalam waktu dekat.

Nasib Omaticaya

Setelah Quaritch dan pasukannya kembali memburu Na’vi, keberadaan Omaticaya pun terancam. Pada akhirnya, Jake Sully dan keluarganya memilih meninggalkan Omaticaya, agar suku tersebut tidak menjadi buruan RDA. Pada awalnya, Neytiri menjadi pelindung klan tersebut, dan ibunya sebagai pemimpin spiritual. Setelah Neytiri meninggalkan Omaticaya, ada kemungkinan mereka menjadi sangat rentan. Sayangnya, kisah Omaticaya tidak diceritakan lagi di sepanjang Avatar: The Way of Water, apakah mereka selamat dari invasi kedua RDA ke Pandora atau tidak.

Memang di pertengahan film, disebutkan bahwa tempat tinggal Omaticaya sangat sulit di akses oleh manusia biasa, mengingat lokasinya yang sangat tersembunyi dan berada di pegunungan. Tetapi yang harus dicatat bahwa Quaritch juga bisa menyelinap masuk karena sekarang dia sudah menjadi bagian Na’vi. Sejauh ini, Omaticaya memang masih aman. Tetapi itu sepertinya tidak lama karena Jenderal Ardmore sedang bersiap untuk invasi yang lebih besar lagi ke Pandora.

Kejang-kejang Kiri

Kiri memang berbeda dari Na’vi lainnya. Dia memiliki kekuatan yang tidak biasa, karena mampu mempengaruhi alam di sekitarnya. Dalam Avatar: The Way of Water, Kiri terlihat mampu menggerakan ikan, rumput, pohon, dan burung. Seolah-olah, Kiri memiliki koneksi dengan Pandora. Dan anehnya, setelah terkoneksi dengan pohon roh di Metkayina, Kiri mengalami kejang-kejang hebat. Dia pun mendapatkan penglihatan tentang ibunya dan menanyakan pertanyaan tentang ayahnya. Tapi saat Grace hendak menjawab, dia menarik diri, dan Kiri pun mulai mengejang dahsyat.

Norm menyebutkan bahwa kejang tersebut adalah epilepsi, dan pohon tersebut memicu halusinasi melalui otak Kiri. Pohon roh seharusnya menjadi penghubung yang kuat dengan Eywa, jadi mungkin hubungan itulah yang menyebabkan Kiri kejang-kejang. Karena itulah Kiri sepertinya memiliki hubungan yang kuat dengan Eywa.

Apa Rencana Asli RDA?

Di Avatar: The Way of Water, Jenderal Admore memberi tahu kepada Quaritch bahwa tujuan utama RDA sekarang bukan lagi menambang unobtainium, tetapi mempersiapkan Pandora untuk kolonisasi manusia. Dengan Bumi yang sekarang hancur, Pandora tampaknya menjadi pilihan utama sebagai tempat tinggal baru. Itu berarti RDA bersiap untuk menyingkirkan penghuni asli Pandora, yaitu Na’vi. Oleh sebab itulah mereka menghalalkan segala cara untuk segera membuat koloni di Pandora.

Nah menariknya lagi, terungkap bahwa RDA juga memburu Tulkun. Makhluk mirip paus tersebut sangat berharga karena adanya cairan di otaknya yang mampu menghentikan penuaan manusia. Sama seperti unobtainium, cairan di Tultukan tersebut sangat beharga bagi umat manusia. RDA ternyata menyimpan misi rahasia, di mana mereka bukan hanya berjuang untuk kelangsungan hidup manusia, tetapi juga mengeruk sumber daya Pandora. Admore dan Quaritch mungkin hanya segelintir manusia jahat, dan dibalik itu semua lebih banyak dari mereka yang jahat.

Beberapa misteri di atas memang masih belum terjawab hingga film Avatar: The Way of Water alias Avatar 2 berakhir. Tetapi masih ada peluang film-film Avatar berikutnya mengungkap semua misteri tersebut. James Cameron sendiri sudah memastikan bahwa dia membuat film Avatar 3, yang artinya film tersebut masih bisa mengungkap segalanya. Kita tunggu aja ya Geeks perilisannya nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/